viclabambaAvatar border
TS
viclabamba
The Real Iron Man From Indonesia














sumber: m.tempo.co/read/beritafoto/38267/Tukang-Las-Ini-Buat-Tangan-Robot-untuk-Dirinya/1


penjelasan mengenai penggunaan gerakan tangan robot menggunakan otak
Citizen6, Bali Jika Iron Man atau Tony Stark benar-benar ada dan tinggal di Indonesia, mungkin gelar tersebut lebih tepat disandang oleh I Wayan Sumardana alias Tawan. Pria berusia 31 tahun asal Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Bali ini dijuluki manusia robot oleh warga sekitar. Bukan main-main, Tawan menciptakan tangan robot yang dapat digerakkan dengan otak.
Tawan yang bekerja sebagai tukang les ini suatu kali jatuh sakit dan menderita stroke ringan. Akibatnya, tangan kirinya lumpuh total. Padahal, Tawan merupakan tulang punggung keluarga bagi istri dan tiga anak lelakinya.
Memutar akal, kondisi lumpuh sebelah tidak ia jadikan beban. Meski sempat stres, Tawan kemudian mencari informasi di situs internet untuk merancang alat atau sejenis robot yang dapat membantunya menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh.
Berbekal pengetahuan tentang elektronik yang ia dapat waktu sekolah di STM, Tawan menciptakan berbagai rancangan robot. Beberapa kali rancangannya gagal, namun yang terakhir ia berhasil. Ia menciptakan robot sejenis EEG.
"Alat ini belum sempurna, tapi sudah lumayan membantu. Tanpa alat ini, saya sama sekali tak bisa menggunakan tangan kiri," ujar Tawan seperti dikutip dari Balipost, Senin (18/01/2016).
Hebatnya, robot yang diciptakan oleh Tawan ini bahan bakunya dari barang-barang bekas. Komponen shock sepeda motor maupun perangkat elektronik komputer rongsokan, berhasil ia padukan menjadi tangan robot.
Menurut Tawan, robot ini digerakkan dengan sinyal dari otaknya. Karenanya, saat menggunakan tangan kiri dengan bantuan robot yang ia buat, ia mesti berkonsentrasi penuh. Tawan sempat mendemonstrasikan kemampun robot di tangannya saat mengangkat pelek mobil seberat 10 kg. Saat diangkat dengan tangannya yang normal, terasa berat. Namun saat diangkat dengan tangan kiri, terlihat ia mengangkatnya dengan enteng.
"Tapi karena pakai sinyal otak, energi saya terkuras. Saya harus konsentrasi dan fokus pada benda yang mau diambil atau mengerjakan apa. Kalau tak fokus, susah," imbuh Tawan.
Kini, Tawan yang bekerja di sebuah bengkel di desanya dapat bekerja kembali. Selain mengelas berbagai besi untuk perabot rumah tangga, ia juga melayani panggilan untuk mengelas benda-benda milik tetangganya. (sul)

sumber m.liputan6.com/citizen6/read/2414648/rancang-robot-untuk-tangan-lumpuh-ini-dia-iron-man-dari-bali/


UPDATE FOTO












B: Semoga karena tidak berlisensi dan standar SNI nantinya gak di pretelin ama pemerintah. kaya yg waktu itu bisa rakit TV sendiri emoticon-Hot News

edited:
setelah ane baca beberapa komen baik disini ataupun di dunia maya lainnya.
malah menyarankan pak Tawan ini jangan berkarya di Indo. soalnya nanti terkendala masalah izin, lisensi, uji kelayakan, dll. mending nyari donatur swasta jangan ngandelin pemerintah atau tim terkait di Indo. belajar dari yang sudah2 kan malah ribed. di tutup kaya mobil listrik atau malah di penjara kaya perakit TV.
Mending ke luar negeri aja pasti banyak yg apresiasi ama kreativitas nya.

pendapat agan sista dimari gimana? emoticon-Hot News

emoticon-shakehand
Diubah oleh viclabamba 20-01-2016 06:52
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
7.9K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan