agus.duitpintarAvatar border
TS
agus.duitpintar
Gaji UMR? Jangan Sedih Gan, Bisa kok Jalan2 Ke Luar Negeri!

Liburan itu hak semua orang. Bahkan orang bergaji minimum alias UMR juga berhak pelesir gak hanya di Indonesia, tapi juga liburan keliling dunia.

Mana mungkin orang dengan gaji UMR bisa keliling dunia? Tamasya ke kota sebelah saja mesti mikirin bujet.
Eits, jangan pesimistis dulu gan! Tentunya piknik ke luar kota ala pekerja bergaji UMR berbeda dengan mereka yang penghasilannya dua digit ke atas.

Untuk bisa bersenang-senang di Bali, Lombok, Raja Ampat, atau bahkan Pantai Phuket di Thailand atau bahkan liburan keliling dunia, pekerja dengan gaji UMR perlu berstrategi. Ini di antaranya:



1. Tetapkan target

Spoiler for target:


2. Bikin bujet

Spoiler for bujet:


3. Rencana nabung

Spoiler for nabung:


4. Ajak teman

Spoiler for temen:


Jadi, yang harus dilakukan pertama-tama adalah menetapkan simulasi biaya dan tabungan. Kalau kira-kira sudah pas, langsung saja pesan tiket pesawat dan penginapan.

Jika pesan secara online, semakin lama tanggal pemesanan dari tanggal keberangkatan, harganya biasanya lebih murah. Misalnya mau berangkat tahun depan, pesannya bisa awal tahun ini.

Kalau pesan secara mendadak atau mepet, harganya bisa lebih mahal. Apalagi kalau saat musim liburan alias peak season.

Yang juga penting untuk diperhatikan adalah kedisiplinan. Bujet yang udah dirancang gak bernilai kalau gak ditaati.

Kalau udah netapin sebulan nabung Rp 200 ribu, misalnya, ya terus nabung segitu. Jangan bolong-bolong nabungnya.

Bahkan akan lebih baik jika bisa nabung lebih gede daripada yang telah ditetapkan. Contohnya bulan ini nabung Rp 200 ribu. Lalu bulan depan nabung Rp 1 juta karena dapat bonus.

Tapi bukan berarti bulan-bulan berikutnya gak nabung karena udah dipenuhi dari duit Rp 1 juta itu. Justru nabung harus tetep rutin biar anggaran buat liburan di lokasi bisa lebih gede.

Ingat, berapa pun gaji seseorang, liburan bisa dilakukan asalkan memakai strategi. Mungkin awalnya gak perlu sampai ke luar negeri.


Di Indonesia juga banyak kok tempat-tempat yang asoy. Kalau gak, usulin aja ke pak bos di kantor buat liburan bersama dibiayai kantor. Bilang saja, liburan bisa bikin produktivitas meningkat, bos! emoticon-Hammer2


Quote:
0
4.7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan