rejhaansharyAvatar border
TS
rejhaanshary
WOW..setelah tangan robot..sekarang Tawan mau buat Proyek Pakan Ternak



Setelah membuat tangan "robot", ternyata Tawan sedang melakukan proyek lain...Tak hanya pandai dalam ilmu mekanika atau mesin, ternyata I Wayan Sudarmana mempunyai minat terhadap bidang ilmu biologi. Lagi-lagi ini dipelajarinya secara otodidak demi mencari nafkah.

Bukti bahwa Tawan mempunyai keinginan yang kuat adalah adanya satu buah mikroskop yang dibelinya satu tahun lalu. Bukan untuk gaya-gayaan, tapi tampaknya dia sedang melihat bagian senyawa dari pakan ternak.

"Saya beli mikroskop ini di Denpasar, harganya Rp 2 juta. Saya suka liat virus, bakteri macam-macamlah. Saya sebetulnya lagi coba-coba bikin pakan ternak yang sehat sendiri," katanya, saat ditemui CNNIndonesia.com, di bengkel las sekaligus kediamannya di Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.
Walau tak tahu ilmunya, Tawan mempelajari secara otodidak, kemudian melihat apa hasil eksperimennya memanfaatkan mikroskop.

"Pakan ternak yang saya beli itu mahal, malah kadang membuat ayam saya sakit kena virus. Ini saya lagi coba eksperimen di-fragmentasi, semoga saja berhasil," katanya.

Di bengkel lasnya, Tawan dan keluarganya hidup dikelilingi barang rongsokan yang menyatu dengan kandang ayam. Jumlah ayamnya mencapai puluhan ekor dan dibiarkan berkeliaran bebas.

Kini, setelah dia sering kedatangan tamu akibat ekspose di media, Tawan tak mempunyai waktu lagi untuk mengurusi penelitiannya tersebut.

Sejumlah pesanan las pun terbengkalai lantaran melayani permintaan wawancara media, dosen yang hendak meneliti, sampai melayani tamu yang sekadar mau memotret lengan mekanisnya..

Sumber:cnnindonesia

Quote:
Diubah oleh rejhaanshary 27-01-2016 14:12
0
6.5K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan