jeansobekAvatar border
TS
jeansobek
Sudah siapkah Indonesia Menghadapi "MEA" ? Kompetisi Di Mulai Gan !


Ajang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA 1-1-2016 di Mulai Gan. Namun, Indonesia masih dianggap belum siap menghadapi MEA dari sisi kualitas sumber daya manusia (SDM). Bahkan, di antara negara ASEAN, kualitas (SDM) dan ketenagakerjaan Indonesia masih berada di peringkat bawah.

"Kualitas SDM dan ketenagakerjaan Indonesia menempati peringkat 5. Ini masih kalah jika dibandingkan Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand," ujar peneliti dari Lembaga Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Ekonomi Kamar Dagang dan Industri (LP3E Kadin) Indonesia, Suharyadi, seperti yang di lansir oleh Detik.Com dalam jumpa pers di Menara Kadin, pada Rabu (30/12/2015).

Dia menambahkan, Indonesia memasuki MEA dalam kondisi yang kurang ideal dari sisi SDM. Sayangnya, selama 2015 ini tidak ada yang dilakukan pemerintah dalam menyiapkan SDM untuk menghadapi MEA. Bahkan, pembuatan roadmap untuk menghadapi MEA itu baru dibuat seminggu atau dua minggu yang lalu oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Jadi praktis selama 2015 tidak ada program yang dilakukan pemerintah dalam menyiapkan SDM menghadapi MEA," kata Suharyadi.

Ada sejumlah masalah yang harus dihadapi pemerintah saat ajang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berlaku mulai 1 Januari 2016 nanti. Menurut Suharyadi, peneliti dari Lembaga Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Ekonomi Kamar Dagang dan Industri (LP3E Kadin) Indonesia, masalah itu berkaitan dengan ketenagekerjaan

Masalah Pengangguran yang akan meningkat Gan.


Menurut Suharyadi, ada atau tak ada MEA pemerintah harus mampu menekan laju pengangguran yang cenderung meningkat.

Masalah dengan 8 profesi yang akan dibuka di MEA Gan (free of skill labour).


Saat MEA mulai bergulir akan ada 8 profesi yang akan di buka yaitu insinyur, arsitek, perawat, tenaga survei, tenaga pariwisata, praktisi medis, dokter gigi, dan akuntan. Menurut beliau dibukanya 8 profesi tersebut untuk orang asing berpotensi mendorong peningkatan pengangguran dari kalangan terdidik.

"Dalam MEA nanti dibuka 8 profesi yang terdidik tadi dan mereka bebas masuk ke sini, bisa dibayangkan pengangguran terdidik akan terus meningkat. Kalau ini terjadi, ini akan menjadi warning bagi pemerintah," ujar Suharyadi dalam jumpa pers di Menara Kadin, via Detik.Com pada Rabu (30/12/2015).

Masalah Kerja Potensial yang terkena dampak MEA.


Jika berdaya saing rendah mereka berpotensi menjadi pengangguran dan ini jumlahnya diperkirakan cukup signifikan. Menurut Suharyadi mengatakan dari 12 sektor yang dibuka untuk asing, ada 5 sektor bidang jasa dan 7 sektor bidang produk.

Namun, menurut Suharyadi, pemerintah belum memiliki standar kompetensi tenaga kerja untuk mengisi 12 sektor yang dibuka saat MEA nanti Gan.

"Nah coba lihat di SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) saja dari Kementrian Tenaga Kerja belum memiliki peta kebutuhannya, apa sih yang dibutuhkan standar kompetensi dari sektor-sektor ini, tidak ada kan ? jadi sebenarnya pemerintah itu tidak tahu dimana kekuatan dan apa yang mesti dilakukan," tutur Suharyadi.

Apa yang perlu kita ketahui soal MEA 2016 Gan ?


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Tanggal 1 Januari 2016, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimulai dan perdagangan bebas antara Indonesia dengan negara-negara Asean pun dimulai. Kita bebas dagang ke mana-mana, tapi barang impor juga bebas masuk ke Indonesia. Mampukah Indonesia menghadapinya Gan ? Sumber By Detik Finance

Diubah oleh jeansobek 30-12-2015 19:24
0
4.6K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan