Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tembelek69Avatar border
TS
tembelek69
ical mulai stress & linglung
Jakarta - Rapimnas Golkar yang diadakan oleh Aburizal Bakrie juga menghasilkan keputusan soal revisi UU. Ical meminta agar sistem pemilu yang sekarang proporsional terbuka menjadi tertutup.

"Ada secara khusus dibicarakan usulan Partai Golkar, sistem pemilihan umum yang akan datang, dapat diubah dari proporsional terbuka ke proporsional tertutup," kata Ical di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (25/1/2016).

Hal itu disampaikan Ical dalam pidato politiknya saat penutupan Rapimnas. Dalam kesempatan ini, Wapres Jusuf Kalla hadir bersama dengan Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menkum HAM Yasonna Laoly dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Sistem proporsional terbuka berarti pemilih bebas memilih langsung wakil rakyatnya saat Pemilu. Sementara, proporsional tertutup berarti hanya memilih partai.

Kembali ke pidato Ical, dia merasa proporsional tertutup lebih baik bagi bangsa. Itu didapat berdasarkan melihat pengalaman pemilu 2014.

"Partai politik adalah pilar penting demokrasi Indonesia. Tapi partai politik saat ini tak punya satu tempat terhormat dalam penentuan calon yang dipilih untuk perwakilan rakyat baik DPR atau DPRD," ujarnya.

Masih soal Pemilu, Ical juga membanggakan pencapaian Golkar dalam Pilkada. Meski sejumlah kader menyebut prestasi partai beringin di Pilkada jeblok, tidak begitu dengan Ical.

"Saya juga ingin menyampaikan kabar gembira soal pilkada. Golkar sudah jatuh, benar tidak? Dari 260, Golkar menang 130. Tidak jelek jelek amat," ucapnya.

"Ini jasa Pak JK, ubah peraturan KPU sehingga Golkar bisa ikut serta," pungkas Ical. (imk/aws)

https://m.detik.com/news/berita/3126886/ical-minta-sistem-pemilu-diubah-ke-proporsional-tertutup

Baru mo dukung pemerintah aja sok pengin ngatur2 pemilu tertutup.Jd calegnya yg nentuin partai gan,bkn suara terbanyak.Cukup coblos gambar partai,ga da gambar calegnya.Stress kan?Pilkada suara jeblog dianggap kabar gembira...linglung kan...?

ditunggu pembelaannya dr pendukung si MUKA MANGGA ini...
0
3.9K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan