Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muhamadbayu11Avatar border
TS
muhamadbayu11
Boss F1 , Bernie Ecclestone Bantu Rio Haryanto dibalik layar


JAKARTA, KOMPAS.com — Rio Haryanto akhirnya dipilih menjadi salah satu pebalap mobil Formula 1 tim Manor Racing setelah proses penantian yang panjang dan dibayangi masalah finansial.

Apa yang membuat Manor Racing lebih memilih Rio Haryanto ketimbang pebalap lainnya? (Baca: Reaksi Alexander Rossi Saat Manor Pilih Rio Haryanto)

Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, mengungkapkan bahwa Manor Racing memang menunggu keputusan hingga saat-saat terakhir sebelum tes pramusim Formula 1 2016.

Tim Rio Haryanto sendiri sudah terikat dengan tim Manor Racing sejak Desember.

Alasan pertama Manor rela menunggu Rio Haryanto adalah karena tim tersebut terpincut dengan hasil-hasil bagus Rio di GP2.

"Ia bisa mengalahkan pebalap Belgia, Stofel Van Doorne, yang katanya superstar, dalam beberapa perlombaan," ujar pria asal Belanda tersebut, Kamis (18/2/2016).

Alasan kedua adalah kewajiban finansial yang harus dipenuhi manajemen Rio Haryanto.

Piers mengatakan, persetujuan dengan Manor tidak datang tiba-tiba. Pengumumannya saja yang ditunda.

Komunikasi kedua belah pihak intensif dilakukan, termasuk kunjungan Direktur Manor Abdulla Boulsien ke Jakarta pekan lalu.

"Kami tanda tangan kontrak dengan Manor sejak 16 Desember 2015, tetapi kami juga harus memenuhi kebijakan finansial dan mengurus kontrak dengan Pertamina sebelum go public," lanjut Piers.

Piers mengatakan, tim Manor bukan Red Bull atau Ferrari. Pemilik klub Stephen Fitzpatrick pun butuh dana demi melancarkan perjuangan tim musim depan.

"Pemilik kami kaya, tetapi ia bukan multimiliarder, ia juga perlu dana. Anda mesti tahu, tim berinvestasi ke Rio, ia berjudi dengan Rio lebih dari para pebalap lainnya," tuturnya.

Namun, ia juga mengatakan bahwa bukan hanya faktor finansial dan performa yang membuat Manor terpincut dengan pebalap bertalenta itu.

"Kewarganegaraan Rio, dari sisi marketing juga merupakan pasar baru bagi Manor dan Formula 1. Bos F1, Bernie Ecclestone, juga suporter besar Rio, tentu saja kami ada beberapa lomba baru di pasar Asia dan ia senang Rio di Formula 1," lanjutnya.

Uniknya, Piers juga mengutarakan kalau Ecclestone membantu sedikit di proyek ini walaupun ia enggan membeberkan bantuan tersebut datang dalam bentuk apa.

["Beberapa pebalap ia dukung, beberapa tidak. Tetapi, saya tahu persis, ia mendukung Rio ke Formula 1 karena saya dapat pesan langsung darinya," ujarnya. (Firzie A. Idris)

Spoiler for sumur:

-----

Bernard Charles Ecclestone (dikenal dengan nama Bernie Ecclestone) (lahir 28 Oktober 1930; umur 85 tahun) adalah seorang pengusaha dan mantan pembalap yang berasal dari St. Peters, Suffolk, Inggris.

Ia saat ini dikenal sebagai presiden FOM (Formula One Management). Ia juga mempunyai perusahaan marketing dan promosional Formula 1 bernama SLEC (singkatan dari nama istrinya yang berasal dari Kroasia, SLavica ECclestone).

Mr. E, begitu ia biasa disapa adalah putra seorang nelayan di Suffolk, Inggris. Ia mengawali karier balap pada tahun 1946. Ia mulai terjun ke bisnis pada tahun 1960 saat menjadi agen properti.

Pada 1971 ia menjadi bos tim Brabham. Lalu pada 1973 ia menjadi presiden FOCA (Formula One Constructor Association). FOCA dan FISA (sekarang FIA) sempat berperang pada era 1980-an sebelum akhirnya berdamai.

Prestasi Mr. E sebagai bos tim adalah saat mengantar Nelson Piquet menjadi juara dunia 1983 bersama tim Brabham.

Pada 1996, Bernie mendirikan perusahaan bernama SLEC dan dipercaya FIA untuk mengelola hak komersial F1 selama 100 tahun kedepan.


----

komentar Tees :
Ternyata Memang benar dugaan ane , Rio mampu memikat Penonton Indonesia Nantinya , Bisa jadi perombakan Sentul (*upate , Mungkin di Sirkuit Palembang atau Sirkuita Lain di Indonesia) bukan Hanya Moto GP , F1 pun bisa masuk , bisa dibayangkan setidaknya 120ribu orang memenuhi seat di Sirkuit F1 Indonesia emoticon-Cool

belum lagi penjualan ini itu , Jual beli gerak cukup membantu perputaran uang , Ekonomi Tumbuh .
yang untung Kita kita Juga emoticon-Cool

-----
Diubah oleh muhamadbayu11 20-02-2016 03:24
0
8.2K
67
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan