jitunewsAvatar border
TS
jitunews
Orang Indonesia Hanya Minum Susu 11 Liter Per Tahun
Orang Indonesia Hanya Minum Susu 11 Liter Per Tahun emoticon-Blue Guy Cendol (L)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tiap orang Indonesia hanya minum susu rata-rata 11,09 liter per tahun. Sementara konsumsi susu negara-negara ASEAN lainnya telah mencapai 20 liter per kapita/tahun.

Hal tersebut diungkapkan Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto dalam sambutannya pada acara peresmian pembangunan pabrik pengolahan susu PT. Fontera Brands Manufacturing Indonesia di Jakarta, baru-baru ini dalam siaran pers di laman Kemenprin.

Dirjen mengatakan kenyataan tersebut menjadi peluang sekaligus tantangan bagi usaha peternakan sapi perah di dalam negeri untuk meningkatkan produksi dan mutu susu segar yang berdaya saing, sehingga secara bertahap kebutuhan bahan baku susu untuk industri dapat dipenuhi dari dalam negeri.

Ditegaskan, Kementerian Perindustrian telah menetapkan pengembangan industri pengolahan susu sebagai salah satu industri yang akan terus diprioritaskan dalam kaitannya dengan kebijakan industri nasional.

Dirjen juga mengatakan, peta panduan atau road map pengembangan klaster industri pengolahan susu, juga telah disusun dengan melibatkan peran dari semua pemangku kepentingan usaha persusuan.

Pertumbuhan sektor industri pengolahan susu pada tahun 2013 sebesar 12% atau meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya sebesar 10%. Di sisi lain, konsumsi susu perkapita masyarakat Indonesia akan terus ditingkatkan, karena masih kalah dengan beberapa negara ASEAN.

Dalam pengembangan usaha persusuan nasional, pemerintah telah memberikan beberapa fasilitas antara lain pembebasan PPN untuk produk susu segar, pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) bagi investasi baru maupun perluasan di bidang industri pengolahan susu dan pemberian kredit usaha pembibitan sapi. (wh)
nona212
nona212 memberi reputasi
1
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan