Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ainkbroAvatar border
TS
ainkbro
Mengkonsumsi Buah Nanas Muda Bagi Ibu Hamil, Mitos Atau Benar Berbahaya?

Salam Sobat Kaskuser. Thread kali ini ane baca di sebuah buku tentang kehamilan,,waktu itu kebetulan istri ane lagi hamil, ane baca buku H2O (Hamil Harus Oke) Ditulis oleh dr. Rosa Amanda Salim. Ane coba posting ja di web ane terus ane bikin thread juga deh disini, sekaligus tambahan informasi bagi kita semua.

Kita langsung ja ya,,,

Konsumsi Buah Nanas Muda Bagi Ibu Hamil, Mitos Atau Benar Berbahaya?. Salam para pembaca sekalian. Postingan ini ditujukan khususnya bagi ibu hamil (bumil) dan bagi para pembaca lainnya sebagai tambahan pengetahuan. Ane membaca sebuah buku mengenai kehamilan yang berjudul H2O (hamil harus oke) di dalamnya ada beberapa mitos mengenai kehamilan salah satunya dibahas mengenai mengkonsumsi buah nanas muda. Benar ga sih?

Pada 3 bulan awal kehamilan atau biasa kita sebut trimester, para ibu yang sedang hamil muda biasanya mengalami yang namanya morning sickness. Dalam keadaan seperti ini, para ibu hamil pada umumnya menyukai makanan yang rasanya asam, bahkan terkadang rasanya sangat asam sekali. Beberapa buah-buahan yang rasanya asam pun selalu menjadi pilihan ibu-ibu yang sedang hamil ini, salah satunya adalah buah nanas. Tapi pernah mungkin sebagian dari kita mendengar bahwa buah nanas bisa menggugurkan kandungan ibu hamil tersebut sehingga para ibu hamil merasa ragu untuk mengkonsumi buah nanas tersebut.

Mengkonsumsi Buah Nanas Muda Bagi Ibu Hamil, Mitos Atau Benar Berbahaya?
Buah nanas memang bukan buah yang dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil. Jika buah nanas tersebut terlalu asam, maka akan meningkatkan asam lambung apalagi dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah yang sangat banyak maka akan mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh kita. Maka tak heran sebetulnya jika ibu yang sedang hamil mengalami mual yang semakin banyak akibat dari mengkonsumsi makanan yang rasanya asam.

Kalau sudah terjadi muntah secara terus menerus maka biasanya akan terjadi kelelahan yang luar biasa, dan mempengaruhi kondisi janin yang ada dalam perut ibu hamil tersebut. Maka tidak heran jika kondisi janin menjadi lemah. Terbayang mungkin oleh kita para pembaca sekalian bagaimana kondisi janin yang memang belum kuat pada 3 bulan pertama kehamilan, ditambah dengan kondisi sang ibu yang lemah. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh nanas muda yang terlalu asam dan terlalu banyak juga.

Buah nanas memang kaya dengan kandungan vitamin
Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, serat dan masih banyak zat lainnya yang berguna bagi tubuh. Dengan kayanya zat yang terkandung di dalam buah nanas tersebut, sebetulnya tidak dilarang bagi ibu hamil untuk mengkonsumsinya. Yang harus jadi perhatian adalah kuantitas dari buah nanas yang dimakan oleh ibu hamil tersebut jika terlalu banyak akan bisa berefek pada sistem pencernaannya, seperti yang sudah ane jelaskan pada awal postingan ini.

Buah nanas ini bisa juga digunakan untuk ibu hamil yang mengalami sembelit. Buah nanas dengan serat yang sangat banyak sekali dapat membantu melancarkan saluran pencernaan, tapi jangan dijadikan alasan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah nanas terus menerus karena banyaknya serat di dalamnya. Masih banyak buah-buahan lain yang memiliki kandungan serat yang banyak dan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ibu hamil yang sering mengalami gangguan kesehatan pada mulutnya berupa gusi berdarah, sariawana dsb, dapat memanfaatkan kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah nanas. Tapi sekali lagi ane tekankan, vitamin C bukan hanya ada di dalam buah nanas saja, masih banyak buah-buahan lain untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang memiliki kandungan vitamin C.

Nah itulah postingan mengenai mengkonsumsi buah nanas bagi ibu hamil. Mengenai apakah ini mitos atau memang berbahaya bagi ibu hamil, silahkan pembaca sendiri mengambil kesimpulan dari artikel ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita. Terima Kasih.

Referensi Bacaan : dr. Rosa Amanda Salim. 2013. H2O (Hamil Harus Oke). Pohon Cahaya. Yogyakarta.
Sumber Website : Disini
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8.5K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan