ot1ngAvatar border
TS
ot1ng
Ajaib! Gurun Pasir di Brasil Jadi Laguna Indah Saat Musim Hujan


Barreirinhas - Brasil punya keajaiban alam yang jadi primadona wisatawan. Ada gurun pasir yang berubah menjadi laguna indah saat musim hujan.

Gurun pasir ajaib nan indah ini bisa traveler temui di Negara Bagian Maranhao, Brasil. Tepatnya di dalam kawasan Taman Nasional Lencois Maranhenses, yang terletak di sebelah timur Teluk Baia Sao Jose. Gurun pasir ini menyimpan fenomena alam yang sangat menarik untuk traveler saksikan.




Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Rabu (13/1/2016), setiap musim hujan, Gurun Pasir Taman Nasional Lencois Maranhenses berubah menjadi laguna indah dengan air berwarna biru, hingga hijau toska. Ceruk-ceruk lembah gurun yang tadinya gersang pun berubah menjadi kolam pemandian alami yang airnya sangat segar. Turis bisa berlama-lama berenang sambil berjemur di laguna ini.

Meski wujudnya adalah sebuah gurun pasir, tetapi kawasan taman nasional ini punya curah hujan yang lumayan tinggi sepanjang tahun. Selama musim hujan, gurun pasir berwarna putih tersebut dibanjiri sekitar 47 cm kubik air hujan. Pantas jika beberapa lembahnya berubah menjadi laguna dan kolam-kolam berair jernih.



Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah sekitar bulan Juli hingga bulan September. Saat itu, kolam alaminya bisa mencapai kedalaman sekitar 3 meter. Suhu airnya pun cukup hangat untuk berenang, sekitar 30 derajat celcius.

Sesuai dengan musim, saat sudah kembali ke kemarau, danau-danau cantik ini akan lenyap seketika. Gurun pasir ini akan kembali menjadi gurun pasir biasa dengan pemandangan pasir putih menghampar sejauh mata memandang. Tetapi saat musim hujan, gurun ini akan berubah menjadi laguna lagi, begitu siklusnya setiap tahun.

Destinasi ini wajib traveler masukkan ke dalam daftar destinasi impian yang harus dikunjungi suatu saat nanti di Brasil. Kapan lagi bisa berenang di laguna indah tetapi di sebuah gurun pasir.



Cara ke sana:

Kota terdekat dengan lokasi taman nasional Lencois Maranhenses adalah Barreirinhas. Untuk menuju ke lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Kota Fortaleza, menuju Kota Sao Luis, ibukota negara bagian Maranhao selama 1 Jam 20 menit. Selanjutnya dari Kota Sao Luis, disambung dengan menggunakan bus menuju ke Kota Barreinhas selama kurang lebih 3-4 jam.

Karena destinasi ini adalah kawasan taman nasional, maka turis yang ingin datang wajib mengurus izin terlebih dahulu kepada pihak yang berwajib. Jangan lupa, jalanan menuju ke sini hanya bisa dilalui oleh mobil offroad. Pasti seru sekali berkunjung ke sini suatu saat nanti!

0
4.9K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan