Berdagang, berbisnis, atau berjualan hanya pasrah menunggu datangnya pembeli, kondisi ini sudah pasti tidak baik. Membuka bisnis dan orang lain tidak mengetahui produk atau jasa apa yang di pasarkan, Tentu hal ini berbahaya. Kita mengenal bahasa penawaran dalam bentuk yang beragam yang disebut dengan iklan. Promosi merupakan upaya yang sangat penting untuk melakukan pemasaran atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Tanpa terlepas dari berbagai arti, jelas untuk kemajuan sebuah bisnis yang dibangun sudah pasti produk harus terjual kepada konsumen
Sampling
Spoiler for Sampling:
Quote:
Anda mungkin berpikir bahwa mengirimkan sampel produk dapat memakan biaya yang sangat besar. Saya dulu sempat ngobrol dengan teman saya : “Kalau saya memberikan 1 sampel produk katakanlah Rp 1000/item. Hanya untuk mencapai 1000 orang, saya butuh Rp 1.000.000 dong ? Mendingan biayanya buat bikin iklan di Facebook, dengan budget Rp 1.000.000 udah bisa dapet berapa likes ?”
Tren baru dalam berpromosi saat ini adalah Metode Sampling. Sampling atau memberikan sampel produk kepada calon pelanggan mempunyai benefit yang berbeda dari sekedar iklan, dan keduanya juga dapat digunakan bersama-sama. Facebook Ads dan produk gratisan jika dikombinasikan dapat menjadi Call-to-Action yang powerful. Selain itu, benefit-benefit lain yang patut dipertimbangkan adalah :
Spoiler for Brand Awareness:
1. Meningkatkan Awareness
Quote:
Orang-orang yang belum pernah melihat atau menggunakan merek Anda dapat merasakan experience secara langsung melalui sampel produk Anda. Ketika mereka sudah merasakannya, menyentuhnya, mencium aromanya, melihatnya dan mendengarnya, mereka akan mulai mengerti apa yang Anda jual.
Spoiler for Reciprocity:
2. Menciptakan Perasaan Timbal Balik (Reciprocity)
Quote:
Kebanyakan orang merasa lebih dekat dengan perusahaan yang telah mereka coba sampel produknya. Biasanya muncul timbal balik dari hal tersebut. Jika mereka tidak dapat menggunakan produk Anda, mereka mungkin akan memikirkan orang lain yang cocok menggunakannya. Semua orang menyukai sebuah hadiah. Jadilah lebih dermawan untuk memberikan sesuatu pada mereka.
Spoiler for Feedback and Review:
3. Anda dapat memperoleh feedback dan review
Quote:
Sample dapat membantu Anda untuk mendapatkan masukan dari pelanggan mengenai produk baru Anda dan juga dapat membantu mengisi halaman testimonial Anda. Bersikaplah transparan pada mereka dan beri tahu mereka bahwa Anda menghargai masukan dari mereka. Jika salah satu dari pelanggan Anda adalah blogger, efeknya akan lebih besar lagi. Jika mereka mengulas produk Anda di blog mereka, tentunya produk Anda akan terlihat oleh follower mereka dan akan membantu meningkatkan sales.
Spoiler for Cari Tahu:
4. Anda dapat mencari tahu produk yang paling laku
Quote:
Sampling program adalah cara yang sangat baik untuk mengetest produk baru. Anda dapat terhindar dari kesalahan memutuskan : terlanjur memproduksinya secara massal, atau terlanjur memesan 1 kontainer produk dari China. Memberikan sampel memungkinkan Anda untuk melihat apakah pelanggan menyukai produk Anda, sebelum Anda menyediakannya dalam jumlah besar.
Perlu diingat bahwa Anda perlu menentukan banyaknya jumlah sampel yang dapat menghasilkan kesimpulan yang akurat. Strategi ini dapat mengamankan cash flowAnda. Dengan sampling, Anda dapat membuat best seller dengan resiko yang lebih rendah.
Spoiler for Relationship:
5. Sampel dapat meningkatkan relationship
Quote:
Berikan satu atau dua sampel pada pelanggan Anda sebagai sebuah kejutan, dapat disertakan dengan sebuah catatan bahwa Anda mengharapkan masukan dari mereka. Hal ini tentu akan menyenangkan mereka, sekaligus Anda mendapatkan masukan untuk produk Anda. Atau, Anda dapat mendorong pelanggan untuk berbelanja dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan free sample.
Anda juga dapat menggunakan free product untuk relationship. Misalnya dengan mengirimkan free sample produk sebagai hadiah untuk pelanggan Anda yang merayakan ulang tahun atau anniversary, agar mereka merasa spesial.
Spoiler for Endorsement:
6. Dapat membantu public relation termasuk endorsement
Quote:
Mengirimkan sampel ke editor maupun blogger memungkinkan mereka untuk memberikan review atau penilaian terhadap produk Anda. Selain itu, jangan lupa bahwa banyak event dan expo yang mencari sampel produk untuk menyertakannya dalam goodie bag mereka untuk diberikan kepada pengunjung.
Spoiler for Social Media:
7. Dapat membantu media sosial
Quote:
Anda dapat menambahkan hashtag #giveaway untuk produk Anda dan mengajak user untuk menyebarkan informasinya. Tentunya hal-hal yang gratis akan lebih cepat menyebar, dan Anda dapat juga mengkombinasikannya dengan Facebook Ads untuk hasil yang lebih powerful. Anda juga dapat membuat satu page khusus agar pelanggan Anda untuk mendapatkan info mengenai kesempatan mendapatkan free sample dan melihat update dari produk Anda.
Spoiler for Sales:
8. Dapat meningkatkan penjualan
Quote:
Pernahkah Anda datang ke supermarket atau sebuah acara pameran dan Anda ditawarkan untuk mencoba sebuah produk baru ? Bagaimana perasaan Anda ? Pada umumnya pelanggan yang mencoba sampel produk Anda, akan lebih merasa mempunyai ikatan dan cenderung meresponnya dengan membeli produk Anda. Entah itu mungkin merasa senang dan ingin membalas tindakan Anda yang positif dengan hal yang positif juga, atau mungkin juga karena gengsi. Namun yang jelas, mencoba sampel produk akan memicu reaksi dari mereka atau setidaknya mereka akan menyambut Anda lebih hangat.
Spoiler for Confidence:
9. Membuat pembeli lebih percaya diri
Quote:
Khususnya jika Anda hanya berjualan secara online dan tidak memiliki toko offline, produk sampel akan membantu mereka untuk tahu bagaimana fungsi produk Anda dan bagaimana rasanya memakai produk Anda. Terlebih jika produk Anda lebih mahal dari produk sejenis lainnya, atau jika pelanggan Anda belum pernah mendengar tentang Anda sebelumnya, Anda perlu untuk menghilangkan keraguan yang mungkin mereka alami.
Bagi yang ingin menambahkan silahkan komeng dibawah bagi yang ingin kasih solusi silahkan nanti ane taro pekwan
Akhir Kata Memberikan sampel produk gratis dapat memberikan benefit yang tidak dimiliki oleh metode lain. Namun, memang tidak semua produk dapat dibuat sampelnya, dan efektivitas untuk berbagai jenis produk mungkin berbeda. Tetapi, Anda dapat mempertimbangkan untuk memberikan sampel produk jika memungkinkan. Mungkin pepatah yang cocok untuk menggambarkan situasi ini : perlakukanlah orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Jika Anda memberikan sesuatu yang positif bagi pelanggan, mereka akan cenderung memberikan reaksi yang positif pada kita.
Quote:
Share tempat sampling
Share juga tampat sampling yang menurut mu sangat inovatis dan sangat bekerja, ini akan sangat membantuk untuk para pebisnis baru dan ukm.