ayakanayaAvatar border
TS
ayakanaya
(catper) Weekend Hike Gunung Papandayan
Itinerari ini biasanya sih digunakan untuk temen-temen pendaki yang nanjak saat weekend atau hari Sabtu-Minggu. Semoga membantu teman-teman yang mau nanjak ya...

Day 1 (Jumat)

20.00-22.00 Meeting Point Terminal Kampung Rambutan
22.00-03.00 Jakarta-Garut pake bus jurusan Garut/Primajasa

Day 2 (Sabtu)

03.00.......... Tiba di Tarogong (Mesjid) atau Terminal Guntur (saran saya di Tarogong saja biar langsung diantar ke Cisurupan sampai kaki Gunung Papandayan carter pick up)
03.00-05.00 Tarogong-Cisurupan
05.00-07.00 Sholat Shubuh, Sarapan, Persiapan logistik terakhir
07.00-08.00 Cisurupan-Parkiran Papandayan
08.00-09.00 Mulai mendaki parkiran-Belokan Hutan Mati dan Danau
09.00-10.00 Menuju Danau dibekas letusan kawah baru
10.00-11.00 Hunting foto time
11.00-12.00 Danau-persimpangan hutan mati
12.00-13.00 Hutan Mati-Pondok Saladah
13.00-14.00 Buka tenda persiapan makan siang
14.00-16.30 Istirahat
16.30-18.00 Hunting Sun Set Hutan Mati
18.00-20.00 Sholat Magrib, Makan Malam,Sholat Isya
20.00-22.00 Acara Bebas
22.00-03.00 Tidur

Day 3 (Minggu)

03.00......... Bangun pagi
03.00-05.30 Pondok Saladah-Tegal Alun
05.30-07.00 Breathtaking Sun Rise Time
07.00-09.00 Tegal Alun-Pondok Saladah
09.00-11.00 Makan pagi, repacking, persiapan turun
11.00-13.00 Pondok Saladah-Parkiran (lewat Kawah Mati)
13.00-14.30 Bersih-bersih istirahat
14.30-15.30 Parkiran-Cisurupan
15.30-16.30 Cisurupan-Terminal Guntur
16.30-17.00 Persiapan pulang
17.00-22.00 Garut-Jakarta (Kalo normal)

NOTE :
ATI-ATI DI PARKIRAN PAPANDAYAN YANG PALING RESE ITU CALO ANGKOT, PICK UP CUMA BOLEH SAMPAI CISURUPAN KADANG KITA DICEGAT DAN SURUH GANTI KE ANGKOT DAN ITU KADANG REBUTAN SAMA PENDAKI LAINNYA. DULU SIH BISA LANGSUNG PARKIRAN-TERMINAL GUNTUR JADINYA GA RIBET BONGKAR MUAT KERIL. HARUS BAWEL NEGO HARGA PICK UP POKOKNYA SAMA ANGKOT JANGAN MAU KALAH MULUT.


Estimasi Budget (Jika sewa pick up PP)

Bus Jakarta-Garut PP 50.000*2=100.000
Carter pick up Tarogong-Terminal Guntur PP 30.000*2=60.000
Tiket Masuk Papandayan 5.000
Estimasi logistik per orang 50.000
TOTAL BUDGET 215.000

Estimasi Budget jika pakai angkot-pick up

Bus Jakarta-Garut PP 50.000*2=100.000
Terminal Guntur-Cisurupan PP 10.000*2=20.000 (1 angkot kapasitas 13 orang)
Cisurupan-Parkiran Papandayan pake pick up 10.000*2=20.000
Tiket Masuk Papandayan 5.000
Estimasi logistik per orang 50.000
TOTAL BUDGET 195.000


Contact person sewa pick up Mang Dede 085317712371 (bisa dicarter kalo mau nanjak Gunung Papandayan 30.000/orang, Gunung Cikuray 40.000/orang, Gunung Guntur)


CATATAN PERJALANAN


Berkali-kali nanjak kemarih ga pernah bosen-bosen, berkali-kali nanjak kemari lupa buat catatan perjalanan. Mungkin catatan gue bukan yang paling lengkap tetapi seenggaknya pengen coba menjabarkan keindahan yang dimiliki Gunung Papandayan. Gunung Papandayan katanya sih ketinggiannya 2.665 mdpl cuma adayang bilang sekarang cuma 2.662 mdpl. Entah yang bener yang mana cuma gue ga pernah nemu puncaknya. Soalnya Papandayan itu pegunungan gak tok puncak kayak gunung yang lainnya. Gunung Papandayan berada di Desa Cisurupan Kabupaten Garut cukup 5 jam. Biasanya sih anak-anak nanjak yang hobi nongkrong di Terminal Kampung Rambutan berangkatnya Jumat malam. Oke kita bahas satu per satu obyek yang dimiliki Gunung Papandayan.

KAWAH BELERANG

Memulai pendakian dari parkiran di kawasan Gunung Papandayan, kawasan Kawah Belerang adalah gerbang pertama yang menyambut kita. Hamparan kawah di kanan dan kiri adalah hal yang biasa terlihat. Di sebelah kanan berdiri gagah tebing-tebing karst yang menjulang tinggi disini kita bisa naik sekitar 30-1 jam untuk mengambil photo shoot saat matahari terbit, apabila kita bisa lebih awal memulai pendakian dari bawah. Belok ke kiri dapat juga langsung menembus Pondok Saladah lewat belakang tepatnya bekas lelehan Kawah Mati dan bekas longsoran. Atau bisa melewati jalur pendakian POLMAN ASTRA Bandung yang berupa sungai dengan batu-batuan besar di kanan dan kirinya.

Track pendakian di sepanjang kawah ini sedikit menanjak, penuh batuan kerikil. Sesekali mata harus teliti karena gue sering tersandung. Track bisa dilahap antara 30 menit jalan santai, tanpa narsis ria loh ya. Tapi gue biasanya menghabiskan 1 jam di jalur ini karena buat spot foto oke banget dan walau capek gak kerasa sih. Cuma harus agak tahan dengan bau belerang yang menyengat yah, sebaiknya pakai masker atau slayer yang udah dikasih air sebelumnya biar bisa nafas. Kawah-kawah disini juga membentuk aliran seperti sungai, tapi untuk pemandangan penuh ada disebelah kiri jalur pendakian. Jalur ini juga tempat lalu lalangnya motor trail pengangkut belerang loh oleh warga lokal.

DANAU WARNA


Keliatan kalo gak berkabut ada sebuah danau kecil berwarna hijau tepat dibawah letusan kawah baru. Dari jalur pendakian keliatan deket padahal lumayan gempor. Baru kesampaian kesini pas keempat kalinya ngunjungin Gunung Papandayan. Jalur untuk menuju kesini sih pas sama Mang Embot agak-agak ngebingungin soalnya nyasar-nyasar malah kejebak masuk kawah. Jalurnya sebelum naik ke hutan mati belok kiri ya. Gue pikir deket eh ternyata jauh juga bolak balik PP butuh waktu 2 jam. Tapi bebatuannya lebih santai lebih kecil-kecil dibandingkan dengan yang ada di track pendakian kawah belerang, cuma jauhnya itu loh. Yang buat unik dimarih tuh belakangnya masih terdapat tebing bebatuan yang berwarna ijo lumut gitu, jadi kalo foto-foto kayak berasa di Great Wall America.

Setelah ditilik-tilik ternyata danaunya kecil tidak begitu lebar dan panjang. But tetep cantik buat pemanis Gunung Papandayan. Coba lemparin batu ke tengah danau mungkin hanya sekitar 3 meter. Buat foto-foto kece banget deh apalagi ditengah kepulan asap belerang yang lagi membumbung tinggi kelangit. Ciamik!!

HUTAN MATI

Beranjak dari danau bekas lelehan kawah baru, track mulai menanjak. Dibutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ke hutan mati. Disini kunci utama untuk mencapai Pondok Saladah. Jika berjalan lurus terus mungkin akan sampai ke arah Tegal Alun dan puncak Gunung Papandayan. Ikuti arah pita yang diselipkan diantara ranting untuk track menuju Pondok Saladah. Disebut hutan mati, karena tadinya berupa hutan lebat yang karena aktivitas vulkanik Gunung Papandayan yang sangat aktif kemudian menjadi mati. Serta meninggalkan sisa-sisa batang kayu yang seperti terbakar.

Sekilas kontur hutan mati mirip seperti kawah putih Ciwidey-Bandung Selatan. tetapi lebih cantik dimari. Biasanya para pendaki puas dan membutuhkan waktu lama disini untuk sekedar foto hunting, terutama pada saat langit dalam kondisi cerah dan tak berawan. Untuk yang melewati hutan mati saat hujan dan kabut hati-hati rawan nyasar ke Tegal Alun atau ke jurang karena jarak pandang tidak lebih dari 1,5 meter biasanya.

PONDOK SALADAH


Ini dia tempat buka tenda alias buka camp para pendaki. Disebut Pondok Saladah karena terdapat banyak pohon Saladah. Untuk mencapai kawasan ini dari hutan mati jalur berupa menurun dan hati-hati salah jalan masuk jurang. Pondok Saladah cukup untuk menampung puluhan tenda dan bahkan kami pernah main bola disini. Selain itu terdapat sumber mata air yang cukup banyak untuk keperluan memasak. Bahkan ada dibuat WC khusus MCK untuk buang air kecil. Singkat kata jangan pernah takut kekurangan air disini sangat melimpah.

Gunung Papandayan terkenal merupakan salah satu gunung yang mempunyai bunga edelwise tercantik di Indonesia. Mudah ditemui disepanjang jalur menuju Pondok Saladah. Untuk kebun bunga edelwise dari tengah-tengah Pondok Saladah cukup berjalan ke sebelah kanan. Disana spot foto terbaik untuk naris ria. Tapi jangan dipetik ya bunga edelwisenya, biarkan berada di habitatnya emoticon-Smilie

TEGAL PANJANG


Mungkin belum banyak yang tahu surga tersembunyi dibalik Gunung Papandayan. Iya Tegal Panjang namanya, sebenarnya daerah ini merupakan daerah konservasi. Untuk memasukinya diperlukan izin dari BKSDA Jawa Barat. Cuma banyak yang curi-curi kesini. Jalur menuju kesini dari belakang Pondok Saladah menuju arah Lawang Angin. Apabila nanti ditemui jalanan aspal yang hancur kita lurus terus, sedangkan belok ke kanan menuju ke arah kawah mati dan bekas longsoran. Sekarang tidak diperkenankan buka camp disini, sebab dijaga ranger dan kalau mau tektok.

Untuk menuju Tegal Panjang tracknya landai bahkan cenderung menurun. Banyak semak belukar di kanan kiri jalur dan rapat. Disini dijumpai juga mata air ditengah hutan rimba. Waktu tempuh berjalan santai 3 jam dengan membawa keril. Untuk mencapai Tegal Panjang dapat lewat Pondok Saladah dari Garut atau Ciwidey-Bandung Selatan. Umumnya vegetasi tumbuhan rumput yang tumbuh tinggi seperti tumbuhan padi dan seolah-olah sawah. Tegal Panjang seolah alun-alun yang berada ditengah-tengah pegunungan Papandayan. Sayangnya tidak ada bunga edelwise.

TEGAL ALUN

Satu lagi surga cantik Gunung Papandayan, Tegal Alun. Kalau Tegal Panjang berada dibawah, Tegal Alun kebalikannya. Untuk sampai disini bisa dari Pondok Saladah naik ke atas dengan jarak tempuh 3 jam, kondisi track memanjat dan berbatu. Jangan pernah camp disini yah karena berbahaya jalurnya macan pada saat malam. Bunga edelwisenya pun sama suburnya seperti di Pondok Saladah. Di Pondok Saladah juga sudah tertera untuk tidak bermalam disini. Perpaduan waktu yang baik untuk kesini adalah pada saat summit attack berangkatlah jam 3 pagi agar sampai diatas tepat waktu matahari terbit.

Quote:

0
8.4K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan