CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PHK Picu Kemiskinan dan Kriminalitas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56b310a85a5163c47a8b4567/phk-picu-kemiskinan-dan-kriminalitas

PHK Picu Kemiskinan dan Kriminalitas

PHK Picu Kemiskinan dan Kriminalitas


MEDAN - Pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap buruh yang mulai dilakukan sejumlah perusahaan di Sumatera Utara (Sumut) diyakini bakal berdampak luas pada kehidupan masyarakat.

Ancaman paling nyata adalah meningkatnya angka kemiskinan dan aksi kriminalitas. Pengamat sosial dari Universitas Sumatera Utara (USU), Agus Suryadi, mengatakan, dampak langsung dari banyaknya perusahaan yang tutup adalah tingkat pengangguran semakin tinggi. Jika pengangguran tinggi, otomatis rentan dengan kemiskinan. “Pengangguran berdampak kepada kemiskinan.

Bagaimana tidak, orang yang menganggur tentunya tidak memiliki uang dan akhirnya jadi miskin. Jadi ini (perusahaan tutup) akan berdampak luas,” ujarnya di Medan, Rabu (3/2). Jika masyarakat menganggur, lanjut dia, tingkat stres dan depresi akan semakin tinggi, sehingga tindak kriminalitas diyakini bakal bertambah. Dia melihat, kemiskinan dan kriminalitas bakal sulit dihindari mengingat belum ada langkah konkret dari pemerintah untuk membuka lapangan pekerjaan, baik bagi pekerja baru maupun karyawan yang terkena PHK.

“Pemerintah belum ada upaya mengatasi masalah ini, yakni memberikan lapangan pekerjaan baru. Akibatnya yang menganggur hanya bisa bertahan dengan keuangan yang ada sampai dia mendapat pekerjaan lagi,” ujarnya. Untuk mendapatkan pekerjaan baru tentu bukan perkara mudah di tengah kondisi ekonomi sekarang ini. Ujungujungnya, banyak orang yang pengangguran memilih jalan pintas, salah satunya melakukan aksi kriminalitas.

Menurut dia, salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah pemerintah harus menjalankan kebijakan-kebijakan yang sudah disusun dengan cepat, terarah, dan tepat sasaran. Hal yang terpenting adalah kebijakan tersebut dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Sumut nyaris menyentuh angka 1,5 juta.

Data per Maret 2015, jumlah penduduk miskin Sumut mencapai 1.463.670 orang atau 10,53% dari total penduduk 13,8 juta jiwa. Jumlah ini bertambah 103.070 orang dari posisi September 2014 yang hanya berjumlah 1.360.600 orang. Umumnya, masyarakat miskin terdapat di wilayah pedesaan.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Laksamana Adyaksa, mengatakan, hal yang terpenting dilakukan pemerintah saat ini adalah bagaimana meningkatkan daya saing. Untuk meningkatkan daya saing, kuncinya adalah penyediaan infrastruktur. Selama ini, kata dia, persoalan utama pengusaha di Sumut adalah infrastruktur dan energi.

Kondisi tersebut membuat ekonomi biaya tinggi sehingga harga jual produk mahal. Dengan kondisi seperti ini, sulit bagi industri bersaing dengan produk dari luar negeri yang harganya lebih murah. Diberitakan sebelumnya, selama Januari 2016, sedikitnya 150 buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumut, sudah terkena PHK.

Sekretaris FSPMI Sumut, Wiluyo, khawatir gelombang PHK ini bakal terus berlanjut jika pemerintah tidak segera mengambil langkah- langkah konkret. Sementara itu, Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Willy Agustomo, mengatakan, buruh akan melakukan aksi besar-besaran pada Sabtu (9/2) mendatang untuk menuntut pemerintah lebih responsif terhadap kondisi ekonomi saat ini.

http://economy.okezone.com/read/2016...n-kriminalitas

ready to war? emoticon-Cool
semoga yang di PHK bisa cepat mendapatkan pekerjaan lagi emoticon-Turut Berduka
Kasian yg pd di phk.
Yg nyinyir dikaskus kbanyakan karyawan sok rajin. Seakan2 buruh tuh pemalas g berhak dpt gaji umr.
Gan buruh itu wajar klo nuntut umr naik, apa2 naik semua, harusnya pemerintah tanggungjawab jaga inflasi rendah mungkin.
Juga kelas buruh naik pangkat itu susah bgt ada yg 20 tahun ga naik2 pangkatnya. Beda dgn staf biasa yg lulusan s1/2
Tmn ane 5 tahun dah jd manajer, minimal spv.
Gaji jg ditanya klo menejer minimal 10jt.

Btw klo diperundang2an yg namanya buruh itu disamakan dgn karyawan disebut pekerja. Trus klo sekarang serikat pekerja ente maki2. Jangan mewek ya klo nanti kena phk, ga usah minta bantuan sp. emoticon-Malu (S)

Sengaja ane tulis biar kaum whitecollar bs kurangi kesombongannya. emoticon-Big Grin
Tenang, serikat buruh akan menampung emoticon-Big Grin
lagi rame neh PHK2an kirain yg rame cuman kopi2an doang emoticon-fuck3
bakalan kacau nih tahun
Quote:


gan, serius tanya, temen saya kerja di perusahaan dan dipecat secara sepihak tanpa ada SP, itu bisa ngadu ke serikat buruh?
kalo bisa prosedurnya bagaimana dan apakah kena biaya?

terima kasih sebelumnya gan
Permasalahan yg cukup rumit
Pihak buruh nuntut kenaikan upah, sementara pihak pengusaha merasa keberatan dgn alasan kondisi perekonomian yg lagi tidak stabil. Dan pemerintah hnya bisa mengeluarkan kebijakan ekonomi yg tak efektif dan hanya bersifat sementara.


Sabar... sabar dan tunggu...

Itu jawaban yg harus diterima..


_________________emoticon-Ngacir__________________
sudah sewajarnya PHK membuat membuat warga ga punya duit dan jadi miskin lalu jadi kang begal dan krimil ulung emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


Ya boleh lah gan. Manajer jg klo dipecat ya ngadunya ttp ke sp. Nanti mereka yg urus sampe disnaker. Klo sampe sbuah prusahaan g punya sp itu bisa dituntut hukum. Klo dlm kondisi ini agan lgsg ke disnaker untuk dpt bantuan mslh bipartit.
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
semoga cepet selesai dahhh roketnya..emoticon-Bingung (S)
makanya jgn nuntut macem2 kl ga mau perusahaan bangkrutemoticon-Mewek
ini mah jelas gan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
tenang...
ada KSPI,bakal ditampung sama said
Quote:


betul sih gan, cuma susahnya kalo perusahaannya ini merupakan perusahaan besar. terakhir meskipun sudah sampai di pengadilan bisa aja merkea mengeluarkan SP yang palsu yang sebelumnya tidak ada dan mengatakan kepada disnaker "Lho, ini sudah ada SP kok sebelumnya". emoticon-Ngakak (S)

masalahnya temen saya ini tidak pernah ikut demo demo tuk nuntut naik gaji tapi terakhir dia pula yang dipecat emoticon-Ngakak (S) kan asshole

Terima kasih gan atas masukannya, semoga semuanya bisa diselesaikan dengan win win solution deh emoticon-Blue Guy Peace
Yah memang begitu alurnya, kriminal bakal meningkat siap2 senjata dah daripada kena begal


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di