Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aska1234Avatar border
TS
aska1234
Lubang di Google Translate Seret Israel dan Palestina
Lubang di Google Translate Seret Israel dan Palestina

Lubang di Google Translate Seret Israel dan Palestina

Ada keanehan yang dilaporkan seorang pengguna layanan Google Translate versi mobile. Terjemahan kata 'never' yang berarti 'tidak pernah' menimbulkan arti berbeda ketika disambungkan dengan Israel dan Palestina.

Ketika sang pengguna mengetikkan kalimat 'Israel never attack Palestine', terjemahan yang muncul dalam bahasa Indonesia adalah 'Israel tidak pernah menyerang Palestine'. Di sini, kata never diartikan dengan benar.

Namun berbeda ketika di balik, 'Palestine never attack Israel'. Kalimat itu justru diartikan 'Palestine pernah menyerang Israel'. Di sini, kata never diartikan salah. Terjemahan yang benar seharusnya Palestine tidak pernah menyerang Israel.

Apakah dengan begitu Google Translate lebih memihak Israel? Dalam konflik keduanya, Israel dan Palestina saling serang. Tapi dalam terjemahan Google Translate, Israel dikatakan tidak pernah menyerang Palestina.

Setelah diusut, sepertinya kesalahan itu bukan karena Google memihak salah satu pihak, tapi kemungkinan ada bug (celah) di Google Translate. Jika kata sebelumnya mengandung suku kata 'ne' di bagian akhir, maka kata never sepertinya selalu salah diartikan sebagai pernah.

Contohnya ketika diketik kata asal 'Mandarine never attack Israel', terjemahannya adalah Mandarine pernah menyerang Israel. Begitu juga kalimat 'Ramane never attack Israel' diartikan 'Ramane pernah menyerang Israel'.

Kata never sering pula disalahartikan Google Translate jika suku kata terakhir di belakangnya adalah na. Contohnya, kalimat Indiana never attack Israel, terjemahannya adalah Indiana pernah menyerang Israel.

Sumur: http://inet.detik.com/read/2016/01/1...-dan-palestina
0
4.3K
46
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan