mondo999Avatar border
TS
mondo999
Mendinginkan suhu air secara alami
Halo, maap saya bikin thread baru, tapi melihat ini masalah yang penting terutama bagi kita yang tinggal di dataran rendah Indonesia yang panas, mari diskusikan masalah ini!
Biasanya saya rundingan di forum O-fish tapi kok sepertinya uda tutup ya...

Normalnya, suhu air saya selalu 29 - 30 C. Ini bukanlah suhu yang baik untuk ikan! Terutama untuk yang ingin beternak...

Ada beberapa ide yang saya pikirkan:

1. Memanfaatkan gentong tanah liat / kendi
Saya bangga deh dengan ciptaan Indonesia satu ini, bisa mendinginkan air meskipun sederhana begitu, mungkin bisa disambungkan dengan air bersih dari filter sebelum masuk kolam / akuarium?
Apabila di chamber filter kolam disusun rapat dengan bata atau pot tanah liat (bahannya sama dng kendi kan?) apakah bisa membantu?

2. Pakai kipas dan melancarkan sirkulasi udara
Chiller itu mahal, kipas yang dipasang di tembok dan diarahkan ke permukaan air, maupun kipas khusus akuarium bisa dipakai. Dulu pernah pakai kipas akuarium, dari 30C menjadi 27 - 28C! Hebat! Tapi tentu butuh diisi lebih sering.
Kebetulan tempat saya pelihara sirkulasi udaranya buruk jadi pengap...

3. Kaca ditutup
Kaca menahan panas, saya menemukan video di youtube dimana orang membuat sendiri penutup kaca akuarium menggunakan karton dan penutup kaca mobil, Bisa kan digantikan styrofoam dan bubble wrap?
oya ini linknya video

4. Selang / pipa yang dipendam
Siapa ya pernah bilang ke saya, selang / pipa untuk air sebaiknya dibuat yang panjang kemudian disusun berliuk2 di bawah tanah supaya hawa panasnya diserap tanah... Ide yang menarik tapi saya belum coba

5. Menambah tanaman
Mungkinkah dengan menambah tanaman, baik peneduh maupun tanaman air bisa membantu mendinginkan air? Mengingat hawa dingin dikaitkan dengan jumlah oksigen yang banyak.

6. Digabung aquaponik
Jadi kepikiran juga barusan... Misalnya permukaan air 90% dipenuhi styrofoam dan dimanfaatkan untuk menanam sayuran yang akarnya dibungkus kapas dan dicelup air (pokoknya ala aquaponik deh), dikombinasikan dengan kaca ditutup dan beberapa teknik lain diatas... Mungkinkah selain bisa membuat suhu air turun sekaligus bisa dipanen hasil sayurannya? hehe

Kalau ada ide2 lain, terutama jika sudah berpengalaman, yuk rundingkan!
Salam emoticon-Smilie
0
48.2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan