jir4iyaAvatar border
TS
jir4iya
Enak Jaman Soeharto??
taun 98 masih JAMAN SOEHARTO, ekonomi indonesia ancur lebur, utang banyak tp gak mampu bayar, dollar dari 2000 jadi 16000, bank banyak yang collapse, inflasi gila-gilaan, harga barang naik sampe 5x lipat, banyak kelas menengah turun kelas jadi miskin, yang sudah miskin menjadi super miskin.

mahasiswa menemukan momentum untuk menyudahi rezim diktator yang penuh KKN alias rezim wani piro ini yang cuma memperkaya diri, keluarga, dan kroni saja, mental wani piro warisan orba ini mengakar kuat di masyarakat dan birokrasi hingga saat ini, sulit sekali diberantas, maklum para murid soeharto masih menguasai politik indonesia hingga sekarang (golkar, kendaraan politik orba masih menjadi partai besar, alumninya membuat banyak partai baru, seperti gerindra, hanura, nasdem, PKPI, sebagian alumni golkar menyusup ke partai lain), jadi sulit sekali indonesia untuk berubah selama orang2 lama bermental lama masih menguasai pusat-pusat kekuasaan di indonesia.

kondisi indonesia taun 98 JAMAN SOEHARTO, statusnya dari negara berkembang (negara belum maju) turun kelas jadi negara berkembang yang bangkrut.

karena gak punya duit untuk bayar hutang luar negri yang bejibun, soeharto mau nambah utang lagi ke IMF, tapi IMF minta jaminan, akhirnya soeharto menjaminkan banyak BUMN.

BUMN yang kondisinya rusak akibat korupsi dan manajemen tidak profesional, disehatkan oleh Tanri Abeng, menteri BUMN pertama, supaya nilainya meningkat.

Duit ratusan trilyun yang hasil ngutang dipake untuk membailout (BLBI) bank-bank yang collapse, banyak pemilik bank adalah kroni soeharto, duit bantuan bukannya dipakai untuk menyehatkan likuiditas bank tapi oleh para pemilik bank dipakai untuk menyuntikkan modal ke perusahaan pribadinya yang ikut bangkrut diterjang krisis, malah banyak pemilik bank yang membawa kabur duit BLBI ke luar negri.

Hutang warisan soeharto yang bejibun tersebut menjadi tanggungan rakyat indonesia.

Pertanyaan, selama 32 taun rezim soeharto, berapa panjang jalan tol yang sudah dibangun? berapa km panjang jalan raya yang dibangun? brp km jalan kereta yg dibangun? berapa banyak pelabuhan yang dibangun? Orang miskin yang naik kelas menjadi kelas menengah ada berapa byk? atau lebih ke kelas menengah yang jatuh ke jurang kemiskinan ada berapa byk?
0
6K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan