eqepeAvatar border
TS
eqepe
Ahok: Beberapa Wali Kota Payah, Kerjanya Cuma Ngeles
JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mengevaluasi kinerja lurah, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga mengaku diam-diam mengevaluasi kinerja wali kota.

Menurut Basuki, tidak semua wali kota berkinerja baik. Meskipun pada perombakan massal, Jumat (8/1/2016) lalu, tak satupun wali kota yang dirombak maupun dijadikan staf.

"Wali kota juga enggak bagus-bagus banget kerjanya. Ada beberapa wali kota yang payah, kerjanya cuma ngeles gitu lho," kata Basuki, di Balai Kota, Senin (12/1/2016).

Tak hanya wali kota, ada camat yang juga berkinerja tidak baik. Basuki pun memberi contoh sebuah kasus.

Di dalam salah satu kecamatan, ada sebanyak tujuh kelurahan. Dua kelurahan itu lingkungannya bersih. Namun kelurahan lainnya, lingkungannya tidak bersih.

Seharusnya, lanjut dia, camat bisa membedakan mana saja kelurahannya yang termasuk bersih dan kotor.

"Kalau camatnya mau kerja, ya panggil saja lurahnya. Terus ditanyain, 'lo masih mau jadi enggak?'. Tapi susah juga, karena masih banyak (camat) yang belain (lurah) melulu," kata Basuki.

Basuki memberi kewenangan kepada wali kota maupun camat untuk memutasi lurah dan anak-anak buahnya. Ketika ada lurah yang berkinerja tidak baik, seharusnya lurah itu sudah bisa dipecat. Namun justru dipindah ke pemerintah kota lain.

"Mungkin ada setoran atau hubungan pribadi, saya enggak tahu. Padahal kalau karakter (pegawai) malas ya malas saja, (pegawai) yang malas-malas itu mah mesti dipecat," kata Basuki.

Sehingga, ia menegaskan bakal memecat camat yang kebersihan tiap kelurahannya tidak merata. Jika wilayahnya masih tidak baik, Basuki menengarai wali kota berupaya melindungi bawahannya.

"Wali kota saya anggap menyembunyikan ada sesuatu, ya sudah saya pecat wali kota-nya. Makin ke sini, makin enggak ada pilihan. Pecat pecat pecat saja sudah," kata Basuki.



... http://kom.ps/AFuYkL
0
1.5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan