kolosalidAvatar border
TS
kolosalid
Inilah Wanita diBalik Suara Pemanggil di Bioskop 21


MOHON PERHATIAN ANDA PINTU 1 TELAH DIBUKA..........

inilah suara2 yang sering kita denganr klo lagi di biosko tapi tahukah anda siap dibalik suara itu??

Tak banyak yang hapal sosok Maria Oentoe, wanita berperangai lembut yang kini sudah memasuki usia 66 tahun. Tetapi, hampir semua orang Indonesia pasti kenal dengan suaranya. Sebab, Maria adalah seorang voice actress (untuk dubbing dan voice over) yang telah melegenda di Indonesia. Nyaris tak terhitung iklan, film, dan program radio dan TV yang memakai suaranya sejak tahun 1970-an, sekarang pun suaranya tetap didengar sebagai penanda masuk di jaringan bioskop Cinema 21 sejak tahun 1987, yang selalu memanggil penonton untuk masuk ke ruang teater karena pintunya telah dibuka, atau filmnya telah dimulai.

Saat diundang ke kantor Muvila pekan lalu, Maria sukses membuat semua anggota redaksi terpukau lewat suara keibuannya yang legendaris itu. Beliau memang sudah tidak muda lagi, namun suaranya terdengar sangat prima, berat namun bening, seolah-olah tak pernah berubah sejak berdekade-dekade lalu. "Sempat saya ditanya, 'Wah, kok masih sama suaranya seperti dulu.' Ya bagaimana mau dibedain, suaranya memang begini," ujar Maria sembari tertawa.

Sebagai seorang seniman yang mengandalkan suara untuk berkarya, Maria memang mengaku menjaga suaranya, namun tidak ada metode khusus untuk itu. "Saya minum air putih saja, tidak ada yang lain. Tapi kalau jeruk sekali-sekali boleh. Tidak minumm kopi, tidak minum teh. Nggak tahu ya, saya sukanya ya memang air putih saja. Karena itu melegakan tenggorokan," ungkapnya.

Karier Maria yang begitu panjang dimulai dari masa remaja di era 1960-an, ketika ia bergabung di Sanggar Prathivi, sebuah studio yang bergerak di bidang penyiaran. Di sana, Maria dilatih berbagai macam teknik seni suara, mulai dari voice over untuk iklan (radio) dan company profile, hingga sandiwara radio. Ia juga sempat jadi penyiar di radio Sonora dan Antar Nusa di Jakarta. Namun, kegiatan utamanya tetaplah di Prathivi. Lewat Prathivi pula, Maria mendapat kesempatan untuk melebarkan sayap ke dunia TV. Ia terlibat dalam program mimbar agama di TVRI, termasuk berakting dalam fragmen-fragmen cerita di dalamnya.


jadi udah gk penasaran lagi kan gan ?? heheh

____________

Thread kaskus lainnya:

Daftar Toko Online sepatu DISKON BESAR / FLASH SALE (Discount hunter MASUK!!)
Diubah oleh kolosalid 26-01-2016 01:22
0
6.5K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan