Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chrisceceAvatar border
TS
chriscece
Pengalaman liburan 7 hari 6 malam petama di Bali
Salam kenal dulu Gan, nama ane Cece (cowok gan)... domisili Salatiga Jawa Tengah, ane mau share tentang pengalaman travelling ane di bali seminggu kemarin, bukan buat gaya-gayaan gan, tapi cuma buat sharing aja siapa tau bisa jadi referensi buat agan-agan yang mau liburan ke bali.

Ane baru pertama kali ini ke Bali gan, jadi masih buta banget sama Bali, blom tau apa-apa, jadi mohon maaf ni kalo kurang lengkap. Cekidot ya gan...

Ane berangkat ke bali, setelah browsing2 akhirnya ane milih pakai pesawat gan, yang paling murah saat ini 525rb berangkat pagi dari Jogja, ane milih pesawat soalnya kalo diitung-itung lebih ngirit duit dan tenaga daripada bis gan, bis 300rb tapi 24 jam perjalanan belom macetnya. Nyampe Bali jam 11 wita. Langsung cus ke hotel, ane booking hotel via situs jalan2 online, dapet murah gan. 110rb dapet kamar nyaman ber ac, air hangat, dan breakfast.

Day 1 :
ane nginep di daerah tuban deket bandara, deket kuta. Di hotel ane bisa sewa motor, 50rb/24 jam. Dapet helm juga tapi helmnya gak standart gan, jadi ane beli helm sendiri deh biar aman, soalnya banyak oprasian. Hari pertama ane muter2 Kuta, disana suasananya asik banget gan, banyak cafe2 sepanjang jalan, bule disana sini, serasa di luar negri aja. Pantainya sih menurut ane standar gan, Cuma emang suasanya aja yang asik rame gitu. Kuta itu satu deret sama legian dan seminyak. Disana banyak cafe, dan mall yang branded2 gan. Harganya udah pasti ga cocok buat backpacker, tapi buat cuci mata mah oke banget gan.

Day 2 :
ane ke Bali Safari and Marine Park, taman safarinya bali, naik motor dari hotel 1 jam gan, tempatnya luas banget, tiket masuknya 150rb buat turis domestik, 300rb buat turis luar. Disana ane liat banyak hewan2 unik, ikan, dan atraksi hewan kayak orang utan, gajah yang emang dilatih buat pertunjukkan. Bagus gan, ada nilai sosial dalam ceritanya untuk kita sama2 melindungi bumi dan hewan langka. Di taman safari ini agan bisa jalan kaki sepuasnya, kalo capek bisa lanjut naik mobil yang disediakan buat keliling. Kira-kira butuh 3-4 jam deh buat keliling sampe puas, mau lebih lama juga boleh gan.hehehe

Terus ane lanjut ke tanah lot nih, critanya sih biar balik hotel dulu, jadi ane nekad langsung aja. Ternyata jauh gan, capek juga 1 stengah jam naik motor. Tapi sampe sana capeknya ilang, pemandangannya ajib gan, disana paling seru kalau pas sunset, jadi ada pulau kecil gitu dekat pantai yang isinya Pura. Banyak turis luar disana gan yang foto-foto, tempatnya emang top banget nih buat narsis.

Day 3 :
hari ketiga ane pindah hotel gan, ke arah lebih selatan, di jl by pas ngurah rai, soalnya ane mau eksplor daerah selatan. Di utara sebenernya masih banyak tempat keren gan, ada ubud yang terkenal kebudayaan tradisionalnya, bali bird park, bali zoo, danau batur, begudul, tapi ane gak kesana. Di hotel yang ini fasilitasnya lebih mantep gan, dengan 160rb permalam (via situs jalan2 online), ada kolam renang, ac dingin, air hangat, tapi gak pake breakfast. Bisa sewa motor juga 60rb/24 jam. Tips aja gan, ga tau kenapa kalau pesan hotel via situs online lebih murah daripada langsung dateng ke hotelnya. Tapi karena hotel ini letaknya di jalan utama jadinya jalannya rame banget, kalo sore-malem macet gitu. Hari ketiga ane banyak istirahat dan nikmatin fasilitas hotel aja gan.

Malemnya ane nyoba ke pantai jimbaran yang terkenal sama tempat makan sea foodnya, bener aja gan, Cuma 10 menit dari hotel, ane nyampe sana. Ada banyak banget restaurant, tinggal pilih. Suasanya ajib gan, makan dipinggir pantai pas sunset, ada suara2 ombak gitu, romantis.hahaha. pas liat menunya pertama agak ngeri juga gan, lobster gitu seporsinya 650rb, buat backpacker enggak banget kan gan, akhirnya ane milih paket aja, 150rb/paket/orang. Isinya nasi satu ceting (boleh nambah sepuasnya), sambel 3 macem, 2 ekor udang ukuran sedang, 3 sate cumi, 3 kerang simping, stengah kilo kakap bakar, minumnya jus. Mantep banget gan, dengan harga itu gak mengecewakan deh. Biarpun awalnya mikir2, 150rb buat sekali makan doang, tapi akhirnya gak kecewa, malah ketagihan. Recomendeed banget deh! Disekitar pantai juga ada yang jual jagung bakar, 10rb/jagung.

Day 4 :
ane ke nusa dua, ini nih tempatnya resort/hotel bintang 5 yang harganya jutaan permalamnya. Tempatnya wih, mewah dan bersih gan. Kayak kompleks perumahan elit gitu, resort berjejer-jejer, pantainya juga bersih banget. Soalnya itu pantai privat khusus yang nginep di situ gan. Jadi gak sembarang orang bisa mainan di pantai, ane sih Cuma liat2 aja, lumayan pemandangannya mantep. Disini juga ada teater pertunjukan, yang nampilin show kelas dunia.

Dari nusa dua ane lanjut ke tanjung benoa, Cuma 5 menit kok gan, deket banget. Disini nih tempatnya buat watersport lovers. Ada snorkeling, diving, wisata ke pulau penyu, sea walker dan banyak lagi. Tips nih gan, tiap agan masuk sana agan pasti ditawarin buat mainan ini itu, tarifnya lumayan, dari 400-1jutaan sekali main. Tapi itu ternyata tarif buat wisatawan asing gan, jadi agan harus pinter2 nawar juga, contohnya ane nyoba ke pulau penyu naik fastboat, kalo pricelist sih sampe 800rb/PP. Tapi dengan nego tawar2an bisa dapet 350rb/PP/boat dengan kapasitas maksimal 10 orang. Jadi 350rb itu bisa buat 10 orang gan, kalo patungan lumayan murah kan ya. Di pulau penyu ane bayar 20rb buat masuk ke sana, tempatnya sih gak besar gan, Cuma disana kita bisa liat penangkaran penyu dari yang masih bayi sampe udah 100 taunan. Disana juga ada satwa lain kayak ular, iguana, elang, jadi bisa foto2 gitu deh. Disini ada banyak banget waterspot, kalo agan minat dan punya duit tentunya bisa cobain deh satu2, yang penting agan harus pinter nawar kalo mau lebih murah.

Dari situ ane balik hotel istirahat gan, capek juga panas2an seharian. Malemnya ane Cuma keliling mall aja daerah kuta, sunset road, seminyak, legian. Mallnya sih gak wah banget, Cuma konsepnya unik dan branded2 barangnya.

Day 5 :
ane keliling dari pantai ke pantai nih, tujuan pertama ke pantai pandawa sekitar 20 menit naik motor, pantainya lumayan, tapi yang mengagumkan itu jalan ke sananya dan pemandangan alam sekitar pantai gan, jadi perbukitan gitu yang dibelah dan bebatuannya diukir dibuat patung besar2 banget, karya manusianya wah banget gan. Di pantai ini agan bisa poto2 dan main wahana air kayak banana boat, kano.
Dari situ ane lanjut ke padang-padang beach, 20 menit juga dari pandawa. Disini pantainya ajib gan, gak besar Cuma bersih banget. Isinya bule2 surving, pantainya juga unik ada tebing-tebing sekitarnya, ombaknya gede. Ane gak liat orang lokal disini gan, isinya bule semua. Menurut ane ini pantai yang paling bagus. Unik juga, jadi dari pinggir jalan raya kita harus nurunin sekitar 100san tangga buat nyampe pantai, turunnya mah biasa gan, naik baliknya itu, lemes deh.

Lanjut lagi ke blue point, ini nih pernah dijadiin tempat syuting film hollywood. Tempatnya ajiiib, kita diatas tebing liat laut biru dibawah, ombaknya gede. Ini juga sama, kita kudu nurunin banyak tangga buat ke pantainya. Disini juga isinya bule-bule gan, surving karena emang cocok banget buat surving.
Lalu perjalanan ane lanjut ke uluwatu temple, sebenernya dari blue point bisa lewat jalan pintas, tapi waktu itu lagi dibenerin jembatannya jadi harus muter deh, 20 menit lagi perjalanannya. Nyampe sana, ane bayar tiket masuk 20rb. Masuk-masuk ada peringatan, hati-hati kacamata, hp, topi, karena banyak monyet yang suka iseng. Ane masuk sana cuek aja gan, tapi ternyata bener, ane lagi asik jalan tau-tau kacamata minus ane disabet sama si monyet, cepet banget gerakannya, ane mau ambil balik susah, untuk dibantuin pawangnya, jadi kacamata ane bisa balik lagi, kalo gak gawat deh. Buat agan2 yang ke sini hati2 ya sama barang bawaannya, soalnya kalo kita minta tolong pawang, perlu ngasih tip terimakasih juga sih buat ditolongin. Tapi kalo lagi apes, ada tuh bule deket ane, hpnya diambil dan dibuang ke laut sama monyetnya, parah dah. Setelah lewatin area monyet baru deh keliatan Puranya, dari sini pemandangan ke lautnya wuuiihh, the best gan! Apalagi pas sunset, sambil nonton tari kecak yang fenomenal, mantap! Nonton tari kecak tiketnya 75rb/orang.

Day 6 :
ke Garuda Wisnu Kencana (GWK), 15 menit dari hotel, tiket masuk 50rb/orang. Tempatnya luas banget gan, ada tempat pertunjukkan namanya Ampitheatre, disitu ada tari bali, barong, garuda, kecak yang nonstop ditampilkan dari jam 10 pagi sampai malam, ada jadwal tiap jam nya, tinggal kita pilih mau nonton yang mana, selain itu disini juga ada patung garuda dan wisnu yang gede banget. Banyak turis lokal yang narsis nih disini gan.

Lanjut ke Bali Trick Art di Sunset Road daerah Seminyak, disini ada banyak banget lukisan 3D yang keren2 banget gan, sangat recomended buat foto2an narsis, enaknya sih rame-rame jadi bisa saling foto, seolah2 agan menyatu sama lukisannya, dan lukisan tampak hidup. Tiket masuknya 100rb/orang.

Day 7 :
istirahat dan balik ke airport. Akhirnya tiba saatnya ane pulang ke kampung halaman gan, melewati 7 hari 6 malam di Bali sungguh berkesan. Tempat wisatanya asik punya, tapi yang paling unik itu budaya Bali dan Hindu yang ga kita temuin di tempat lain, pokoknya Bali banget gan! Arsitektur bangunan dan taman kotanya juga keren, banyak patung-patung raksasa di perempatan jalan besar. Masih banyak tempat keren yang belum sempet ane kunjungin, mungkin kunjungan kedua ane bakal lebih explore tempat anti mainstream. Saran ane, kalau mau explore ke Bali sebaiknya jangan pas weekend atau hari libur gan, soalnya rame n jadi pada mahal.

Demikian share ane, semoga bermanfaat. Kalau dikalkulasi, jalan-jalan ane ini kira2 habis rate 800rb untuk hotel 6 malam, 350rb sewa motor, 1 juta pesawat pp, makan rata2 10-20rb/makan, dan biaya lain2 seperti tiket wisata dan tak terduga. Biaya ini masih bisa banget buat diirit kok gan, sesuaikan sama kantong agan aja. Makasih ya Gan, mohon maaf kalo acak2an bahasanya. emoticon-Big Grin

Pengalaman liburan 7 hari 6 malam petama di Bali laut di uluwatu
Pengalaman liburan 7 hari 6 malam petama di Bali pantai pandawa
Pengalaman liburan 7 hari 6 malam petama di Bali padang padang beach
Pengalaman liburan 7 hari 6 malam petama di Bali nusa dua beach
Pengalaman liburan 7 hari 6 malam petama di Bali pantai kuta
Polling
0 suara
kemana saya berlibur?
1
11.7K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan