Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

edogawafemaleAvatar border
TS
edogawafemale
Andai Papa Tau..
sama seperti yang lainnya.. mau cerita tapi ga tau cerita sama siapa. Ane bukan tipikal orang yang sedikit" cerita masalah pribadi ke orang tua nya. Terkadang ane iri dan pengen punya ortu yang bisa diajak berbagi cerita, memotivasi dan mendukung apa yang si anak inginkan selagi itu positif. Tapi ortu ane ga bisa kaya gitu. mungkin karna ane udah biasa menyimpan semuanya sendiri dari ane kecil.

Dr ane kecil sampe ane SMA, ortu ane kerja sebagai PNS DKI. Tau lah, brangkat sebelum ane brangkat sekolah dan pulang udah gelap. Ane drumah sama kaka yang sering brantem sama ane dan juga pramu wisma. Kalo ada pr/ulangan juga ane kerjain sendiri, ga ada yang ngajarin belajar ane. Ga kaya anak sekarang, kaya keponakan ane, ada ane yang ngajarin mereka.

Yaaa.. dari dulu sampai sekarang ane ga pernah cerita, apakah ada masalah di pelajaran/kuliah/pekerjaan. Ortu ane juga ga pernah nanya, mungkin dsangkanya baik" aja. yaa mungkin karna ane membawa hasil yang baik. Dulu ane pernah bawa pulang tropy peringkat pertama tryout PRI****MA se Jabodetabek tapi reaksinya biasa aja, ga ada kalimat motivator buat ane, bahkan tropy yang ane taro di meja tamu cuma dliat doang. Waktu ane mau masuk SMA juga ane minta sekolah di tempat bapa ane ngajar tapi apa kata bapa ane, "ngga akh, nanti kalo kamu belet (o'on bahasa kasarnya mah) papa yang malu". yaah begitulaah..

Pas di SMA ane udah kaya ga ada harapan, ane emang masih masuk kelas favorit dan jurusan ipa tapi ane mulai ga dapat peringkat, nilai turun dan pelajaran yang paling menonjol adalah matematika dan fisika, sedangkan paling bodoh ya kimia. Jadi setelah SMA ane mau nya ambil fisika krn ane juga terobsesi jadi astronot. hehe..
Tapi beda sama bapa ane, bapa ane maunya ane lanjut kuliah jurusan kimia.
Yaah alhasil, nilai kimia ane ya segitu-segitu aja. lagi-lagi yang menolong ipk ane ya fisika..

Kalo pas kuliah D3 juga, mana tau ortu ane kalo ane pernah makan sama nasi+kecap+penyedap makan, mana tau mereka kalo ane kerja sambilan sebagai private teacher, mana tau mereka kalo ane pernah difitnah sampai ane harus pindah kost-an.
sebenarnya secara finansial, keluarga ane termasuk sangat berkecukupan. Tapi ya itu, ane ga pernah ngomong, kalo itu sakit ya paling ane nangis aja sendiri.
Ortu ane juga ga tau siapa pacar ane dr dulu. Beberapa kali ane pacaran juga emang ga pernah bawa cowo kerumah kalo ane rasa dia belum srius dan setiap malem minggu pasti ane d rumah. Kalo masalah ini, ortu nanya sih tapi ane selalu bilang, ya tunggu aja sampe ada yang lamar haha..

Dan puncaknya adalah ketika ane sudah perang melawan pelajaran yang ane ga suka itu dan mengibarkan bendera kemenagan a.k.a lulus kuliah.Ortu ane ga dateng di wisuda ane. mereka jalan" ke pulau sumatera padahal mereka tau tanggal segitu pas banget ane ulang tahun juga, ane akan diwisuda. Hancurlah lagi, ane cuma bisa nangis di kamar sejak ane tau mereka udah pesen tiket sampai nama ane dipanggil saat wisuda. Jadi cuma wisuda ane doang, anak terakhir dan perempuan satu"nya yang wisudanya ga dhadiri sama ortu, kaka" ane smua cowo dan ada ortu ane saat diwisuda. Terima kasih atas kado ter"indah"nya ya.. :')
Saat itu ane ga bisa marah sama mereka, masa iya ane mau menghalangi kebahagiaan mereka. Dan ortu ane pun ga tau apa yang ane rasakan.

Skrg ini ane diminta untuk melanjutkan study di S1 dan sedang skripsi. Disini ane juga merasakan perihnya lagi. Bapa ane terkesan merendahkan otak ane ini. Ini yang buat ane ga termotivasi untuk segera menyelesaikan skripsi ane ini. Ane tau kalo sekarang ini banyak skripsian di internet, tapi apa ane harus cari mudahnya dengan membodohi otak sendiri?
Bukannya ane sombong atau apa, ane mau usaha sendiri dulu. Tapi bapa ane malah bilang, "alah sekarang mah gampang ngerjain skripsi, di internet banyak, ga kaya jaman papah dulu harus studi dlu disana sini"
Sekarang ini, ane kuliah sambil buka usaha untuk ongkos kuliah. Usaha ane ini bukan terbilang usaha main" tapi halal, sepeserpun usaha ane ini ga ada uang ortu ane. Ortu ane tau usaha ane ini karna ane sering pergi dan kadang ga pulang sampai berhari - hari atau ane pergi jam 2 pagi dan pulang-pulang beberapa hari kemudian.
yaa.. ane punya usaha dibidang pariwisata. samapi akhirnya, beliau bertanya lagi, udah kelar belum skripsinya. trus ane jawab dengan nada suara biasa aja sambil mengerjakan skripsi ane bilang "belum". Tapi bapa ane pendengarannya sudah berkurang, beliau tanya lagi dan ane jawab dengan nada lebih tinggi sedikit tapi ga denger juga, beliau tanya lagi ya ane jawab yang aga keras tapi dia malah marah". Ane di maki", yaa ane tinggalin aja ane pindah ke kamar. sejak itu ane udah jarang berkomunikasi lagi sama bapa ane, malah cenderung ga pernah komunikasi lagi dengannya.
Bahkan ketika mereka mau umroh beliau ga mempercayai ane untuk bikin passpor. padahal jaman sekarang ini udah serba mudah, bikin paspor bisa online, ya ane bikin lah tu passpor online dan ibu ane udah bayar juga di bank, eh bapa ane masih ngedumel aja, "ngapain online2 kan keimigrasinya langsung bisa trus langsung bisa jadi, bisa langsung diambil". Ya ampun,, emang bikin passpor kaya fotocopy buku doa tujuh bulanan apa yaa. Ane udah jelasin berulang-ulang tapi tetep ga percaya. "Ortu adalah yang paling bener" mungkin itu pasal yang berlaku dalam hidupnya. entahlaah.. w seperti ga disupport ortu sendiri. Orang lain aja percaya dengan pelayanan wisata ane, ini ortu sendiri malah ribet.


sampai sekarang ane dihantui rasa takut akan hilangnya Ridho Allah dari ane, karna Ridho ortu adalah Ridho Allah, sampai sekarang ane seperti orang asing dirumah, ga pernah ngobrol lagi sama bapa ane.
tapi dilain sisi, udah banyak kekecewaan itu di hati ane. kekecewaan yang ga pernah ane ceritain sama siapapun terkecuali Allah. dan kekecewaan itu selalu harus ane singkirkan karna yang ane kecewain adalah ortu ane dan ane ga mau memberatkan mereka dg rasa kecewa itu ketika diakhirat. semoga beliaupun seperti itu.




Spoiler for Note:



Terima kasih sudah membaca unek-unek ane yang berantakan ini, karna bingung mau mulai darimana. jadi ya ikutin yang mengalir di unek-uneknya ane aja deeh..emoticon-Malu (S)emoticon-Hai
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.5K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan