Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thelegend161Avatar border
TS
thelegend161
Tahukah Kamu? Mengapa Makanan Di Pesawat Tidak Terasa Enak? Inilah Alasannya
Banyak penumpang mengatakan makanan yang disajikan di atas pesawat terbang rasanya tidak lezat. Sebuah studi menemukan hal tersebut dan memang ada hubungan antara kelezatan makanan saat seseorang berada di ketinggian. Studi yang dilakukan Grant Mickels dari Lufthansa LSG Sky Chef menemui ada perubahan yang terjadi pada indera pengecap sehingga rasa makanan menjadi aneh.

Mickels mengatakan, apapun jenis makanan yang disantap di atas pesawat rasanya mungkin membosankan dibanding ketika dikonsumsi di darat. Entah itu daging, ikan, hingga pasta rasanya mungkin tidak karuan. Ini terjadi akibat lidah sebagai indera perasa mengalami penurunan fungsi.

Tahukah Kamu? Mengapa Makanan Di Pesawat Tidak Terasa Enak? Inilah Alasannya

“Pada ketinggian 35.000 kaki, hal pertama yang hilang adalah indera perasa Anda,” kata Mickels, sepeti dikutip laman Inilah dari Dailytravel.
Alasannya, hidung penumpang cenderung kering akibat terdapat penurunan kelembaban. Hal tersebut membuat indera penciuman terganggu. Antara penciuman dengan indera pengecap sangat berguna dalam menentukan enak tidaknya sebuah bahan atau hidangan.

Dalam studi ini dilibatkan 48 orang yang ditutup matanya. Mereka diberikan makanan manis sembari mendengarkan lagu lewat headphone. Ini berguna untuk menutupi suara bising di laboratorium Unilever dan Universitas Manchester sebagai tempat percobaan.

Hasilnya, mereka bisa menyukai makanan yang disajikan. Sebaliknya, ketika dihadapkan pada suara bising ternyata makanan menjadi terasa kurang asin atau kurang manis. Makanan juga menjadi tidak renyah.

“Tes tersebut membuktikan suasana kabin membuat selera Anda mati rasa, hampir seperti jika Anda sedang pilek,” kata Mickels.
Dalam studi lain, tekanan dalam kain juga bisa menganggu selera makan dan mengurangi sensitivitas rasa asin dan manis. Kemampuan lidah untuk mengecap dua bentuk rasa tersebut menurun hingga 30 persen dan akan meningkat seiring dengan naiknya ketinggian pesawat.

sumber:
Tahukah Kamu? Mengapa Makanan Di Pesawat Tidak Terasa Enak? Inilah Alasannya

JANGAN LUPA CENDOL YA GAN emoticon-Cendol (S)
emoticon-Cendol (S)
0
3.8K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan