gembul.dungdungAvatar border
TS
gembul.dungdung
Supersonic Speed: Apa yang terjadi kalau agan menembus kecepatan suara?
Halo agan2 kaskuser emoticon-Salam Kenal

Gimana kabarnya? Sehat?
Ini trit pertama ane setelah agak lama gak aktif di kaskus.
Oke, langsung aja bro....
emoticon-Ngacir2

Pernah denger istilah supersonic speed? Pernah dong, itu kan pelajaran SMP emoticon-Malu (S). Eh, apa sekarang udah masuk kurikulum SD? Entahlah, kurikulum di Indonesia sepertinya ga pernah konsisten. emoticon-Bingung (S)

Mungkin seperti ini kira2 percakapan dalam otak agan2. emoticon-Cool
Q: Yang kamu ingat dari supersonic speed apa?
A: Kecepatan yang lebih tinggi dari kecepatan suara. Kayaknya ada hubungannya sama efek Doppler. emoticon-Bingung (S)
Q: Emangnya efek Doppler itu apa?
A: Hmm..apa ya...udah agak2 lupa. Pokoknya ada rumus kecepatan sumber sama kecepatan pendengar. emoticon-Bingung
Q: Rumusnya apa?
A: Wah, udah gak inget, dulu ngapalin pas mau ujian aja. emoticon-Hammer (S) emoticon-Ngakak (S)

Mungkin sebagian besar dari kita memahami konsep efek Dopler cuma dari rumus. Padahal ini konsep yang menarik. Pernah nonton balap F1 atau MotoGP di TV? Gimana bunyi kendaraannya pas disorot kamera dari pinggir lintasan? Bunyinya kurang-lebih "wiiiiiiiiuuuuuuuuu...." Bunyi itu juga agan2 dengar ketika lagi di jalan tol, terus ada mobil dari arah berlawanan (di jalan seberang tentunya emoticon-Hammer (S)). Sebelum berpapasan (saat bergerak mendekat) bunyi mobilnya lebih tinggi dibanding setelah berpapasan (bergerak menjauh).

Itulah efek Doppler, bagaimana gerakan sumber bunyi dan gerakan pengamat mempengaruhi frekuensi bunyi yang didengar. Ketika mendekat, frekuensi menjadi lebih tinggi, yang menghasilkan nada tinggi, dan sebaliknya.
emoticon-cystg

Mulustrasinya berikut:

Spoiler for subsonic speed:

Anggap mobil bergerak dan menghasilkan frekuensi yang tetap. Karena sumber bergerak, pengamat yang ada di depan sumber menangkap muka gelombang yang lebih rapat, efeknya frekuensi bunyi menjadi lebih tinggi. Sebaliknya, pengamat di belakang justru merasa frekuensinya lebih rendah (nada lebih rendah).

Oke, terus hubungannya sama supersonikapa?

Bayangkan mobil bergerak dengan kecepatan suara (sekitar 343 m/s atau 1235 km/jam). Sekarang perhatikan mulustrasinya:
Spoiler for sonic speed:

Muka gelombang semakin rapat di sisi depan mobil dan bertumpuk jadi satu. Ketika akhirnya gelombang sampai ke pendengar, terjadi bunyi ledakan, istilahnya sonic boom. Itulah ketika semua muka gelombang datang bersamaan.emoticon-Blue Guy Smile (S)

Supersonic speed artinya kecepatan yang melebihi kecepatan rambat bunyi. Pada kasus ini, muka gelombang yang lama tertinggal dari muka gelombang yang baru karena kalah cepat dari gerakan sumbernya. Ini akan menghasilkan supersonic cones: tumpukan muka gelombang yang membentuk kerucut. Tumpukan muka gelombang ini sama efeknya seperti sonic boom yang sudah dijelaskan di atas, cuma bentuknya aja yang beda. Mulustrasinya berikut:

Spoiler for supersonic speed:


Tumpukan ini memiliki tekanan tinggi sehingga bisa menyebabkan uap air di sekitar sumber jadi mengembun dan membentuk kabut. Ini gambar pesawat yang bergerak dengan supersonic speed:

Spoiler for Pesawat supersonik:


Yang kuat buffer, ini ada videonya, tambahan dari agan ini:
Spoiler for video supersonic jet:


Yang unik adalah, kalo agan cuma belajar rumus, frekuensi Doppler nya jadi gak masuk akal. Ketika kecepatan sumber sama dengan kecepatan suara, frekuensi menjadi tak hingga. Dan kalau supersonic speed, frekuensinya jadi negatif. Nah loh? Coba dibuka lagi catetan sekolah atau kuliahnya, hihi.

Oke, sekian gan. Kalo ada yang mau didiskusikan bisa disampaikan di komen. Kalo ada yang mau nambahin atau ngoreksi, silakan juga, nanti bisa ane taro di pejwan.

Penutup:
Eminem nge-rap dengan "supersonic speed".

Quote:

Lirik di atas dinyanyikan dengan kecepatan 6.5 kata per detik dan lagunya "Rap God" tercatat jadi hit single dengan rekor lirik terpanjang di Guinness World Record 2015.

Sumber: tulisan TS sendiri dengan beberapa ilustrasi dari internet:
sumber gambar 1
sumber gambar 2

Pesan TS:
Kalau terhibur dan merasa trit ini bermanfaat emoticon-Malu (S), TS dengan senang hati menerima cendolemoticon-Blue Guy Cendol (L)
Thanks ya buat agan2 yang udah berkomentar ngasih tanggapan di trit ane. emoticon-Shakehand2
Sekarang udah jadi HT emoticon-Matabelo

Banyak yang nanya ini:
Spoiler for FAQ:

Diskusi & tanya-jawab:
Spoiler for :


Komeng agan2 yang lain:
Spoiler for :


Buat agan2 yang udah tanya dan belum dijawab, sabar ya gan, yang komeng kan banyak bener emoticon-Malu (S) emoticon-Ngacir
Diubah oleh gembul.dungdung 17-01-2016 13:36
0
56.9K
396
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan