domarf04qAvatar border
TS
domarf04q
share! pengalaman ane 4tahun di indomart
Assalamualaikum wr wb. Selamat malam agan sita. Newbie izin share pengalaman ya, setelah hampir 4tahun kerja di idm.
Ini trit pertama ane jd maklum y klo bikin pusing bacanya emoticon-Big Grin
Akhir2 ini banyak trit yg bahas masalah yg terjdi di minimarket (idm. Alfamrt.midi dll). Walaupun ane udah resign. tp ngeliat banyak trit tsb membuat ane tergerak buat share pengalaman ke agan semua.bagaimanapun idm tempat ane cari duit selama -+4tahun. Dri stu ane dapet biaya buat kuliah smape akhirnya lulus s1 dan sekarang ane buka usaha pun hasil dri indomret. Yg mudah2an halal.
Karna sebagian besar tritnya bermuatan negatif emoticon-Big Grin seakan ane pernah jd karyawan gabener di tempat yg gabener. Jujur ane ngerasa prihatin dengan banyaknya trit yg menunjukan kesalahan karyawan toko idm.sampai ada yg sare foto pelaku . Walaupu karyawan tsb hanya melakukan kesalahan bukan kejahatan .
Ane udah sering pidah2 toko. Dri mulai toko di pemukiman sampe diperumahan mewah. Udah terbiasa jga ngelayanin berbagaimacam konsumen. Dri mulai ibu2 rempong samapai anak kecil songong. Saking songong nya ane pernah disuru ambilin barang dan nunjuknya pake kaki. Padahl orng tuanya tau tp diem aja . ane mh apa atuh emoticon-Big Grin
Setelah ane rangkum .Berikut beberapa keluhan yg sering di jadikan trit oleh para korban . Cekidot emoticon-Big Grin
1. Harga pricetag(labelfrice) berbeda dgn harga komputer
Komplain ini adalah yg paling banyak terjadi. Bahkan di setiap meeting kpl toko masalah ini psti dibhas. Buat agan2 yg pernah nglamin hal macam ni. Jgn buru2 mikir ini penipuan. Idm perusahaan besar jd hampir mustahil klo sengaja mau nipu konsumen dgn cara kya gtu. Ini terjadi karna tim toko blm melakukan up date harga. Karna hampir setiap hari ada aja harga yg berubah entah naik atau turun. Kemungkinan mereka blm sempet atau males ngerjainnya gan. Ane aja kadang males tuh ngerubah harga kya gtu apalgai klo printernya udah butut emoticon-Big Grin.
Note: harga di pricetag adalah harga mati. Mksudny perusahan sudah menekakan kpd krywan bahwa 100%harga di pricetag adalah hak utk knsumen. Jd klo harga di komputer lbih mahal ya mau ga mau kasir yg nombok. Karna itu emng kesakahan kasir yg telat merubah harga. Opsi kedua. Klo agan ga tega kasir yg nombok karna kasirnya cantik. Kebetulan agan orang tajir n ga pelit ya ikutin harga yg dikomputr aja walaupun lebih mahal emoticon-Big Grin. Opsi ketiga, Klo agan kasihan sama kasir tp agan jga bukan orang tajir, ga usah jadi beli gan, agan bisa cek d toko sebelah mungkin lagi promo emoticon-Big Grin. Tp sayangnya masih banyak yg ngrasa ketipu. Padahal sepengalaman ane. Ini pure kesalahan dan kelalaian.
Buat agan2 yg ngerasa ketipu jgn buru2 bikin trit, karna berasa pinter dan jagoan telah mengungkap kejahatan yg telah lama tersembunyi emoticon-Big Grin Bagaimanapun agan berhak mendapat harga sesuai pricetag. Caranya:
- langsung komplain ke kasir. Tunjukan bahwa haraga berbeda . Ngomong baik2 jgn marah2. Biasanya sih si kasir bakal ikutin harga di label. Meskipun dengan muka yg sangat tidak enak dipandang emoticon-Big Grin
-jika gagal. Temui langsung pimpinan shift nya. Ceritakan biduk permasalahannya.
-kalo masih belum puas juga. Komplain langsung ke highoffice lewat sms ke nomer yg ada di struk atau yg ada di depan pintu masuk. Jika anda beruntung nanti akan ada personil toko datang ke rumah agan sambil membawa buah sbg permohonan maaf emoticon-Big Grin
nb. Nih perubahan harga biasa terjadi pada
- tgl 1 dan 16 ini udah rutin setiap bulan. Karna setiap 2minggu sekali ganti promosi yg tertera pada selebaran.
- hari kamis dan jumat jga biasany banyak perubahan harga karna menjelang weekend
-hari senin jga biasanya harga kembali normal stelah weekend
Klo agan belanja tgl/hari tsb di pagi hari kemungkinan harga label blm update dan berbeda dgn komputer. Tau sendiri gan pagi2 kerjaan banyak. Ga usah di sebutin lah bisa ga cukup karakternya emoticon-Big Grin belum lagi komputr eror. Printer rusak. Tita habis. Kasir baru dll aaaaa

2. Kembalian kurang ?
Kembalian agan kurang 200? Jgn buru2 share di ig atau bikin status gan. Klo emng bener di sengaja ini udah termasuk kejahatan. Walaupun. Cuma 200. Agan berhak melaporkannya. Caranya lihat di point 1. Atau agan mau bawa polisi n pengacara juga gamasalh silahkan aja.
Tp apa susahnya coba ngomong langsung ke kasirnya ' mba kembaliannya kurang 200' . Gtu aja ko repot. ada kemungkinan jga si mba kasir nya udah pusing mikirin barang hilang emoticon-Big Grin jd ga di sengaja. Klo ternyata di ganti permen ya terima aja gan. Lumayan buat ngilangian bau mulut ente. Ane ngerasain susahnya nyari uang 100 dan 200. Muter2 ke spbu sampe pasar ga dapet2 emoticon-Big Grin itusih dl ya gan haha tp mohon pengertiannya lah perusahaan jga masih blm bisa supply uang receh ke setiap toko.

3. Donasi uang receh ? Apa benar?
Sepengalman ane ya gan, acara amal kya gtu emang resmi dri perusahaan. Itung2 jd wadah amal sekaligus ngurangin beban penyediaan uang receh yg sangat berharga bagi agan?.
Kalo agan ragu tinggal bilang 'ga usah di donasikan mba' gtu aja kok repot. Apa susahnya ngomong kya gtu. Tpi kemungkinan agan malu ngomognya takut disangka pelit. Tp ya emng kenyataan agan peliat kan emoticon-Big Grin . Setiap uang yg agan donasikan itu masuk ke uang setoran jd bukan di tilep sama kasir. Kan setiap donasi pasti tertera di struk. Klo ternyata tidak trtera d struk silahkan komplain karna ini sudah trmsuk ranah kejahatan emoticon-Big Grin cara komplain silahkan lihat point1.
Klo agan ragu agan bisa buka web masing2 perusahan. Tinggal cari aja info n dokumentasinya. Masih kurang yakin? Datangi langsung yayasan ybs. Jgn gara2duit 200perak agan bikin analisis 200rupiah dikali seratus orang dikali 30 hari samadegan 60milyar. Wah bisa kaya tuh kasir emoticon-Big Grin

4. Ga jadi belanja. Apa bisa di cancle / void
Ane cuma mau klarifikasi aja ya gan. di idm atau di minimarket lain pun mungkin sama.misal agan salah ambil barang. Mau beli roko tapi malah ngambil sabun. Atau mungkin uang agan kurang emoticon-Big Grin . Selama transaksi blm selesai agan msih bisa cancle brg belanjaan agan. Klo karyawan tetep bilang gabisa. Tinggalin aja, udah jelas mereka bohong dan ga mau ribet. Tpi klo udah keluar struk trs agan ga jadi beli, ini beda urusannya. Di idm ga bisa kembali uang tapi bisa di ganti dgn barang lain (retur sales) yg senilai atau lebih mahal dr brang yg agan beli sebelumnya. Ini agak jilemet sih prosedurnya. Sebetulnya semua bisa dilakukan cuma kadang tim toko malas melakukan hal tsb karana history cancle dan retur sales biasa digunakan sbg penilaian perusahaan atas kejujuran tim toko. (Buat yg udah tua di idm pasti tau caranya manipulsi data dengan cancle dan retur sales) emoticon-Big Grin

5. Belanja ga dapet struk?
Kayaknya ga lengkap klo belanja ga dapet struk ya gan. Kan lumayan tisu toilet udah abis emoticon-Big Grin atau agan emng perlu untuk pembukuan pengeluaran. Dan masih banyak lagi knpa struk itu penting. Tp kadang agan2 suka ga dpt struk setelah belanja. Eh jgn langsung bikin hastag #belanjagakdapatsruk . Emng sudah kewajiban kasir memberikan struk pd setiap transkasi. Tp jika kasir tidak memeberikan. Coba ditanya langsung ' mba ada struknya'? Gtu aja kok repot. Jika alasan printernya eror/rusak. Sedangkan kita gak tau itu bener rusak atau cuma alasan. Hmmm ya mau gmna lagi. Klo emng butuh banget struknya opsi paling gampang ya minta di tulis manual gan. Aneh sih tp mau gmna lagi. Klo agan mau nunggu printernya di perbaiki silahkan aja. emoticon-Big Grin . Atau mungkin belanja kesebelah aja. Mudah2an printernya ga ada masalah emoticon-Big Grin . Ane tekankan ya gan. Sebisa mungkin pastikan agan dapet stuknya. Sejauh yg ane tau. Tim toko tidak memberikan struk bukan utk mencurangi konsumen tapi lebih digunakan utk manipulasi data stock dan promosi.

Sebenernya masih banyak kompalain atau masalah yg sering masuk layar kaca. Mulai dari tukang parkir sampai lantai licin emoticon-Big Grin tp tangan udah pegel duluan gan. Nanti ane update klo sempet.
Intinya dimanapun agan melakukan transksi sebisa mungkin kita harus lebih telliti. Agan kan manusia pinter nan cerdas jd jgn sampai ketipu dan dirugikan. Apalagi setelah merasa dirugikan oleh kasir. Trs agan sok2an bikin trit supaya dianggep pinter dan terpelajar padahal abis kena tipu emoticon-Big Grin . Waspada gan, ga semua orang itu baik
Ga semua karyawan bisa dan trbiasa melaksanakan tugas n tanggung jawab sesuai yg telah ditetapkan perusahaan. Termasuk agan. Apakah agan sudah menjadi karyawan yg baik? Cius gan?
Diubah oleh domarf04q 31-01-2016 16:19
0
11.6K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan