komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
10 Tempat Khayalan Yang Ternyata Ada Di Dunia Nyata


Saya termasuk orang yang suka nonton film kartun ataupun anime. Terkadang bahkan sering pula mengkhayal bagaimana rasanya bisa hidup di dalam sebuah dunia khayalan. Namun tentunya, sebuah dunia khayalan tidak benar-benar ada. Kalaupun ada, bakalan bisa ketemu dengan sosok Pinokio dong, atau berjalan-jalan ke Wonderland.

Meski begitu, di dunia ini ada beberapa tempat yang suasananya sangat mirip dengan dunia khayalan. Dunia di mana terdapat pemandangan yang sangat indah dan sulit dipercaya keberadaannya. Penasaran bukan dengan tempat-tempat seperti apa sih yang saya katakan mirip dengan dunia khayalan tersebut?



1. Door to Hell

Percaya dengan keberadaan surga dan neraka? Lalu, apakah JJners juga percaya kalau pintu menuju neraka itu ada di bumi ini? Datanglah ke sebuah tempat yang disebut dengan nama The Door to Hell atau Pintu Neraka yang ada di Turkmenistan, Asia Tengah. Di sebuah desa bernama Derweze yang ada di tengah-tengah Gurun Karakum.

Namun tentu saja, tempat ini bukanlah pintu masuk menuju neraka dalam arti yang sebenarnya. Namun kondisi tempat ini paling tidak memberi kesan bagaimana suasana di neraka kelak. Terlebih tempat ini berbentuk sebuah kawah yang dipenuhi api.


Door to Hell sendiri bukanlah sebuah kawah berapi yang terbentuk secara alami. Tempat ini terbakar sebegitu dahsyatnya karena kesalahan yang dilakukan oleh geologis Uni Soviet pada tahun 1971. Pada saat melakukan pengeboran, ternyata yang dilubangi adalah sebuah gua penuh dengan gas alam. Alhasil tanah tersebut pun akhirnya roboh membentuk sebuah lubang berdiameter 70 meter.

Sebagai langkah preventif, geologis itu pun akhirnya membakar gas agar tak ada yang keracunan. Sayangnya, harapan kalau kebakaran tersebut bakal padam dalam hitungan hari, kenyataannya kebakaran tersebut masih bertahan hingga kini lebih dari 40 tahun. Tak mengherankan karena cadangan gas alam di tempat tersebut dikenal sebagai salah satu yang terbesar di dunia.


2. Pohon yang tertutup jaring laba-laba

Bagi JJners yang sudah nonton film the Hobbit tentu bakal familier dengan pemandangan di tempat ini. Pemandangan di mana terdapat pohon-pohon yang tertutupi dengan jaring-jaring laba-laba. Sangat mirip bukan dengan suasana di Spiders Mirkwood Forest yang ada di film The Hobbit

Kondisi seperti ini pernah terjadi di dunia nyata beberapa tahun lalu, tepatnya di sebuah desa bernama Sindh yang ada di Pakistan. Fenomena ini terjadi pada tahun 2010. Pohon-pohon yang ada di desa Sindh tersebut diselimuti oleh jaring laba-laba setelah desa tersebut mengalami banjir besar.


Banjir itu diduga membawa jutaan laba-laba dan serangga lainnya. Dan karena saking banyaknya laba-laba yang terbawa banjir itu lah, pohon-pohon yang ada di desa tersebut sampai terselimuti oleh jaring laba-laba. Kejadian ini pun sangat tidak masuk akal, dan bahkan ilmuan pun kesulitan untuk menjelaskan bagaimana fenomena ini bisa terjadi.


3. Fly Geyser

Lagi-lagi tempat ini tercipta gara-gara kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Fly Geyser atau yang juga kerap disebut dengan nama Fly Ranch Geyser merupakan sebuah geyser geotermal kecil yang ada di Washoe County Nevada. Geyser ini mempunyai tinggi 1,5 meter. Namun kalau dihitung dari sumbernya, geyser ini mempunyai ketinggian mencapai 3,6 meter.


Seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya, geyser ini bukanlah fenomena alami, tapi tercipta karena kesalahan manusia. Kesalahan pengeboran terjadi pada tahun 1964 pada saat mencari sumber geotermal. Sayangnya, terjadi kesalahan sehingga mengakibatkan adanya air yang keluar.

Fly Geyser ini bukanlah sebuah tempat umum, melainkan sebuah tempat yang dimiliki secara pribadi oleh seorang bernama Todd Jaksick. Jaksick sendiri merupakan pemilik dari Fly Ranch yang merupakan lokasi dari geyser unik yang satu ini.


4. Gunung Roraima

Gunung yang satu ini memberikan kesan kalau tempat tersebut mengapung di atas awan. Terlebih gunung yang satu ini mempunyai tebing yang sangat curam. Gunung Roraima ini terletak di Amerika Selatan, membentang dari Venezuela hingga Brazil.


Roraima ini mempunyai puncak dengan tinggi 2.810 meter. Selain itu, Roraima juga dikenal sebagai tempat yang mempunyai formasi geologi tertua dunia, berumur sekitar 2 miliar tahun. Dan gunung ini juga dikenal sebagai tempat yang banyak mempunyai flora serta fauna endemik.

Masyarakat sekitar menganggap kalau Roraima merupakan tempat yang keramat. Namun di mata para backpacker, tempat ini adalah lokasi yang sangat menarik. Terlebih bisa melihat awan, jadi serasa hidup di kahyangan.


5. Tianzi Mountain

Pengalaman hidup seperti kahyangan tak hanya bisa dirasakan di Gunung Roraima. Tempat serupa juga ada di Cina, tepatnya di Tianzi Mountain yang ada di Provinsi Hunan. Tempat ini mempunyai titik tertinggi 1.262 meter. Dan pemandangan cantik yang ada di tempat ini terbentuk secara alami, mirip dengan yang ada di film AVATAR. Tidak seperti di Door to Hell ataupun Fly Geyser.


Berada di tempat ini, para traveler akan merasakan pengalaman tersendiri. Bahkan bisa saja merasa kalau tempat ini bukan berada di bumi, namun di planet atau mungkin dunia fantasi. Terlebih di sini terdapat beberapa tebing tinggi yang menjulang ke angkasa. Hampir mirip dengan pemandangan di kota-kota besar dengan gedung pencakar langitnya. Namun gedung pencakar langit di Tianzi digantikan oleh bukit curam yang terbentuk secara alami.


6. The Black Forest

Tempat berikutnya yang menyajikan suasana keindahan seperti di dunia khayalan adalah Black Forest yang ada di Baden-Wurttemberg, Jerman. Para traveler yang datang ke sini tak hanya ingin menyaksikan keindahan alamnya. Namun juga ingin merasakan suasana magis yang ada di tempat ini.


Black Forest merupakan sebuah area hutan yang berada di area pegunungan dengan puncak bernama Feldberg yang memiliki ketinggian 1.493 meter. Dan karena keindahan alamnya, area di sekitar Black Forest ini mempunyai bisnis utama di bidang pariwisata. Bahkan pada tahun 2009, terdapat 34,8 juta traveler yang berkunjung ke tempat ini.


7. Pantai Bercahaya Vaadho

Di Indonesia ada pantai dengan pasir berwarna pink yang ada di Pulau Komodo. Namun di Maladewa yang memang terkenal sebagai negara dengan keindahan alamnya, mempunyai pantai yang sangat unik. Pantai tersebut bernama Vaadho yang dikenal sebagai pantai bercahaya atau Shimmering Shores.


Malam hari adalah waktu yang tepat untuk bisa menyaksikan keindahan alam dari tempat ini. Pada saat malam hari, para traveler akan bisa menyaksikan bagaimana gemerlapnya pantai tersebut. Bukan hanya gemerlap bintang di langit, namun pantai yang juga bercahaya gemerlap berwarna biru.

Pantai ini memang mempunyai ciri khas tersebut berkat keberadaan spesies plankton tertentu. Plankton ini pun mempunyai sel membran yang bereaksi terhadap sinyal listrik. Alhasil, reaksi tersebut pun memberikan kemunculan cahaya berwarna biru yang dipendarkan oleh plankton tersebut.


8. Glen Brittle

Di Skotlandia, tepatnya di Isle of Skye terdapat sebuah tempat yang dikenal dengan nama Glen Brittle yang kerap juga disebut sebagai kolamnya para peri. Selain mempunyai air yang sangat jernih, tempat ini juga memiliki bebatuan dengan warna yang cantik. Tak heran kalau banyak yang menyebut Glen Brittle sebagai kolam para peri. Dan seperti halnya sebuah kolam lain, para traveler tentu bisa pula berenang di tempat ini.



9. Neuschwanstein Castle

Sebuah dunia khayalan tak lengkap dong kalau tidak mempunyai sebuah kastil? Dan kastil yang sangat cocok untuk disebut sebagai sebuah kastil di dunia khayalan adalah Neuschwanstein Castle yagn ada di Hohenschwangau, Jerman. Dan sebagai tambahan, kastil ini juga kerap muncul dalam film-film box office dunia. Dan bahkan menjadi inspirasi pembangunan kastil Sleeping Beauty milik Disney.



10. Tunnel of Love

Tempat yang terakhir adalah sebuah terowongan unik nan magis bernama Tunnel Of Love, yang ada di Kleven, ukraina. Terowongan ini sejatinya merupakan sebuah terowongan untuk kereta pribadi yang setiap tiga hari sekali mengirimkan kayu untuk pabrik.


Terowongan ini dulunya adalah sebuah terowongan biasa. Namun alam membentuknya secara alami sehingga terowongan tersebut mempunyai bentuk yang sangat cantik seperti ini. Bahkan banyak yang percaya kalau terowongan ini benar-benar adalah terowongan cinta yang memberikan dampak positif untuk setiap pasangan di tempat itu.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya terdapat tempat-tempat yang memiliki kesamaan dengan daftar lokasi unik yang telah saya sebutkan di atas. Di antaranya adalah B29 yang kerap disebut sebagai negeri di atas awan. Atau bisa pula merasakan pengalaman berenang di air yang sangat jernih di Pulau Maratua. yang terkenal keindahannya. Jadi, Indonesia itu nggak kalah cantik kalau dibandingkan tempat-tempat lain di seluruh dunia.


SUMBER
0
9K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan