Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

creativeboxAvatar border
TS
creativebox
Puluhan Orang Berebut Angpau Rp 2 Ribu di Klenteng Gondomanan Yogya


Yogyakarta - Pada hari raya Imlek, Klenteng Fuk Ling Mau Gondomanan Yogyakarta ramai dikunjungi warga Tionghoa untuk bersembahyang. Kleteng bersejarah yang terletak di jalan Brigjen Katamso Yogyakarta ini juga jadi sasaran warga yang berharap angpau.

Sementara di luar klenteng, nampak puluhan warga mengantre berharap mendapatkan angpau. Saat beberapa pengunjung klenteng membagikan angpau, warga pun berebut untuk mendapat angpau tersebut. Belasan personel polisi melakukan pengamanan di lokasi.

"Semalam lebih banyak. Semalem dapat Rp 100 ribu. Karena yang dateng banyak," kata salah satu warga yang mengantri angpau, Juminem (50) di lokasi, Senin (8/2/2016).

Memang tidak semua pengunjung klenteng mau membagikan angpau kepada warga. Beberapa pengunjung yang membagikan angpau terlihat membawa satu bendel uang pecahan Rp 2 ribuan.

Salah satu pengunjung klenteng asal Medan, Yen Lisa (21) mengatakan di tahun monyet api ini berharap rezeki lancar, kesehatan, didekatkan jodohnya serta mendapatkan keberuntungan yang lebih baik. Ia datang ke klenteng ini bersama dengan teman-temanya sesama mahasiswa di Yogya yang berasal dari Medan, Bogor, Padang, dan lain-lain.

"Kita kan gak bisa pulang, jadi ngerayaiin Imlek disini. kita ngerayain sesama perantau disini," kata Yen Lisa di Klenteng Fuk Ling Miau.



Ketua pengurus klenteng Fuk Ling Miau Gondomanan Yogyakarta, Angling Widjaya mengatakan pengunjung klenteng tidak hanya dari DIY tetapi juga dari kota-kota lain. Siapapun diperbolehkan datang ke klenteng ini untuk sembahyang.

Klenteng Fuk Ling Miau merupakan klenteng bersejarah dan telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh pemerintah. Klenteng ini dibangun di atas tanah keraton hibah dari Sri Sultan Hamengku Buwono II. Klenteng ini merupakan hadiah dari Raja Sri Sultan HB II untuk selirnya yang berasal dari Tiongkok. Beberapa ornamen dan perabotan di klenteng di datangkan langsung dari Tiongkok.
0
1.5K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan