Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ansman900Avatar border
TS
ansman900
Menjajal Tradisi Menangkap Cacing di Lombok Tengah
Pulau Lombok udah terkenal banget dengan wisata alamnya yang keliatan kayak surga dunia Gan! Mau ke pantai tinggal pilih aja, dari yang mainstream sampe yang masih sepi. Belum lagi Gunung Rinjani yang udah jadi salah satu jalur pendakian favorit.

Menjajal Tradisi Menangkap Cacing di Lombok Tengah
Menjajal Tradisi Menangkap Cacing di Lombok Tengah

Meskipun pulau Lombok cuma keliatan seonggok kecil di peta Indonesia, tapi pulau ini kaya banget sama pemandangan indah yang menyegarkan mata. Tapi.. ane gak bakal bahas lokasi-lokasi pantai yang enak buat santai-santai, karena Lombok punya banyak banget tradisi menarik yang bisa jadi objek wisata juga. Ane mau ajak Agan-agan nyobain wisata lain di Lombok, yaitu wisata budayanya Gan! Salah satu gelaran rutin di Lombok nih.

Pesta Bau Nyale

Menjajal Tradisi Menangkap Cacing di Lombok Tengah
pada rebutan nangkep nyale

Di Kabupaten Lombok Tengah emang banyak pantai-pantai yang jadi buruan para wisatawan dari dalam dan luar negeri. Tapi ada wisata lain yang gak boleh Agan lewatkan kalo lagi main ke Lombok tengah, yaitu sebuah pesta atau upacara yang disebut Bau Nyale. Bau dalam bahasa Sasak (suku asli Lombok) artinya menangkap, sedangkan Nyale adalah sejenis cacing laut yang hidup di lubang-lubang batu karang di bawah permukaan laut. Jadi ini semacam pesta nangkep cacing Gan!

Sekilas Sejarah Tradisi Bau Nyale

Menjajal Tradisi Menangkap Cacing di Lombok Tengah
monumen Putri Mandalika yang dikerubungi para pangeran

Tradisi Bau Nyale merupakan tradisi yang melegenda dan sakral, berawal dari cerita rakyat suku Sasak. Jadi dulu ada putri cantik yang bernama Putri Mandalika. Dia ini jadi idola para pria gitu deh Gan, karena selain cantik, sifatnya juga baik. Raisa mah lewat Gan!
Trus pangeran-pangeran dari kerajaan lain pada rebutan pengen ngelamar sang Putri, sampe dia jadi galau mau milih yang mana. Tapi dia gamau tu pangeran-pangeran pada berantem ngerebutin dia, eh.. akhirnya malah dia berkorban aja deh milih terjun ke laut. Masyarakat langsung nyariin dia dong Gan, secara dia putri idola mereka semua, tapi bukan jasad sang putri cantik yang ditemukan, malah muncul binatang laut yang mirip cacing. Dari situlah, tradisi menangkap cacing ini dimulai Gan.


Cara Ikutan Pesta Bau Nyale

1. Tungguin Waktu yang tepat

Menjajal Tradisi Menangkap Cacing di Lombok Tengah
rame banget

Nah kalo mau ikutan Pesta Bau Nyale ini datengnya sekitar bulan Februari dan Maret Gan, cuma setahun sekali aja nih, dan berlangsung selama 2 hari. Nah soal tanggalnya, Agan musti rajin-rajin cari update Gan, soalnya ditentukan berdasarkan penanggalan Sasak. Nyalenya emang cuma muncul setahun sekali aja Gan, jadi timingnya harus pas nih.

2. Tempatnya udah tau belum?

Menjajal Tradisi Menangkap Cacing di Lombok Tengah
mendarat ganteng, tapi mager turun

Sebenarnya acaranya itu diadain di beberapa pantai di kabupaten Lombok, kayak pantai Selong Belanak, pantai Tanjung Aan, dan pantai Seger. Tapi pusat acaranya itu di pantai Seger Gan. Di pantai Seger ini juga tempatnya monumen patung putri Mandalika berdiri. Pantai Seger letaknya gak jauh dari pantai Kuta Lombok, cuma sekitar 2km. Agan yang ada di luar pulau bisa pilih 2 cara:

- terbang ke Mataram lalu lanjut naik mobil ke pantai Seger selama 1,5 jam (sekitar 52 km)
- penerbangan yang langsung ke Bandara Internasional Lombok, dari situ bisa lanjut naik mobil ke pantai Seger sekitar 45 menit aja. Karena gak ada transportasi umum, agan bisa sewa mobil, naik travel atau naik taksi (biaya sewa moobil dari 600 ribuan ke atas).

3. Pastikan Agan gak takut buat nangkep Nyale yah

Menjajal Tradisi Menangkap Cacing di Lombok Tengah
nyale hasil perburuan

Udah jauh-jauh ke Lombok, masa takut Gan? Meskipun bentuknya gak jauh beda ama cacing, tapi nyale ini udah jadi komoditi tersendiri di lombok Gan. Masyarakat suku Sasak percaya kalo Nyale bisa kasih kemakmuran, terutama dalam pertanian. Jadi buat nyuburin sawah gitu. Selain itu Nyale juga bisa dimakan Gan! Biasanya Nyale diolah jadi lauk pauk kayak pepes dan peyek. Mau coba?

Tu dia Gan, sebuah tradisi unik dari pulau yang cantik. Semenjak dunia pariwisata di Lombok berkembang pesat, tradisi Bau Nyale juga dirangkai dengan berbagai macam kesenian lokal, kayak Betandak (berbalas pantun), Bejambik (pemberian cindera mata kepada kekasih), serta Belancaran (pesiar dengan perahu). Gak ketinggalan juga pementasan drama kolosal Putri Mandalika, yang melegenda itu.
Jadi, berani gak nih Gan cobain nangkep Nyale di Lombok? Buat Agan yang udah pernah nyobain, silahkan komeng Gan gimana rasanya.
Langsung lahhh kita cusssss emoticon-Ngacir
0
5.4K
51
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan