Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

markenpay.Avatar border
TS
markenpay.
Menjadi Fotografer Dadakan Sekelas Fotografer Pro Dengan Smartphone
Memaksimalkan Foto Sekelas Fotografer Pro Dengan Kamera Smartphone

Spoiler for :


Berfotografi saat traveling sudah menjadi kegiatan yang tak terpisahkan. Sepanjang mata memandang disitu niat mengabadikan gambar muncul.
Banyak tips-tips memotret dengan smartphone di internet mulai dari basic berfotografi, pakai aplikasi tambahan hingga lensa eksternal. Dan saya ingin menambahkan sebagai pelengkap terutama bagi smartphone yang tidak memiliki fitur kamera lengkap.

Terkadang muncul keluhan ketika sedang memotret pemandangan atau objek menarik sampai sampai muncul perasaan kurang greget untuk hasil foto yang gitu gitu aja. Bisa beberapa pemicu keluhan yang dimaksud itu adalah terbentur minim nya jarak untuk ambil foto sehingga tidak bisa full objek, sudut pandang yang kurang menarik dari hasil foto.

Berikut tips trik beserta gambaran nya:
Spoiler for :


Situasi kali ini saya dihadapkan satu tempat santai resort pantai dan kemudian memotretnya.
Hasilnya seperti gambar dibawah ini, tidak menjangkau keseluruhan bagian objek. Kendalanya adalah jarak pengambilan sangat minim karena tepat dibelakang ada tempat lainnya.
Padahal motretnya sudah pakai posisi kamera landskap (horizontal), apalagi kalau pakai posisi portrait (Vertical) sangat tidak menjangkau.

Spoiler for :


Dengan cara menjadi beberapa bagian. Potret satu persatu dimulai dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Disini saya potret jadi 3 foto. Gunakan posisi kamera Portrait (Vertical) ambil keseluruhan bagian atas bawah.
Lihat foto dibawah ini:
Spoiler for :


Kemudian langkah selanjutnya, gunakan photoshop untuk menggabungkan foto-foto tersebut.

1. Buka photoshop, klik FILE kemudian pilih menu AUTOMATE dan pilih menu PHOTOMARGE
Spoiler for :


2. Setelah membuka menu PHOTOMERGE, pada menu LAYOUT ada beberapa pilihan untuk hasilkan efek lengkungan pada hasil foto nantinya. Silahkan dicoba satu persatu, kalau saya pilih Cylindrical.
Kemudian klik BROWSE dan pilih foto-foto yang di potret tadi.
Setelah itu klik OK lalu tunggu hingga proses penggabungan selesai.
Spoiler for :



3. Eng ing eng... Penggabungan foto selesai tetapi sisi foto masih berantakan. Pilih CROP TOOL untuk memotong bagian bagian itu.
Spoiler for :



4. Dan inilah hasilnya. Untuk selanjutnya terserah kamu kalau ingin gosok gosok foto seperti penambahan saturasi, Dodge, Burning dan lain-lain
Spoiler for :



Bisa juga buat yang seperti ini :
Spoiler for :


Dari trik ini akan menghasilkan resolusi pixel yang besar. Setara dengan kamera saku.
Kalau ingin praktis bisa juga memakai modus panorama di menu kamera.
Selain itu cara ini menghasilkan foto dengan sudut pandang lebar seperti memakai lensa eksternal wide. Menangkap objek lebih banyak kedalam satu frame foto.

Apabila ingin hasilkan foto bagus serta enak dilihat harus diimbangi pengetahuan komposisi yang bagus. Referensi bisa kalian cari di internet.

Spoiler for :


Tidak perlu jaim memotret dengan smartphone ditengah-tengah pengguna DSLR, toh.. tujuan nya sama yakni memotret. Biar karya yang bicara. Selamat Mencoba

Marken Nainggolan
0
2.5K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan