bintaro.membaraAvatar border
TS
bintaro.membara
Yuk Sama Sama Perangi Penipuan di LJB Kaskus tercinta
Halo Agan Agan.

emoticon-Malu

Ane coba coba lagi bikin trit yang semoga bisa berguna walaupun ga banyak gambar. Sori buat agan yang kurang suka tampilan trit ini karena ane bikin dari layar yang kecil yang bisa disentuh sentuh emoticon-Ngakak

Jadi gini gansist, sering kan liat di The Lounge atau forum kaskus lainnya masalah korban penipuan yang berharap kaskus bisa nemuin itu tersangka dan bisa ngembaliin sejumlah dana yang udah disetor ke si penipu.

Oke, makin kesini masih ada aja postingan-postingan korban penipuan jual-beli secara online, dan mirisnya, kebanyakan korbannya ngalamin hal itu ketika mendapatkan info seller di FJB KASKUS emoticon-Turut Berduka

Kenapa sih sebenernya masih ada terjadi tindak penipuan online walaupun ane yakin momod dan mimin udah bikin sistem sedemikian rupa untuk mengurangi hal tersebut?

Jawabannya adalah karena sebagian dari kita masih aja nekat melakukan transaksi (terutama dalam jumlah besar) tanpa perantara rekber dan sebagainya.

Nah, di trit ini, ane coba kasih solusi, ya walaupun ga expert expert banget di dunia pengamat jual beli online, semoga saran ane bisa berguna buat gansist sekalian.

Ane termasuk silent reader di kaskus, so what? mana Undang undangnya lu harus komen kalo ngaskus? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak but i still love kaskus karena di kaskus ane udah dapat begituuuu banyak informasi emoticon-I Love Kaskus

selain silent reader, ane adalah orang yang konsumtif terutama nyangkut belanja online, karena belanja online, selain murah, banyak barang yang ga ada di kota ane, praktis, juga ga capek capek keliling pasar kan. Alhamdulillah ane belum pernah kena tipu (jangan sampe lah emoticon-Berduka (S)) dan transaksi beli ane di online udah gede juga kok, bukan ecek ecek.

Solusinya gini:

1. Ketika lu belanja online melalui Kaskus FJB, udah gunain aja fasilitas rekber yang udah capek capek dibikin dan disusun dan disediakan oleh pihak kaskus. Udah ga usah ngebet atau ngerasa kerepotan bayar melalui Rekber. Toh repot sedikit tapi aman kan nyambung toh? jangan jadi bodoh yang cuma percaya media pembayaran kayak ATM, Internet Banking dsb yang LANGSUNG nransfer itu duit ke rekening penjual.

2. Kalo itu seller ga mau pake rekber, lu patut curiga, karena kalo emang itu serious seller, pasti dia udah ngantisipasi pilihan pembayaran yang dipilih buyernya, buat seller juga, jangan bodoh, jangan cuma mentingin "be a serious and smart buyer", lu juga musti serious dan smart! Jualan dimana mana sama aja, mau online apa kagak kalo ga pinter pinter dan kreatif menuhin permintaan pasar (termasuk dalam metode bayar), lu bakal tenggelam ama seller yang lebih modern. Karena gue yakin di masa yang akan datang, metode jual beli online udah ga bakal ada lagi yang make TRF TRF langsung antar pembeli dan penjual. kecuali lu bebelian di grup fesbuk! emoticon-Ngakak

3. Ketika seller yang ngejual barang lo tetap gakmau make rekber dan ngotot pake transfer langsung, sementara lo udah ngebet banget buat dapetin itu barang, jangan jadi bodoh. PASTI MASIH BAKAL ADA seller modern yang sama sama ngejual barang kayak yang lo pengenin. Ga mungkin sedunia ini cuma ada satu seller barang X. kecuali kalo emang itu seller bikin sendiri, promo sendiri, dan biarlah ia tenggelam oleh barang jualannya sendiri karena kebodohannya ga mau tau sistem bayar yang modern. JANGAN NGIKUTIN NAFSU! JANGAN SOK SOK NGIKUTIN INTUISI. Bullshit. Kita bukan superhero yang bisa lliat doi nipu apa kagak. Ketahuannya pas kapan? Pas barang lu ga nyampe nyampe, udah di trf berjuta juta, seller gabisa dihubungi, dan lo sedih sedih mostingin screenshoot-an percakapan WA lu ama si penipu di The Lounge kaskus. BE SMART PEOPLE! Cari di tempat lain dengan seller yang lain. Banyak kok seller lain yang jujur.

4. Kalo lo gakmau ribet rekber, lo bisa manfaatin metode pembayaran yang sudah lama dikenal, COD, oke Cash on Delivery (eh bener ga ya singkatannya!) emoticon-Ngakak (S) . Buat lo yang tinggal di jabodetabek mungkin ya, bisa banget tuh manfaatin fasilitas ini. Tapi emang COD adalah metode bayar yang menggugurkan prinsip jual-beli online, yaitu praktis. Lo tetep harus keluar rumah, nunggu someone berpanas panasan (kalo nunggu di kafe ya panas juga dompet lu buat bayar minum!) emoticon-Ngakak. Tapi gini, mari kita menghilangkan dulu kepraktisan dalam jual beli online demi terciptanya FJB Kaskus yang aman damai dan kembali dapat dipercaya.

Nah mungkin gitu yang bisa ane saranin buat ente supaya paling engga walaupun belum bisa menghilangkan kasus penipuan online, bisalah mengurangi dan mengantisipasi.

Tapi gini gansist, kalo kita semua yang biasa berkecimpung di dunia FJB kaskus ngikutin langkah-langkah ini, ane yakin kasus penipuan di FJB bisa dihilangkan. wong semua orang ngga mau transfer langsung ke rekening pribadi seller kalo belanja, gimana seller mau nipu. Gunakanlah jasa dan fasilitas fihak ketiga (dalam hal ini kaskus) demi terwujudnya keamanan dalam transaksi.

Sekali lagi, mari kita bersihkan sama sama KASKUS dari tangan tangan jail para penipu. Cukup udah kasus nya, jangan sampe ada lagi yang mosting kena tipu lah ini lah itu lah. Karena kita semua cinta kaskus, kaskus udah beri kita banyak ilmu, temen, sahabat, seller yang jadi temen, temen yang jadi keluarga, keluarga yang saling bantu apabila ada keluarga lain yang kesusahan. emoticon-I Love Kaskus

Jangan jadi bodoh karena kebodohan kita sendiri. Pada akhirnya ane cuma bisa kasih saran, syukur syukur kalo kita semua ngikutin saran ane. Tapi ya balik balik itu duit elu, jerih payah lu, dan sangat sayang sekali kalo sampe jatuh di tangan penipu. Sayang duit berjuta juta cuma ilang begitu aja. Mending beli gemblong, bisa dapet dah itu semonas. dimakan sekeluarga bisa bahagia semua keluarga lu.

Gitu aja gan ya, sori nih kalo rada ceplas ceplos, kita udah ga butuh yang terlalu banyak unggah ungguh tapi nipu! haha emoticon-Ngakak

Kalo ada yang mau nambahin tips and trik boleh komen, terutama tentang jual beli jasa nih, misal yang benerin laptop lah, smartphone, dsb dsb. nanti kalo ane udah ngerti caranya, ane masukin ke postingan ini. (ANE GA NGERTI CARANYA!) hahaha

Thanks for reading. Sori acak acakan. Ga berharap HT karena HT hanya sementara. tapi ilmu dan barokahnya insya Allah sampai dunia berguncang kiamat tetap akan terpatri. TRIMS!


---wahaha sori salah ya, bukan LJB tapi FJB ya, apa masih salah lagi? yaudah maksudnya JUAL BELI DI KASKUS lah itu. rempong deh---
Diubah oleh bintaro.membara 28-02-2016 06:47
0
2.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan