komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Tips Memilih Peralatan Snorkeling: Snorkel


Nah, pertimbangan dalam membeli peralatan snorkeling sendiri dibandingkan menyewa tentu saja masalah kenyamanan. Dengan membeli peralatan sendiri, Anda bisa menyesuaikan peralatan yang pas untuk Anda gunakan. Nah, peralatan pertama yang perlu di beli tentunya adalah snorkel itu sendiri.


Snorkel menjadi peralatan paling vital pada saat digunakan untuk beraktivitas snorkeling. Alat ini membantu Anda untuk tetap bisa bernafas meski berada di dalam air. Dan tentunya, Anda juga harus memilih peralatan snorkel yang memungkinkan Anda untuk tetap nyaman dalam berbagai posisi saat snorkeling.


Tipe snorkel

Terdapat empat tipe snorkel yang saat ini biasa dijumpai di pasaran. Empat tipe yang saya maksud tersebut adalah:

Snorkel Klasik

Sesuai dengan namanya, snorkel yang satu ini memiliki bentuk yang sangat klasik. Snorkel ini memiliki selang padat dan dilengkapi mouthpiece. Perangkat ini juga tak dilengkapi dengan tube fleksibel yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur agar bisa bernapas dengan posisi yang lebih aman.


Selain itu, snorkel ini juga tak dilengkapi dengan fitur apapun sebagai tambahan. Tak ada tambahan yang bisa berguna untuk mencegah cipratan air masuk ataupun katup pembersih. Jadi, kalau ada air masuk ke selang, Anda harus membersihkannya secara manual.

Snorkel dengan tube fleksibel dan katup pembersih

Nah, snorkel yang satu ini memiliki fitur lebih banyak dibandingkan snorkel klasik. Sesuai dengan namanya, snorkel yang satu ini memiliki bagian selang yang fleksibel. Bagian fleksibel tersebut memungkinkan penggunanya untuk bisa lebih nyaman dibandingkan snorkel klasik. Pengguna snorkel ini pun bisa memutarnya sehingga sesuai dengan bentuk wajah Anda.


Selain itu, pada bagian bawah snorkel juga terdapat sebuah katup pembersih. Jadi, kalaupun pada saat ada air yang masuk ke dalam selang, Anda tinggal menyemburkannya melalu katup tersebut. Hal ini pun tentunya lebih mudah ketimbang harus menyemburkan air tersebut ke bagian atas selang.

Semi dry snorkel dengan splash guard

Nah, snorkel yang satu ini juga memiliki fitur lebih lengkap lagi dibandingkan snorkel tipe kedua yang saya sebutkan di atas. Snorkel ini telah memiliki splash guard dan biasanya juga telah dilengkapi dengan fleksibel tube serta katup pembersih.


Kegunaan dari tube fleksibel serta katup pembersih sudah Anda ketahui pada paragraf sebelumnya. Lalu apa yang dimaksud dengan splash guard? Fitur yang satu ini sesuai dengan namanya, berguna untuk menghindarkan cipratan air masuk ke dalam selang. Namun splash guard ini tetap tak bisa menjaga air agar tak masuk ke selang pada saat Anda dalam posisi menyelam atau saat tertimpa gelombang air yang cukup besar.

Dry snorkel

Nah yang terakhir menjadi peralatan snorkel yang saya sebutkan dalam artikel sebelumnya. Dry snorkel memang menjadi snorkel dengan fitur yang komplet. Dry snorkel pun memungkinkan Anda untuk bisa menyelam dalam air dengan kondisi snorkel tetap dalam keadaan kering.


Hal yang satu ini bisa dilakukan berkat adanya dry valve yang terdapat pada bagian atas snorkel. Katup tersebut mampu sepenuhnya membendung air agar tidak masuk ke dalam selang. Dengan begitu, setelah menyelam Anda tak perlu lagi repot-repot mengeluarkan air yang ada dalam selang. Sebuah fitur yang memudahkan bukan?



Selain empat tipe snorkel tersebut, Anda juga harus mempertimbangkan faktor lain pada saat memilih peralatan snorkeling.

Mouthpiece


Misalnya, Anda juga harus memilih snorkel dengan mouthpiece yang nyaman. Mouthpiece yang terbuat dari bahan silikon biasanya lebih nyaman dibandingkan plastik. Selain itu, mouthpiece tersebut juga lebih awet. Mouthpiece yang yang bisa dibongkar pasang juga menjadi opsi yang layak. Hal ini akan berguna kalau-kalau mouthpiece snorkel Anda rusak. Dibandingkan membeli snorkel secara utuh, tentunya akan lebih murah dong kalau hanya membeli bagian mouthpiece-nya.

Strap quick release[/B

Fitur yang satu ini akan lebih memudahkan pada saat Anda dalam perjalanan. Dan hal ini akan memudahkan Anda untuk mengatur ruang di dalam tas. Terlebih kalau Anda membawa tas dengan kapasitas yang terbatas.

[B]Hidrodinamis


Memilih snorkel dengan desain hidrodinamis juga memberikan manfaat tersendiri. Terlebih dengan desain yang hidrodinamis, maka beban Anda untuk berenang juga tak terlalu banyak. Jadinya, Anda bisa berenang dalam kondisi yang tak terlalu capek dan bisa bertahan di air lebih lama

Namun yang paling penting harus terus dilakukan pada saat melakukan aktivitas snorkeling adalah masalah keamanan dan kenyamanan. Anda harus tetap menjaga agar tubuh Anda dalam kondisi relaks. Kondisi tubuh yang relaks memudahkan Anda untuk bernapas. Berbeda kalau Anda dalam kondisi yang nervous.

Selain itu, untuk masalah keamanan, Anda juga sebaiknya melakukan aktivitas snorkeling secara berkelompok. Laut mungkin terlihat tenang. Namun Anda tidak tahu seberapa berbahayanya laut yang tenang tersebut. Tentunya tak ingin ada kejadian yang tak mengenakkan bukan. Dan yang terakhir, tentunya Anda juga harus menjaga ekosistem laut, dan jangan sekali-kali melakukan perusakan.

SUMBER
0
5.1K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan