bheka
TS
MOD
bheka
Fakta Menarik tentang Candi Borobodur.


Siapa yang tak tahu dengan Candi Borobudur? Salah satu candi terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan bangunannya serta nilai sejarah yang terdapat pada candi tersebut. Setiap hari, candi Borobudur selalu ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi anda yang belum pernah ke candi Borobudur, tak ada salahnya mengenal lebih jauh dan jika suatu saat ada kesempatan, setidaknya berkunjunglah satu kali seumur hidup anda untuk melihat betapa indahnya bangunan candi Borobudur.


Sebelum berbentuk bangunan megah seperti sekarang, candi Borobudur pada mulanya hanyalah bangunan yang tertimbun oleh tanah dan lahar dingin akibat letusan gunung merapi, terletak ditengah hutan dan penuh semak belukar. Pada saat penjajahan Inggris, tahun 1814 dilakukanlah penyelidikan terkait penemuan benda purbakala oleh gubernur jenderal Sir Thomas Stamford Raffles. Penemuan benda purbkala ini menjadi cikal bakal pemugaran candi Borobudur, karena luasnya wilayah bangunan candi sehingga perlu kerja keras untuk melakukan pemugaran serta pembersihan lahan dari semak serta pohon-pohon yang menghalangi area candi. Proses penggalian dan pemugaran cukup memakan waktu lama, pada tahun 1835 seluruh candi berhasil digali setelah itu pemugaran serta perbaikan terus dilanjutkan oleh pemerintah Indonesia, tahun 1984 seluruh proses akhirnya selesai dilakukan berkat bantuan dari UNESCO.

Quote:



Selain fakta-fakta yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi hal-hal menarik yang terkait candi Borobudur misalnya adanya kepercayaan yang menyebutkan bahwa siapa yang berhasil menyentuh patung yang ada di candi Borobudur maka keinginannya akan terwujud, selain itu pada waktu tertentu di candi Borobudur diadakan acara terutama pada saat acara hari raya besar agama Budha.


Candi Borobudur terletak di kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, propinsi Jawa Tengah. Meski letaknya di Magelang, sebagian besar orang yang berkunjung ke Yogjakarta pasti menyempatkan untuk berkunjung ke candi Borobudur. Selain dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi, untuk bisa sampai ke lokasi dapat juga menggunakan angkutan umum. Apabila anda dari bandara dan ingin menggunakan bus, maka terlebih dahulu harus menuju terminal Giwangan setelah itu dilanjutkan dengan menuju candi Borobudur. Tidak sulit untuk bisa sampai ke lokasi karena jalur transportasi di daerah ini relatif bagus dan mudah dilalui.


Saat ini banyak fasilitas yang sudah tersedia disekitar candi Borobudur untuk memudahkan para wisatawan seperti tempat penginapan atau hotel, restoran, tempat berjualan souvenir, pom bensin, warnet, wartel, transportasi khas berupa andong (kereta kuda), dan museum-museum yang terdapat di area candi Borobudur.

Quote:


Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com(Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
Diubah oleh bheka 30-12-2015 01:03
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
107.4K
480
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan