- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Pegawai Customer Service Juga Manusia, Butuh Dimengerti


TS
lexieabuabu
Pegawai Customer Service Juga Manusia, Butuh Dimengerti
Quote:
“Pembeli adalah raja.”Siapa yang gak kenal istilah ini, Gan? Di dunia bisnis, baik di pihak produsen maupun kosumen udah jadi hal yang umum kalo perusahaan harus bisa ngelayanin konsumen layaknya raja. Perusahaan bergantung sama konsumen, makanya itu konsumen harus dihormati dan juga dimengerti. Tapi apa cuma konsumen yang berhak dimengerti?
Di trit ini ane pengen ngajakin agan-agan buat ikut memahami profesi yang berkaitan sama pelayanan konsumen. Profesi ini diisi sama mereka-mereka yang tugasnya ketemu n berinteraksi ama konsumen, baik secara langsung lewat tatap muka maupun lewat telepon. Kayak apa sih rasanya ngejalanin pekerjaan tersebut?
Di trit ini ane pengen ngajakin agan-agan buat ikut memahami profesi yang berkaitan sama pelayanan konsumen. Profesi ini diisi sama mereka-mereka yang tugasnya ketemu n berinteraksi ama konsumen, baik secara langsung lewat tatap muka maupun lewat telepon. Kayak apa sih rasanya ngejalanin pekerjaan tersebut?
Quote:
HARUS TAHAN BANTING

Karna konsumen paham betul posisinya sebagai ‘raja’, sekali ngerasa dirugiin dia bakal langsung lari ke customer service (CS) atau hubungin call center buat komplain. Makanya itu seorang CS harus bisa jadi pendengar yang baik, sigap mikirin jalan keluar supaya masalah cepet selesai plus gak bikin konsumen lain nunggu lama, sekalipun yang sering terjadi adalah kesalahan bukan ada di pihak CS.Contohnya kayak yang terjadi di perusahaan telekomunikasi berikut:
Quote:

Ketika lagi nyampein keluhan, gak jarang konsumen bisa kebawa emosi hingga akhirnya ngomelin CS tanpa ampun. Tapi apa si CS berhak ngomel or protes balik? Jelas enggak. Seorang CS harus tetep sabar sambil mikir keras apa solusi dari keluhan konsumen ini. So, para CS bisa dibilang orang-orang yang supersabar dan tahan banting, Gan!
Quote:
SENYUM SOPAN SEPANJANG HARI

Jadi seorang frontliner, yang kalo di bank biasanya terdiri dari teller n customer service officer, Agan n Aganwati mesti berpenampilan menarik biar enak diliat sama konsumen/nasabah. Gak cuma itu, yang juga sangat penting diperhatiin adalah SENYUM. Mau lagi abis putus cinta atau abis dimarahin bos, CS harus tetep senyum tulus pas lagi ketemu konsumen. Bahkan pas konsumen lagi ngomel pun, dia gak boleh pasang muka cemberut. Coba kalo Agan, bisa begitu gak Gan?
Quote:

Kebayang kan, Gan, kayak apa usaha para karyawan ini supaya mereka tetep terlihat profesional nanganin masalah konsumen sekalipun hati lagi panas perih nahan emosi? Sementara untuk karyawan call center, mereka harus berhasil ngejaga suara mereka tetap tenang dan gak terdengar ketus. Ane hargain deh usaha orang-orang ini!

Quote:
KURANG ISTIRAHAT

Ketika jam istirahat, sebagian besar perusahaan punya beberapa CS atau teller (khusus untuk bank) yang tetep standby kalo kalo ada konsumen yang butuh dilayanin. Bahkan kalo perusahaannya gak punya jumlah CS yang cukup, makan siang para CS ini harus keganggu dengan bolak-balik ngelayanin konsumen/nasabah yang dateng.
Quote:

Quote:
GAJI RATA-RATA

Dengan pekerjaan yang cukup menguras tenaga, pikiran, plus sesekali bikin makan hati ini, gaji karyawannya ternyata cukup standar. Coba cek beberapa perusahaan berikut, Gan.
Spoiler for gaji CS:



Kalo pengen tau gaji profesi ini di bank atau perusahaan lain cek di siniaja, Gan. Trus bagi agan-agan yang kerja sebagai CS atau profesi sejenis boleh bagi-bagi cerita di bawah yak! N kalo pengen sampein unek-unek soal gimana rasanya jadi CS juga Agan bisa tulis di situs tadi. Info di atas ane ambil dari situ soalnya.
Nah, sekarang agan-agan yang lain udah makin ngerti kan gimana rasanya jadi CS di sebuah perusahaan? Moga-moga kita jadi bisa makin ngerti dan ngehargain setiap bidang pekerjaan ya, Gan.

0
6.4K
Kutip
55
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan