Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hmtambunanAvatar border
TS
hmtambunan
Tenaga Insinyur Indonesia Minim Bakal Jadi Celah Masuknya Tenaga Asing
MEDAN | Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mencatat, Indonesia baru memiliki 35 ribu lebih tenaga insinyur. Jumlah tersebut masih relatif kecil jika dibandingkan dengan kebutuhan pembangunan yang sedang berkembang di tanah air.

Padahal, di Indonesia bertumbuh setiap tahunnya Perguruan Tinggi (PT), baik yang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk menelurkan banyak insinyur baru.

“Kondisi ini sama sekali tidak bisa diremehkan, sebab akan membuat celah bagi masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia seiiring diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” kata Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ir Faizal Safa MSc, kemarin, di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan.

Diakuinya, lowongnya posisi tenaga kerja insinyur yang begitu besar salah satunya diduga karena lulusan insinyur bekerja di luar bidangnya akibat ketidakmampuan mereka dalam bersaing di dunia kerja yang begitu luas dan sangat ketat, serta beralih ke bidang yang bukan merupakan keahliannya.

Menurutnya, salah satu solusinya adalah perguruan tinggi harus mampu menciptakan lulusan insinyur yang bisa bersaing di dunia kerja, tidak hanya tenaga kerja lokal namun juga tenaga kerja asing. Selain itu meningkatkan inovasi pada penelitian, sehingga mampu meningkatkan daya saing.

Selengkapnya di... http://bareskrim.com/2016/02/02/tenaga-insinyur-indonesia-minim-bakal-jadi-celah-masuknya-tenaga-asing/
0
690
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan