em.shoesstoreAvatar border
TS
em.shoesstore
"MENCONTEKLAH" DARI ORANG JAWA
Selamat siang sobat kaskus. Ini adalah thread saya yang pertama, maklumlah ini id baru saya gan. emoticon-Big Grin (gak penting juga sih). Mungkin apa yang saya post ada sebagian dari reader udah tau, tapi yakin masih inget? Yakin udah "mencontek"? Yaps, postingan ini membahas alasan kenapa perantau Jawa selalu diterima dimana pun
(Bukannya memilah 'bulu yang halus', tapi saya pikir yang bagus harus kita 'contek' sikapnya)
emoticon-2 Jempol
Orang Jawa nggak kalah untuk urusan yang disebut dengan “perantauan”. Lihat aja deh, dimana aja kamu berkunjung hampir selalu ketemu sama orang Jawa kan? Bisa dibilang mulai dari Sabang sampai Merauke yang berjajar begitu banyak pulau itu.

Ada orang yang ikut ke domisili pasangan, cari ilmu buat bekal masa depan atau bekerja untuk menyambung hidup. Coba deh kamu perhatikan, dimana pun itu, orang Jawa pasti selalu bisa membaur dengan warga di daerah yang mereka kunjungi.

Karena para warga pun menyambut baik kedatangan para perantau-perantau dari Jawa ini.
Jadi mereka akan diterima dengan tangan terbuka. Kenapa seperti itu? Coba kita lihat alasan kenapa orang Jawa itu bisa mudah untuk diterima secara langsung di tempat yang baru.

1. Sopan

Sopan santun atau tata krama dan ajaran Jawa itu sulit untuk dipisahkan, sehingga orang Jawa pun akan memiliki ajaran itu. Tata krama yang baik sudah diajarkan sejak kecil, seperti cara untuk bicara sama orang yang lebih tua, sepantaran atau yang lebih kecil.
Contoh yang paling sering dilihat ya ketika mereka jalan di depan banyak orang, mereka secara refleksakan sedikit membungkukkan badannya sambil bilang permisi.
Itu yang biasanya disukai orang dari suku lain. Cara orang Jawa untuk tetap menjunjung rasa hormat terhadap orang lain.

2. Lemah Lembut dan Suka Mengalah

Ciri khas orang Jawa yang udah terkenal banget ni ya tentang cara bicaranya. Benar-benar kalem dan lemah lembut, dengan sekali dengar orang sudah pasti bisa nebak kalau kamu asli dari Jawa. Mungkin ini salah satu sifat yang bisa membuat mereka menjadi luluh.

3. Suka membaur

Orang Jawa itu jago kalau diminta untuk bersosialisasi di lingkungan baru, mereka bisa menempatkan dirinya dengan baik. Kalau kata orang Jawa sih “guyub”, jadi bisa rukun sama semua orang.
Di tanah kelahiran sendiri aja bisa rukun sama orang banyak, kenapa di perantauan nggak bisa? Biasanya sih mereka suka sok kenal gitu sama orang baru, tapi itulah yang menjadi andalan buat cepet akrab sama orang.

4. Suka Menyapa

Jangan salahin orang Jawa kalau mereka memang suka menyapa orang lain, nggak kenal aja disapa kok, inget-inget lagi, kan orang Jawa itu suka sok kenal sama siapa aja. Hahaha. Mereka suka banget nyapa orang duluan.

5. Gotong royong

Mestinya bukan hanya orang Jawa saja sih, tapi ini salah satu ciri khas lain yang dimiliki warga Jawa. Saling membantu dengan sesama itu sudah diajarkan sejak dini.
Orang tua selalu mengajarkan untuk membantu orang lain siapa pun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

6. Pemalu dan Sungkan

Sebagian orang jawa itu pendiam, mungkin ini karena mereka terbawa dengan sifatnya yang kalem dan sopan, jadi membuat orang Jawa yang satu ini jadi pemalu dan sungkan.

7. Wajahnya Cantik dan Rupawan

Kalau ngomongin fisik sih orang Jawa juga nggak kalah. Dengan kelembutan tutur bahasa dan sopan santunnya itu, orang Jawa juga mempunyai paras yang cantik dan rupawan. Sehingga lengkap sudah jika dipilih untuk calon gebetan atau menantu. Grrrr haha emoticon-Big Grin

Itu aja gan, semoga lebih mengenal orang jawa yah. See you next post

Thanks
0
10.5K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan