- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
17 Teknik Closing, Cara Mudah Closing Tanpa Harus Pusing


TS
kingpromosi
17 Teknik Closing, Cara Mudah Closing Tanpa Harus Pusing
Quote:


Quote:
Para seller Online Shop pasti merasakan bagaimana rasanya sudah menjawab semua pertanyaan calon costumer, ujungnya tetap saja customer banyak alasan dan tidak beli. Pernah?
Untuk itu mempelajari teknik closing sangat penting, supaya tingkat konversi (% closing) semakin besar. Jika tingkat konversi besar, customer semakin banyak. Begitupun sebaliknya.
Tahukah kamu, 80% orang memutusan beli karena emosi dan 20% orang memutuskan membeli karena logika. Untuk itu, kita akan banyak menggunakan pendekatan emosi agar penjualan bisa maksimal (closing).
Sebelum mengetahui tekhnik closing, coba jawab pertanyaan berikut di kertas kosong!
- Tuliskan 7 alasan kenapa orang lain harus beli produk kamu? (misal: lebih mudah, lebih murah, lebih cepat, dll)!
- Tuliskan alasan kenapa mereka harus percaya pada kamu!
- Tuliskan alasan kenapa mereka harus beli sekarang!
- Tuliskan 7 alasan kenapa orang lain tidak beli produk kamu!
- Tuliskan bagaimana caranya agar mereka bisa langsung merespon penawaran kamu!
Sadarkah, hampir 80% keberatan yang disampaikan calon customer adalah sama! Tidak jauh dari saya pikir-pikir dulu, saya sudah punya langganan, dll.
Lalu, bagaimana ciri-ciri closing? Jika calon customer antusias, banyak nanya dan menghubungi kamu berkali-kali. Jika sudah menemukan salah satu ciri closing pada calon customer kamu, barulah lakukan hal berikut ini :
Quote:
1. YA..Ya..Ya..
Buat calon customer berkata ‘YA’ sebanyak-banyaknya. Sebuah penelitian menunjukkan diperlukan 3-8 jawbaan ‘YA’ agar pola ini terbentuk. Jangan terlalu banyak juga karena malah akan BT. Jangan biarkan calon customer berkata ‘TIDAK/NGGA’.
Misal, “ibu jadi beli ngga?’ secara tidak langsung mengarahkan pikiran si Ibu untuk berkata “NGGA!’.

Quote:
2. Yang Nanya Yang Menang
Jangan menghentikan percakapan berakhir di kamu. Tanya balik!
Setiap kali calon customer mengungkapkan keberatannya ketika kamu jawab, selalu kamu akhiri dengan pertanyaan.
Misal
“wah harganya mahal”.
Respon dengan
“memang mahal bu.. tapi, bukannya ibu ingin produk yang sangat berkualitas? Atau
“oh iya memang mahal, tapi mohon maaf, ibu membandingkannya dengan apa ya?.
two 3d humans with empty chat and idea bubbles

Quote:
3. Teknik 1 2 3
Berikan 3 keuntungan secara ringkas dalam satu penawaran.
Orang biasanya suka dengan produk yang manfaatnya banyak, terlepas apakah produknya barang atau jasa.
Contoh “kalau beli hari ini, bisa dapat BONUS ekstra bed, bantal dan GRATIS diantar sampai rumah” atau “kalau pakai produk ini, akan lebih sehat, lebih cantik, dan terlihat 10 tahun lebih muda. Coba saja!”.

Quote:
4. Now Or Never!
Mereka harus memutuskan saat itu juga, kalau tidak, dia akan menyesal.
Ingat, calon customer itu suka menunda! Teknik Now or Never ini akan memaksa calon customer untuk tidak menunda. Kenapa? Karena jika menunda akan ada kerugian besar. Entah masa promo yang habis, produknya tidak akan ada lagi atau harganya naik.
Contoh, “sudah ada calon pembeli yang menawarnya. Khawatir barangnya habis, lebih baik ambil sekarang” atau “voucher diskon ini hanya berlaku sampai malam ini. Besok vouchernya hangus!.

Quote:
5. Surprise!
Beri kejutan yang menyenangkan mereka.
Orang itu suka dengan kejutan. Lebih baik tidak menjanjikan lebih tapi pada akhirnya akan memberikan sesuatu yang lebih, daripada menjanjikan lebih tapi pada kenyataannya tidak menepatinya. Teknik ini juga memancing pembelian berikutnya. Orang kalau sudah puas dan bahagia, biasanya akan terus beli ke kita bahkan bisa jadi virus Word Of Mouth ke teman-temannya karena kebahagiannya tersebut.
Contoh, “Khusus untuk kamu, kami berikan powerbank GRATIS! Tolong jangan cerita ke pelanggan lain ya..” atau “karena sis sudah jadi customer kami, untuk pembelian berikutnya FREE ongkos kirim..”.

Quote:
6. Perbandingan
Beri 3 penawaran yang ingin dijual simpan di urutan ke-2.
Berdasarkan survei, orang cenderung memilih produk yang pertengahan apalahi kalau sudah di setting lebih mahal dan lebih murah. Misal, kamu ingin menjual produk X harganya Rp 190.000. Produk ini awalnya tidak laku.
“ibu produk A harganya lebih mahal, kualitasnya memang sangat bagus. Kalau produk X ini harganya lumayan terjangkau, kualitasnya juga bagis cocok untuk kamu. Kalau produk B harganya murah banget, tapi ya kualitasnya biasa-biasa aja”.

Quote:
7. Harga Coret
Tunjukkan harga asli dan harga penawaran terbaru. Biarkan mereka menghitung sendiri.
Teknik ini mirip dengan teknik perbanidngan. Perbedaannya ini lebih simple. Tinggal cantumkan harga terdahulu/asli terus dicoret dan tampilkan harga penawaran saat ini. Orang cenderung ingin berhemat, sadar atau tidak kalau pakai teknik ini orang akan menghitung sendiri berapa uang yang akan mereka hemat ketika mereka memutuskan untuk membeli.

Quote:
8. Menjilat
Katakan bahwa dia hebat! Kamu kagum dan terkesan dengannya.
Orang suka dengan pujian. Semakin jago dalam memuji, semakin besar potensi closing!.
Contoh, “Wah sepertinya bapak ahli komputer. Pasti bapak dapat melihat betapa bagusnya komputer ini untuk bapak gunakan” atau “wih mantep! Cantik sekali mba, baju ini cocok banget untuk mba”.

Quote:
9. Banding Pesaing
Terutama berlaku untuk produk mahal. Edukasi dengan cost total.
Dengan teknik ini, calon costumer akan memikirkan sendiri kelemahan produk pesaing. Ini berlaku terutama kalau kamu memiliki produk yang menyasar menengah ke atas. Harganya mahal, kualitas bagus.
Misal “suplemen ini harganya mahal, tapi kalau mium suplemen ini selama 1 bulan, rasa sakit yang selama ini dirasakan Insya Allah bisa sembuh. Kalau yang lain memang murah, tapi akan ketergantungan setiap bulan jadi harus keluar uang untuk beli suplemen setiap bulan, silakan pilih sendiri”.

Quote:
10. Tampak Murah
Pecah biaya yang dikeluarkan customer agar terlihat lebih kecil.
Bisa peca menjadi bulanan, mingguan, harian atau sesuai paket yang ditawarkan. Sebenarnya harga tetap sama saja, tapi kamu memecah lebih kecil sehingga terlihat tampak lebih murah.
Bandingkan “hanya dengan Rp 5.000/hari kamu bisa merawat wajah agat terlihat cantik dan sehat” dengan “hanya dengan Rp 150.000 kamu bisa merawat wajah agar terlihat cantik dan sehat”. Mana yang lebih menarik?.

Quote:
11. Todongan
Hadirkan rasa malu jika tidak membeli.
Todong calon costumer secara tidak langsung supaya rasa malu atau ‘ngga enakan’ muncul. Pokoknya, semakin banyak yang kamu berikan bahkan itu spesial semakin tinggi rasa ‘ngga enakan’ itu muncul. Ini cocok untuk produk yang bernilai besar.

Quote:
12. Empati
Tunjukan kamu bisa merasakan apa yang mereka rasakan.
Teknik ini adalah teknik paling ampuh dalam membangun kedekatan. Semakin dekat semakin besar potensi closing. Saat bisa merasa bagaimana rasanya jadi mereka, closing akan terjadi dengan sendirinya.
Misal, “Sebelumnya saya juga memiliki masalah yang sama, tetapi setelah memakai produk ini semua masalah yang ganggu hilang dalam sekejap!”.

Quote:
13. Eksklusif
Tidak semua orang bisa mendapatkan produk ini, terbatas!.
Yang perlu dicatat, tidak boleh berbohong. Gunakan porsinya. Kalau sudah sampai puluhan bahkan ribuan itu sudah tidak terbatas lagi.
Misal “Produk ini jumlahnya terbatas. Hanya ada 3”.

Quote:
14. Bridging
Arahkan customer secara tidak langsung. Biarkan mereka memilih sendiri.
Teknik ini cocok untuk bisnis yang basic jualannya di toko, butik, fashion, dan retail.
Teknik ini mirip dengan perbandingan namun cenderung untuk beli ke produk yang ke-2 kalau yang ini tidak ada. Tunjukkan ke calon customer produk apa saja. Pastikan mereka memilih apa yang ingin mereka pilih. Kamu hanya sebagai jembatan yang mungkin mereka pilih.

Quote:
15. Joke
Buat orang tertawa atau tersenyum dengan penawaran/kata-kata kamu.
Orang lebih suka membeli dari orang yang disukainya. Kalau sudah berpikir senang jarang berpikir negatif. Ketika kamu berhasil membuat orang lain tertawa, mereka akan lebih menyukai kamu dan tidak berpikir kamu sedang jualan secara langsung.

Quote:
16. Jika..Maka..
Apa kerugian mereka jika tidak memiliki produk ini?.
Teknik ini mirip dengan teknik Now Or Never, bedanya ini bukan seperti teknik. Padahal sengaja kita ungkapkan agar si calon costumer bisa berpikir tentang kerugianya kalau tidak membeli.
Misal, “Kalau kami tidak membelinya sekarang, maka besok kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk membelinya”.

Quote:
17. Cerita Orang
Kasih testimoni atau pengalaman orang lain.
Orang cenderung lebih yakin kalau kamu menceritakan pengalaman orang lain kepadanya. Terlebih, jika pengalaman tersebut ada kemiripan dengan calon costumer.
Misal, “kemarin ada seorang ibu yang juga ajukan pertanyaan yang sama. Tampaknya Ia juga merasa ragu dengan kualitas produk ini. Setelah menyimak manfaat yang kami tuliskan Ia akhirnya merasa yakin dengan kualitas kami. Dan sepertinya Ia puas karena baru kemarin order lagi untuk putrinya”.

Nah, sekarang kamu sudah tau 17 teknik closing. Apakah kamu sudah memahaminya? Tunggu apalagi, saatnya ACTION!.

0
21.4K
Kutip
27
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan