- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
Strategi Merespon Tren Menurut Ahli Marketing David A Aaker
TS
rifqyrahman
Strategi Merespon Tren Menurut Ahli Marketing David A Aaker
Assalamu'alaikum Waahmatullahi Wabarakatuh.
Ini Thread pertama ane gan, maaf kalo berantakan ya, maklum Newbie
Ini Thread pertama ane gan, maaf kalo berantakan ya, maklum Newbie
Quote:
TERAPKAN SALAH SATU STRATEGI RESPON TERHADAP TREN UNTUK MENGALAHKAN PESAING
Terdapat 3 jenis perusahaan menurut responnya terhadap tren yang terjadi dan ketiga jenis strategi perusahaan dalam merespon tren ini berhasil tentunya disesuaikan dengan keadaan perusahaan dan keadaan pasar yang berbeda. Langsung aja kita bahas:
Quote:
1)Trend Driver
Suatu perusahaan yang mengawali suatu trend baru yang menjanjikan di masa mendatang sehingga perusahaan ini mendapatkan keuntungan lebih dari trend yang baru dibentuk tersebut. Sebagai contoh, Brand Bon Cabe mengawali kategori produk baru yaitu kategori produk bubuk cabai yang menjadi tren baru subtitusi dari saus cabai sehingga Bon Cabe menguasai 83,2% pangsa pasar di kategori produk bubuk cabai (sesuai juga dengan Hukum Kepemimpinan dalam buku 22 Immutable Laws of Marketing).
Suatu perusahaan yang mengawali suatu trend baru yang menjanjikan di masa mendatang sehingga perusahaan ini mendapatkan keuntungan lebih dari trend yang baru dibentuk tersebut. Sebagai contoh, Brand Bon Cabe mengawali kategori produk baru yaitu kategori produk bubuk cabai yang menjadi tren baru subtitusi dari saus cabai sehingga Bon Cabe menguasai 83,2% pangsa pasar di kategori produk bubuk cabai (sesuai juga dengan Hukum Kepemimpinan dalam buku 22 Immutable Laws of Marketing).
Quote:
2) Trend Responder
Suatu perusahaan yang cepat mengikuti tren tetapi tidak ingin mengambil resiko untuk memulai tren dikarenakan pasar untuk tren yang baru cenderung belum berkembang dan belum jelas seberapa besar pasar tren baru tersebut.
Perusahaan jenis ini cenderung bermain defensif, perusahaan ini merambah tren baru biasanya dengan motivasi untuk menghindari irrelevansi (ketidaksesuaian dengan masa kini) yang dibentuk tren tersebut.
Sebagai contoh, tren white coffe yang meledak saat ini diawali oleh brand Luwak White Koffie sebagai perusahaan Trend Driver lalu diikuti oleh brand ABC White Coffee (brand yang diproduksi oleh perusahaan yang sama seperti brand Kapal Api) sebagai perusahaan Trend Responder karena perusahaan brand ABC dan Kapal Api ( PT Santos Jaya Abadi) ingin menghindari irrelevansi yang disebabkan tren baru yang diciptakan brand Luwak. Irrelevansi ini dapat dibuktikan dengan melejitnya Brand Luwak di segmen kopi bubuk berampas yang semula dipegang brand Kapal Api dan ABC, sehingga perusahaan kedua brand merespon tren White Coffe untuk menghindari irrelevansi terhadap brand Luwak "White Koffie".
Suatu perusahaan yang cepat mengikuti tren tetapi tidak ingin mengambil resiko untuk memulai tren dikarenakan pasar untuk tren yang baru cenderung belum berkembang dan belum jelas seberapa besar pasar tren baru tersebut.
Perusahaan jenis ini cenderung bermain defensif, perusahaan ini merambah tren baru biasanya dengan motivasi untuk menghindari irrelevansi (ketidaksesuaian dengan masa kini) yang dibentuk tren tersebut.
Sebagai contoh, tren white coffe yang meledak saat ini diawali oleh brand Luwak White Koffie sebagai perusahaan Trend Driver lalu diikuti oleh brand ABC White Coffee (brand yang diproduksi oleh perusahaan yang sama seperti brand Kapal Api) sebagai perusahaan Trend Responder karena perusahaan brand ABC dan Kapal Api ( PT Santos Jaya Abadi) ingin menghindari irrelevansi yang disebabkan tren baru yang diciptakan brand Luwak. Irrelevansi ini dapat dibuktikan dengan melejitnya Brand Luwak di segmen kopi bubuk berampas yang semula dipegang brand Kapal Api dan ABC, sehingga perusahaan kedua brand merespon tren White Coffe untuk menghindari irrelevansi terhadap brand Luwak "White Koffie".
Quote:
3) Trend Unaware
Suatu perusahaan yang tidak ikut dalam meramaikan tren baru melainkan tetap pada identitas yang sudah dibangunnya.
Sebenarnya terdapat 2 jenis perusahaan Trend Unaware, yaitu perusahaan yang memang tidak menperhatikan tren dan akhirnya dilupakan konsumen dan perusahaan yang melihat tren baru, namun tidak larut dalam merambah tren baru tersebut melainkan fokus dan memperkuat identitas yang sudah ada.
Dari 2 jenis Trend Unaware, kita ambil jenis kedua yaitu yang nengetahui tren baru tetapi tidak larut dalam merambah tren tersebut karena jenis pertama sudah pasti strategi yang salah.
Trend Unaware jenis kedua adalah yang malah fokus dan memperkuat identitas lamanya dengan meningkatkan benefit produk dan mengurangi biaya produksi untuk memperkuat posisi kompetitifnya agar tetap relevan.
Contohnya adalah brand Extra Joss, brand ini pernah menjadi Trend Responder memproduksi minuman rasa-rasa seperti pesaingnya Kukubima dan blunder-blunder lain seperti penggunaan bintang iklan pelawak Gogon yang tidak sesuai dengan positioning "Laki/ Manly" Extra Joss. Tetapi Extra Joss sekarang sudah kembali memperkuat identitas lamanya dengan kemunculan iklan dengan slogan "Laki minum rasa-rasa, ya nggak laki" dan slogan terbaru "Laki, Fearless" dengan hanya memproduksi Extra Joss tanpa varian rasa dan memperkuat positioning "Laki/Manly" nya tanpa mau ikut merambah tren varian rasa seperti pesaingnya, Kukubima.
Hasil strategi diatas membuat Extra Joss mempertahankan Market Leader Minuman Penambah Tenaga Non Cair dengan 51,9% pangsa pasar dan memperlambat kemajuan pangsa pasar Kukubima Ener-G.
Inilah 3 cara perusahaan merespon tren, setiap respon diatas adalah baik jika sesuai dengan kondisi perusahaan dan kondisi pasar, setiap respon memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, semoga bermanfaat. Mohon dikoreksi jika ada yang salah, terimakasih
Suatu perusahaan yang tidak ikut dalam meramaikan tren baru melainkan tetap pada identitas yang sudah dibangunnya.
Sebenarnya terdapat 2 jenis perusahaan Trend Unaware, yaitu perusahaan yang memang tidak menperhatikan tren dan akhirnya dilupakan konsumen dan perusahaan yang melihat tren baru, namun tidak larut dalam merambah tren baru tersebut melainkan fokus dan memperkuat identitas yang sudah ada.
Dari 2 jenis Trend Unaware, kita ambil jenis kedua yaitu yang nengetahui tren baru tetapi tidak larut dalam merambah tren tersebut karena jenis pertama sudah pasti strategi yang salah.
Trend Unaware jenis kedua adalah yang malah fokus dan memperkuat identitas lamanya dengan meningkatkan benefit produk dan mengurangi biaya produksi untuk memperkuat posisi kompetitifnya agar tetap relevan.
Contohnya adalah brand Extra Joss, brand ini pernah menjadi Trend Responder memproduksi minuman rasa-rasa seperti pesaingnya Kukubima dan blunder-blunder lain seperti penggunaan bintang iklan pelawak Gogon yang tidak sesuai dengan positioning "Laki/ Manly" Extra Joss. Tetapi Extra Joss sekarang sudah kembali memperkuat identitas lamanya dengan kemunculan iklan dengan slogan "Laki minum rasa-rasa, ya nggak laki" dan slogan terbaru "Laki, Fearless" dengan hanya memproduksi Extra Joss tanpa varian rasa dan memperkuat positioning "Laki/Manly" nya tanpa mau ikut merambah tren varian rasa seperti pesaingnya, Kukubima.
Hasil strategi diatas membuat Extra Joss mempertahankan Market Leader Minuman Penambah Tenaga Non Cair dengan 51,9% pangsa pasar dan memperlambat kemajuan pangsa pasar Kukubima Ener-G.
Inilah 3 cara perusahaan merespon tren, setiap respon diatas adalah baik jika sesuai dengan kondisi perusahaan dan kondisi pasar, setiap respon memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, semoga bermanfaat. Mohon dikoreksi jika ada yang salah, terimakasih
Spoiler for Sumber:
• Buku David A Aaker, "Brand Relevance: Making Competitor Irrelevant"
• www.topbrand-award.com
• Jika berminat add line ane gan id: rifqyrahman, ane bikin OA tentang marketing dan kita bisa sharing Marketing bahkan bisnis real juga mungkin bisa saling bantu, namanya Pengusaha Sukses tapi harus add di home id Line ane dulu gan soalnya agak susah bagi linknya, ane pake laptop sekarang, terimakasih gan semoga bermanfaat
• www.topbrand-award.com
• Jika berminat add line ane gan id: rifqyrahman, ane bikin OA tentang marketing dan kita bisa sharing Marketing bahkan bisnis real juga mungkin bisa saling bantu, namanya Pengusaha Sukses tapi harus add di home id Line ane dulu gan soalnya agak susah bagi linknya, ane pake laptop sekarang, terimakasih gan semoga bermanfaat
0
2.7K
Kutip
19
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan