Quote:
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan diminta Presiden Jokowi untuk merealisasikan pembangungan sarana dan prasarana perkeretaapian di Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.
Namun, pembangunan jalur KA di Jawa pun tak luput dari perhatian Jonan.
Mantan Bos PT KAI itu berhasrat menyelesaikan pembangunan double track atau rel ganda jalur KA selatan Jawa pada 2018.
"Lalu lintas KA di selatan Jawa juga akan kita usahakan selesai 2018, sama seperti lintas utara Jawa," ujar Jonan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Senin (18/1/2016).
Pada 2014 lalu, era rel ganda di lintas utara Jawa dimulai. Era itu sekaligus menyudahi era rel tunggal setelah 150 tahun sejak Pemerintah Kolonial Hindia Belanda membangun jalur KA pertama pada 17 Juni 1864.
Saat itu, rel KA Pertama dibangun di Jawa Tengah yaitu jalur KA yang menghubungkan ruas Desa Kemijen - Desa Tanggung, Semarang sejauh 26 Km. Sedangkan jalur KA lintas selatan Jawa sepanjang 400 km lebih melintasi beberapa kotamulai Purwokwerto-Yogyakarta-Solo-Madiun-Surabaya itu akan dibiayai dengan APBN.
Kini, Jonan ingin pula mengakhiri era rel tunggal di lintas selatan Jawa pada 2018.
Sumber
Kalau yang ini memang harus didukung, walau ane lebih mengharapkan jalur Surabaya Kertosono yang digarap double tracknya lebih dulu, mengingat traffik yang begitu padat...
Tapi ada PR besar buat pak Jonan (selain bikin tindakan blunder di dunia penerbangan) yaitu dia harus menghapuskan sertifikasi buat sarana lokomotif, masa pengujian untuk lokomotif harus menguji barangnya satu per satu, padahal sudah jelas tipe dan merk yang sama....