CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gelombang PHK Menghantui Industri Otomotif RI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56b36bca5a516384018b4571/gelombang-phk--menghantui-industri-otomotif-ri

Gelombang PHK Menghantui Industri Otomotif RI

Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 10
Kalo kata TS naikin umr buruh mah jg percuma, jaman lg sulit kek gini.
Misalnya nih umr naik otomatis cost perusahaan jg naik, imbasnya harga brg jg naik.
Ke tingkat pengecer jadi naik, inflasi jadi tinggi, daya beli jadi turun, alhasil perusahaan bangkrut, karyawan kena phk.
Sama aja kan masuk ke lingkaran setan.
Makanya kalo mau ngasih statement tuh di pikir dulu, coba di pake otaknya sekali² biar ada gunanya.
Quote:


umr naik harga barang naik? Sekolah dimana gan? wkwk
Quote:


Kita sepakat dlm bnyk hal dan hanya sedikit yg mungkin blm sependapat.
Inilah kenyataan dunia usaha di indonesia yg secara standar gaji jauh dr pekerja di luar sana, gaji manajer madya perusahaan menengah (12-15 jt) msh kalah dengan tukang sapu di australia misalnya yang bisa mencapai 30 jt sdgkn utk manajer sekitar 70-90 jt. Memang biaya hidup tinggi, tapi msh jauh lbh bnyk presentase yg bs di savida. Itulah yg disebut kesejahteraan, persentase yg bisa di saving jauh lbh besar. Yg bertanggungjawab plg besar dlm hal ini adalah pemerintah memastikan nilai tukar uang dengan barang/jasa tak tergerus inflasi. Walau umr naik ke 4 jt skalipun tapi harga2 melambung tinggi ya percuma.

Sbg contoh jmn suharto org dgn gaji 1 jutaan saat itu sdh bisa cicil rumah, kendaraan roda dua dan kebutuhan sandang pangan pendidikan terjamin, karena semua serba murah.
Quote:


makanya sekolah minimal nyampe s2 dong biar bisa survive
Quote:


Wah ini otak di pantat dah, di baca yg bener makanya.
Quote:


nah itu gan, mereka membandingkannya sama orang yg pekerjaannya butuh kualifikasi sarjana/magister, ya pasti bedalah gan, cmiiw
imo, yg harus buruh tuntut adalah semua pekerja harus mendapatkan UMR, msh banyak loh pekerja yg belum UMR, contohnya: perawat/bidan/analis kesehatan/amd.gz.

Quote:

dia nanya ente sekolah dmn, soalnya dia mau sekolah gan.
maklumin gan kalau orang sekolah cm absen ya kagak ngerti pernyataan ente emoticon-Wakaka
ayo demo lg biar gaki buruh naik emoticon-Ngakak
Quote:


Ini gw TS nte anak baru kemarin sore ngaskus ya?
Gx ngerti bahasa sarkasme, apalagi di forum BP emoticon-Hammer (S)
Main di the lounge aja sono

Pengangguran makin meroket...

Proyek banyak yang ga jelas, mulai dari kartu sampai kereta

Investor banyak yang cabut..

MATI AJA LU JOKOLER!!


emoticon-Marah emoticon-Marah
Quote:


pada pindah ke jateng kali gan

http://m.detik.com/finance/read/2016...t-tenaga-kerja

Rabu, 03/02/2016 15:10 WIB
Perusahaan di Daerah Ini Mengeluh
Susah Dapat Tenaga Kerja
Muhammad Idris - detikFinance
Gelombang PHK Menghantui Industri Otomotif RI

Foto: Michael Agustinus
Jakarta - Deputi Bidang Pengendalian dan
Pelaksanaan Penanaman Modal, Badan Koordinasi
Penanaman Modal (BKPM), Azhar Lubis menyebut,
sejumlah perusahaan di Jawa Tengah, Jawa
Tengah, dan sebagian Jawa Barat saat ini
mengeluh. Perusahaan di kota-kota tersebut
mengeluh karena susah mencari tenaga kerja baru.
"Di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur
sekarang jadi tempat berkumpulnya perusahaan-
perusahaan. Makanya di sana pada ngeluh
sekarang susah cari tenaga kerja. Di Jawa Timur
ada pabrik tekstil baru butuh 10.000 tapi baru dapat
1.000 orang," kata Azhar ditemui di kantor BKPM,
Jakarta, Rabu (3/2/2016).
Rata-rata, menurut Azhar, perusahaan padat karya
yang mengalami kesulitan tenaga kerja ini berada di
wilayah pusat industri baru.
"Industri padat karya masuk Jawa Barat yang di
dalam-dalam kaya Majalengka, Cianjur. Di Jawa
Tengah sekarang kaya Jepara dan Wonogiri, kalau
Jawa Timur bukan di Pasuruan atau dekat
Surabaya, tapi yang Jawa Timur dekat dengan
(perbatasan) Jawa Tengah," terangnya.
Untuk mengatasi defisiti pasokan tanaga kerja,
BKPM akan memaksimalkan sinergi dengan
Kementerian Perindustrian dan Kementerian
Ketenagakerjaan.
"Data tenaga kerja dari Kemenaker kan juga ada di
kita, kita bisa fasilitasi dengan Perindustrian yang
membutuhkan. Kaya anomali, masa di sini ada PHK
tapi di sana kurang. Kami akan kerjasama dengan
balai-balai diklat dan pesantren untuk memasok
tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan,"
pungkasnya.
(feb/feb)
Quote:


pernah denger yg namanya biaya produksi?
emoticon-Cape d...
Diubah oleh nandazak
buruh patokannya PNS, penghasilan pns sekarang paling enggak 7jt gan.

Quote:


Warganya pada di kota" industri yg upah nya mahal, makanya sepi disana
Quote:


ane cuman mau ngasih tahu kalau masalah utama industri padat karya itu ada pada upah tenaga kerjanya. buktinya masih banyak pabrik yg buka lowongan di daerah yg umr rendah. bahkan menurut berita diatas salah satu pabrok masih dwfisit 9000 tenaga kerja. hampir 4 kali yg dipecat panasonic ama thosiba.

sekarang kembali ke buruhnya. mau gak digaji sesuai dengan kemmpuanya? serikat buruh ketimbang koar koar minta naikin upah buruh mending konsen dgn meningkatkan skill sdm oara buruh. mau itu diklat kek, pemberian beasiswa kuliah kelas karyawan kek. lumayan gede loh dana yg dikelola kspi ini. masa cuma bisa koar koar donag

kalau para buruh ini meningkat skill dan kemampuanya pasti leruaahaan mikir seribu kali buat phk mereka. dan otomatia pendapatan akan naik
Diubah oleh nandazak
Emank udh saat nya dunia otomotif bangkrut. Semoga yg phk bisa kerja di pabrik sepeda amin
Quote:

Nte karyawan pabrik sepeda ya
Quote:


Ente bilang UMR naek menyebabkan inflasi? Ane nanya sekarang ente sekolah dimana punya pikiran pendek gini wkwk
Buruh rajin? ya rajin demo kok emoticon-Traveller
Dampak dari MEA kah?........Krisis Ekonomi Global kah?.....atau ketidak mampuan pemerintah kah ?......emoticon-Wow.
Aduh perusahaan ane FMCG ngeri juga nih cuma yg parah sih OUTSOURCING paaiiitt itu g dpt apa2 gaji jiga dipotong 40-70 persen
Makin rusak nih negara dipimpin antek illuminati
Upah tinggi juga percuma jika harga barang tinggi juga..

ada baiknya
- Harga sembako dibuat murah.
Kenapa pekerja nuntut gaji tinggi karena memang harga sembako semakin tidak terjangkau..
- Dollar tinggi baik untuk ekspor.
Kalau memang kurs tinggi baik untuk ekspor, sebaiknya kurs dipacu ketingkat Rp. 25.000 saja..



Diubah oleh modeking
Halaman 8 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di