Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mesashetraAvatar border
TS
mesashetra
Akhirnya Maskot Asian Games 2018 di Sayembarakan khusus, gan!


(5/1/2016)

Beberapa minggu setelah diluncurkan, Maskot Asian Games banyak menuai kontra khususnya dari masyarakat yang bergelut di dunia kreatif seperti komentar Faza Ibnu Ubaydillah Salman (populer dengan julukan Faza Meonk) yang menyatakan bahwa pemilihan karakter sudah tepat namun masih di-remake.
Sementara animator sekaligus pendiri studio animasi Main Studio Andi Martin mengatakan, maskot Asian Games 2018 buatan Kemenpora tidak memiliki nilai jual. Padahal, nilai jual ini sangat vital terkait dengan licensing dan merchandising.

"Kalau desainnya tidak bagus, merchandise-nya siapa yang mau beli?" ujarnya saat dihubungi secara terpisah, Jumat (1/1/2016).

sumber: www.kompas.com
Revisi Desain Maskot Asian Games 2018 Disayembarakan Khusus

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menggelar sayembara untuk menentukan desain baru Maskot Asian Games 2018.

"Maskot dan logo baru ini akan menggunakan sistem sayembara untuk mendapatkan rancangan dengan standar internasional," kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (5/1/2016).

Sayembara itu nantinya bersifat terbatas. Peserta yang mendaftar kelak diutamakan sudah memiliki pengalaman desain grafis.

Triawan menyebutkan, peserta diutamakan dari kalangan profesional dengan pengalaman minimal pernah menangani proyek tingkat nasional.

"Jadi tidak semua pihak dapat mengikuti sayembara ini. Peserta atau tim ini harus ada di bawah naungan sebuah badan usaha," kata dia.

Maskot Drawa untuk pentas olahraga empat tahunan tersebut telah diluncurkan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Minggu (27/12/2015). Namun, desain itu dikritik karena terlalu sederhana.

Sikap masyarakat yang tidak puas tersebut kemudian mendorong Kemenpora dan Bekraf untuk segera memperbaiki rancangan maskot dan logo awal.

Revisi Maskot Asian Games 2018 Tuntas dalam Tiga Bulan

JAKARTA, Kompas.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan tim berjanji akan menyelesaikan revisi maskot Asian Games 2018 dalam waktu tiga bulan.

Hal ini diungkap oleh Menpora Imam Nahrawi dalam konferensi pers di media Center Kemenpora, Senayan, Rabu (6/1/2016). Menpora didampingi Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Gatot S Dewa Broto bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan tim.

Menurut Menpora Imam Nahrawi perubahan ini menunjukkan banyaknya support dan dukungan terkait persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games edisi ke-18.

"Meskipun telah di launching logo dan maskot Asian Games kita tetap mendengar dan memberikan harapan kepada masyarakat yang ingin memberikan penyempurnaan dan gagasan baru terkait hal itu, Kemenpora bersyukur karena ada energi luar biasa yang mensupport, mendukung sekaligus menyemangati Kemenpora terkait persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, terima kasih kepada Kabarekraf Triawan Munaf dan jajarannya karena kita semua ingin menjadikan Asian Games sebagai momentum besar memberikan harapan kepada Indonesia dan Asia," kata Menpora membuka jumpa pers.

Menpora menekankan bahwa Asian Games 2018 bukan hanya hajat Kemenpora tetapi hajat Bangsa Indonesia untuk itu kementerian/lembaga terkait salaing mendukung satu sama lainnya. "Terkait logo dan maskot kami sepenuhnya memberikan ruang kepada Barekraf karena ada empat target dalam Asian Games ini yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses ekonomi dari target ini semua kementerian/lembaga punya kepentingan yang sama," kata Menpora.

"Kami dari Badan Ekonomi Kreatif merasa terhormat untuk bisa dilibatkan dan memberikan kontribusi bagi even besar kelas Asia ini, keterbukaan seperti ini memang banyak diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk bekerjasama dan bersinergi dalam projek apapun menjadi lebih baik," kata Triawan menambahkan.

Menurutnya Asian Games adalah event langka dapat dilaksanakan di Indonesia. "Kita harus membuat Asian Games ini semaksimal mungkin baik secara prestasi, penyelenggaraan dan ekonomi harus menjadi manfaat besar bagi bangsa dimulai dari logo dan maskot yang menjadi brand identity system," katanya.

"Kita telah beraudiensi dengan Menpora sehingga ada kesepahaman baik tujuan dan waktu, kita akan membuat kemasan dari Asian Games yang betul-betul maksimal lebih dari sekedar olahraga, revisi logo dan maskot ini diikuti para profesional di bidangnya yakni para desain grafis, semoga bekerjaan kita bersama menjadi persembahan baik untuk bangsa," lanjutnya.

Kabarekraf yang datang bersama timnya juga menyampaikan bahwa timnya (Ketua Asosiasi Desain Grafis Indonesia Zimia, Celcius Strategic Comunication Erwin, Interbrand Nilam, Agency Leo Burnett Henry Manampiring) tidak ikut membuat brand identitas melainkan akan menjadi pembuat TOR atau persyarakat dan panelis yang nantinya menilai, memilih hingga mendapatkan sebuah produk brand identitas yang matang dan benar-benar profesional menjadi kemasan Asian Games 2018.
Diubah oleh mesashetra 06-01-2016 22:38
0
3.5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan