CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014791494/penderita-cidera-lutut-acl-pcl-dsb-masuk-sini

Penderita Cidera Lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk Sini

Tampilkan isi Thread
Halaman 102 dari 183
Quote:


sudah pasti cedera serius kalo ada bunyi itu.
sakit bakalan hilang. tapi fungsionalitas dari lutut berkurang jauh. lutut agan gak akan bisa lagi berubah gerakan tiba2. harus hati2.
akan hilang dengan sendirinya pada kebanyakan kasus.
beberapa kasus tetap aja akan sakit dan perlu di cek dokter.

kalo udah putus ga akan nyambung lagi untuk ACL ini, mau minum obat keq, diurut keq, fisioterapi sampe mampus keq..

satu2 nya jalan adalah rekonstruksi ACL dengan tendon/ligamen lain.
Quote:


maksud gw gini gan, gw kan blm di vonis langsung sama Dr Taufik kalau kena ACL, disuruh tunggu perkembangan selama 3 minggu, nah beliau blg kalau memang 3 minggu sakitnya hilang, silahkan aktivitas seperti biasa.

feeling gw sih masih 50-50 kena ACL apa gak, masih berfikir klo bisa pulih normal kembali. Tapi mindset gak bs bohong udh kepikiran bt MRI (biar dpt kepastian kena cidera apa).

oiya klo kena ACL gtu lutut langsung bengkak apa gmana gan?
lagi googling jg nih ttg ACL, bt nambah pengetahuan emoticon-Malu (S)
Quote:


gini aja gan..
kalo bener ACL, ga tertutup kemungkinan 3 minggu udah sembuh seperti biasa.
lalu jika agan terlalu percaya diri beraktivitas seperti biasa, eh keseleo lagi karena ga ada ACL, nanti meniscus agan yg hancur.

kalo ACL putus, lutut langsung bengkak kurang dari 24 jam.

jadi intinya gini gan, kalo emang ga mau olahraga high impact lagi dan bisa menjaga gerakan gak tiba2,
ya ga perlu ke dokter dan MRI lagi. kecuali jalan biasa ada gangguan ya.

nah kalo mau olahraga seperti biasa, ya mau ga mau perlu kepastian MRI dan diagnosa dokter.
Quote:

iya sih, klo gak cidera serius harusnya gak selama ini sakitnya...apalagi udh dksh obat nyeri sendi (Celebrex) sama dokter.
utk skrg ini gw istirahat total gan, sampe bener2 tau hasilnya kalau memang sampai cek MRI.

Sebelum cek ke dokter sih pernah main bola, cm jd kiper doang (gak byk gerak) sama berenang.

Kemarin pas kejadian cidera lutut gw memang sakit, tp gak sampe bengkak, itu yg ngebuat gw masih berharap mudah2an gak kena ACL, ya mungkin saraf yg kejepit atau apalah, hehehe (menghibur diri) emoticon-Ngakak (S) tp masalahnya hasil rontgen tulang gw gak kenapa2, itu jg yg bikin mental down emoticon-Cape d... (S)
tp ya who knows, itu cuma asumsi gw aja, lebih ngikut saran dokter aja sih, dan baca2 pengalaman teman2 dsini yg udh pernah cidera ACLemoticon-Cape d... (S)
sepertinya ane juga kena nih ACL, cedera awal pada bagian lutut saat main basket, kaki kiri salah mendarat, lutut kiri serasa lepas, pada saat itu hanya menggunakan pengobatan alternatif dengan cara di urut, kondisi kembali normal dalam 2 minggu, saat itu udah di suruh tukang urut untuk stop main basket minimal 2 bulan, namun karena terlalu bodoh saya pun main basket lagi, pada cedera yang kedua kalinya ini yang sangat parah, saat melakukan sprint, tiba2 lutut kiri yang cedera serasa patah di sertai dengan suara krek, cedera kedua ini yang sangat menyakitkan dibandingkan cedera pertama, kembali saya tidak periksa ke dokter, hanya melakukan pengobatan alternatif saja, setelah cedera itu, lutut kiri kembali normal lagi, bengkak sudah hilang, namun ternyata lutut kiri saya dengan mudahnya lepas sendiri dari engselnya namun kembali lagi, pada saat lepas itu sakitnya lumayan. kejadian ini selalu berulang, bahkan pada saat sholat, jongkok, atau salah melangkah saja bisa membuat lutut saya terlepas sendiri. karena udah terbiasa, jadi sakitnya di rasakan saja. akhirnya saya mutuskan untuk berhenti bermain basket dan beralih kedunia fitness, dengan harapan saat bermain kaki, kaki bisa kuat lagi, namun saat itu saya kembali lagi cedera, kemungkinan karena tehnik latihan yang salah, skrng udah tepat 8 tahun saya menderita cedera ini, skrng saya masih menekuni dunia fitness, dan beberapa bulan terakhir ini saya aktif bermain kaki dengan porsi latihan lengkap, yang saya rasakan saat ini lutut sudah tidak ngilu lagi saat latihan, terus saya juga aktif bermain airsoftgun yang apabila bermain selalu berlari-lari terutama di hutan, selama saya aktif bermain kaki, perubahan yang besar yang terjadi peningkatan massa otot di bagian kaki, dan kejadian lutut lepas saat berlari atau berjalan sudah tidak terjadi lagi. analisa saya mungkin ini karena peningkatan kekuatan kaki akibat latihan kaki yang saya lakukan. sampai saat ini saya belum pernah periksa ke dokter
Quote:

Tambahan jg gan, setrlah 8thn, kemungkinan secara fisiologis agan udah bisa melakukan gerakan secara tidak tiba2 dengan otomatis, jadi nya aman sentosa. Otot kaki yg kuat jelas sangat menolong mengurangi beban di lutut juga. Tp saya ga yakin agan bisa maen basket lagi.. Hehe
Misi sepuh-sepuh dan agan-agan dimari

Baru nemu nih thread, ada video-video senamnya, boleh juga

Mau share pengalaman cedera lutut, gatau ACL atau PCL atau lain sebagainya. moga gak OOT

Jadi ceritanya gini, 2 tahun lalu semasa ane menjadi mahasiswa yg kondisi badan masih atletis emoticon-Malu (S) ane ikut kejuaraan futsal di kampus

Terus tim ane ketemu tim yang terkenal kuat, jago lah pokonya

kebetulan pagi itu ane jg kurang fit, rada ngantuk maklum ada deadline tugas malemnya. apa boleh buat karena jarang-jarang bertanding ane tetep ladenin

Karena kenceng maennya, pas ngejar lawan tau-tau kaya ngerasa bunyi pletek di lutut kanan, ane mikirnya di lutut itu dua tulang beraduemoticon-Hammer (S)
abis itu gak kuat berdiri ane, kaki kanan nyentuh tanah aja sakit, ke pinggir lapangan ga sanggup, akhirnya digendong rekan-rekan ke pinggir (manja banget yeemoticon-Ngakak (S) )

kelar pertandingan dengkul ane bengkak, ditekuk susah, padahal udah dikasih berbagai salep dan beberapa jenis balsem

ane pulang ke kos dianter pake motor, itu jg pas turun motor perlu perjuangan, dan ane masih harus rel dan jalan margonda yang para pengendara motornya remnya pada susah dipake (emang semuanya pada gitu ye)

pas nyebrang maklum lah ane jalannya lambat, ada motor hampir nyerempet ane emoticon-Bata (S), gerak mendadak dengkul gue nyeri lagi. Diem lah gue di trotoar tengah jalan sebangsa 10 menitan. Udah mendingan ane lanjut nyebrang lg kali ini mulus krna lg banyak mobil yg muter

dengkul gak kunjung membaik ane telpon emak ane buat jemput dan dijemputlah sama bokap pas abis maghrib abis itu dibawa ke RS Mitra Cibubur yang deket rumah. diperiksa dokternya, ditekuk-tekuk dan digerak-gerakin sama ditanyain sakit ga, mayoritas ya jawabnya sakit

abis itu dirontgen dah buat ngecek ada tulang yg retak ga sekitar sendi, ternyata gak ada. Buat mastiin dokternya ngajurin MRI, tp buat MRI harus janjian dulu. Dokternya jg ngasih obat pengurang rasa sakit sama pengurang bengkak klo ga salah. Ternyata MRI disono 2,8 jt cuy, emak ane rada ogah-ogahan dan ane sebagai mahasiswa jg doku pas-pasan. Akhirnya gak pernah MRI dah seumur-umur. Diurut jg sama bokap ane doang

sebulan, setelah cedera ntu sering banget lutut kanan kepelintir, terutama pas turun tangga. Dibebet pake knee support lumayan tp msh bisa kepelintir jg. kepelintirnya sakitnya lebih ngeselin daripada engkel

dan sampe sekarang, dua tahun berselang, lutut ane masih lemah. ane udah biasa turun tangga pelan-pelan. Kalo mau lari harus bener-bener lurus. Kalo belok-belok alamat kepelintir dah. Ditambah bobot badan ane yang juga semakin berat, kayanya lutut jg makin terbebani

kan sekarang ane udah kerja, bisa lah buat bayar MRI mah. Tapi pertanyaan ane, udah berselang 2 tahun gini masih bisa sembuh gak kalo dioperasi? ngga 100% kaya awal sih, tp seenggaknya bisalah lari dengan bebas dan futsal-futsal ceria alias santai. Ane ga betah fitness, bosen. pengen olahraga yg permainan

mohon share kalo ada pengalaman operasi lutut setelah sekian lama cedera

*baca-baca page belakang ada yg menicusnya ancur karena lama ga ditangani. surem nih lutut ane emoticon-Takut (S)
Diubah oleh measured
Quote:


betul gan. kalo kepelintir terus abis meniskus ente. dan juga karena udah lama ga ditangani, dijamin paha nya gede sebelah. otomatis recovery jadi lebih sulit.
Quote:


emang udah pensiun dini om dari basket, skrng olahraga hanya angkat beban dan airsoftgun, tapi yaitu efek yang dirasakan setelah rutin bermain kaki, skrng total angkatan squat udah bisa 100 kg, beban di lutut kerasa ringan, terus lari-lari udah enak, sampai skrng udah jarang, bahkan ga pernah lagi kerasa lutut lepas

ane br slesai operasi ni

misi agan skalian, kan ane uda h+2 pasca operasi. ane mo tny obat yg bagus untuk anti nyeri ny apa aja ya. buat recovery jg bole. soalny ane pke bpjs kekny obatny da d downgrade. sebut merek jg gpp ko, ane ga anggap promosi hehe. tq agan2 😊

AGAN KASKUSER ADA YANG BISA DIMINTA PENDAPAT? TENTANG MENISCUS

Halo Agan, nama saya rifki.

Awalnya saya futsal tanpa pemanasan, dan merasa ada yang tertarik. Setelah futsal saya gabisa jalan, jongkok juga supersakit.
Setelah dua kali diurut kaki saya sudah bisa menekuk dan bengkaknya hilang... namun rasa sakit itu masih ada.
Sekarang betis saya lemas dan gampang pegal serta terasa sering salah kunci di lutut.

Akhirnya saya memberanikan diri ke dokter untuk memeriksa. Saya agak amsiong sih berobat ke tempat yang mahal dan saya disuruh melakukan MRI.

Dari situ terlihat kalau saya terkena MENISCUS GRADE 3.

Apakah ada yang sama dengan saya? Apakah jalan satu satunya harus operasi?

emoticon-Sundul Gan (S)
Terimakasih agan, semoga ada yang menanggapiu
Halo agan-agan.. btw, buat siapapun yang inisiatif bikin forum ini, makasih banget. Sangat membantu! emoticon-I Love Kaskus (S)

Sebelumnya sedikit cerita, ane (18 thn) positif kena ACL karena kecelakaan 3 tahunan lalu, tapi baru ketauan sekitar abis lebaran 2015 lalu. Dan barusan (7 januari) ane baru dapet jadwal operasi tanggal 20 januari 2016, di RS Fatmawati oleh Dr. Andre Pontoh. Cuma masih ada 1 kendala gan, ane belum nyiapin knee brace. Mau beli ngga kuat dengan harga segitu. emoticon-Mewek emoticon-Mewek
Adakah disini brace lutut bekas agan-agan yang nganggur dan tak terpakai? Boleh pinjam atau sewa kah? Please gan. Ane butuh banget sumpah. emoticon-Mewek

Ane di Depok, btw. Kontak ane ya, kalo ada yang berbaik hati: 085711467817
Ane doain deh supaya agan-agan disini pada sembuh semua dan rezekinya ngalir terus. Amin emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh dapideee
Quote:


Nanya Gan operasi nya pake biaya pribadi apa djamin bpjs..?
maaf ni gan sblumnya jd OOT... mungkin ad yg bisa bantu jelasin hasil rontgen ane..

Genu sinistria
Aligment os patella diskontinyu
struktur os patella terlihat deformiti
Articulatio space patella tibia menyempit
soft tissue swelling peri lesi
Kesan :
Fraktur os patella sinistra..

Klo dr gambar nya sih tempurung pecah jd 2, tp msih bs jalan walau ga normal.
busa bantu kasi rekomendasi dokter nya..?
Klo untuk penggunaan bpjs gmn ya gan... mklum kurang mampu.. T.T
trus lagi klo tidur ane ga nyaman krna ngerasa tulang ekor ane sakit bukan maen T.T
Quote:


Nanya gan..
dokter2 d atas itu spesialis orthopedic atau spesialis untuk otot ligamen aja..? Masalahnya tempurung lutut ane pecah ud 2 bulan lebih ke alternatif belum ad perubahan yg bagus... mohon bantu kasih tau dokter tulang yg bagus gan... makasih.. emoticon-Smilie
Quote:



Quote:


BPJS gan.

Mereka (terutama Dr Andre, yg akan nanganin ane juga) Spesialis tulang, yg sub-spesialisnya lutut.

Kalo agan gajauh dari Jakarta selatan, dan mau pake BPJS, langsung ngurus kelengkapan nya aja deh. Ane juga sempat di alternarif, tapi hasilnya ga maksimal.
Diubah oleh dapideee
Quote:


Ane jakarta timur gan (jauh yee)
Btw ngurus pke bpjs kira2 brp lama.? Soalnya ane ud masuk kerja, ortu jg kerja jd agak susah bwt ngurus2nya..

Oprasi ACL RS SIloam Balikpapan

mau tanya gan, apa ada yang pernah oprasi ACL di RS siloam balikpapan. ane didiagnosis ACL putus dan disarankan untuk di oprasi, share pengalaman klo ada yg prnah oprasi ACL di RS Siloam Balikpapan ya gan hbs nya brapa dan dokter nya siapa? kmaren saya konsul ke dr. Alvarez Moningka gan.. trims gan
numpang share ya gan.. gw tggl 5 desember 2015 kemaren lagi latian basket dan kena cedera ACL , tepatnya si ACL rupture dan meniskus gw robek.. Pada saat kejadian kebetulan ada anggota fisioterapi dstu.. yah akhirnya dlakukan lah pertolongan pertama itu lah R.I.C.E itu..

Tapi karena itu kejadiannya malem dan klinik fisioterapi pada tutup dan hari sabtu pula, jadi saya akhirnya mendapatkan perawatan drumah saja.. tp karena sakitnya yang luar biasa ( jujur gw blom pernah ngerasain sesakit ini ) akhirnya gw putuskan utk k dokter, walaupun banyak saran temen untuk alternatif, cm bukannya merendahkan atau gmana tapi gw si masi lebih percaya dengan tindakan medis. Singkat cerita gw akhirnya ke RS. Pelni lah d petamburan. Akhirnya dtangani sama dr. Rizky Notario, SpOT. dia bilang "yang bikin kamu nyeri tuh cairan yg ada dlm lutut kamu", dikenal dengan istilah knee effusion.

Yaudahlah d sedot tuh akhirnya cairan, karena emang sakit banget.. dia bilang si cairan itu bisa timbul karena respon dr tubuh terhadap cidera, nah soal banyak dan sedikitnya cairan it beda2 tiap orang, mungkin gw tergolong yg banyak jadi perlu d sedot. Nah gw akhirnya d sedot lah dan alhasil asli enak banget.. ga nyeri lagi, cma tetep aje gw ga bisa nekuk, karena meniskus gw robek. Akhirnya karena d pelni ga ada MRI jadinya gw drujuk ke RSPAD Gatot Subroto untuk bertemu dengan dr. Bobby Nelwan, SpOT. atau dr. Yanuarso, SpOT.

Sampe dsana gw ga ketemu sama keduanya, dan gw dtangani sementara oleh dr. Aries Hutabarat utk surat pengajuan MRI. Setelah MRI gw dapet hasilnya dan akhirnya gw d tangani sama dr. Yanuarso, SpOT. Diagnoas MRI nya adalah seperti yg gw udah jelasin d awal. Dan tanggal 13 januari 2016 besok, tepatnya hari rabu, gw akan menjalankan arthroscophy tersebut! hhe... Wish me luck!

Intinya adalah dsini, hmmm.. klo lo mau tanya jawab dan enak diajak diskusi dr.Yanu panggilan akrabnya itu enak banget bro, gw setiap ketemu dia pasti gw nanya mulu, karena sebelum gw ketemu dia, gw browsing tentang masalah gw ini yg sedikit banyak menyangkut masa depan gw, baik karir (geologist) dan hobi gw (basket pastinya).

Dan salah satu pertanyaan yg gw yakin ada d benak lo semua pasti "perlu ga si di operasi?, apa bisa tanpa jalur operasi?", ini gw kutip dari omongan dr Yanu, "hidup itu pilihan, dibilang bisa ga si gausah d operasi, ya bisa!" dia ga pernah maksa utk harus operasi tp itu akan berdampak pada kedepannya alias hari tua.. karena ketika otot ada yg putus otot lain akan bekerja lebih ekstra utk menggantkan kerja si otot yang putus tersebut apabila tdak di sambung.Dan satu lagi si yang paling penting dia bilang "for ACL Patients, Arthroscophy is the best way if you have the notion of sport as a lifestyle!", nah karena gw merasa itu adalah gw.. yah gw yakin gw akan menjalani arthroscophy itu tanggal 13 januari 2016, dan gw sangat berharap seengganya gw bisa kerja lagi dan main basket lagi, walaupun ga seekstrim dlu..

Oiya satu lagi yg paling penting! klo lo mau info soal ACL,MCL atau apapun soal lutut lo gw saranin si mendingan browsing dengan sumber yang jelas dan ada referesi jurnal yang bisa d pertanggung jawabkan, gw jg dapet satu website klo lo mau baca2 info yang bisa di pertanggungjawabkan, ini gw dapet dr dokter Yanu jg si utk gw banyak baca dan makin banyak pengertian gw soal ACL ini. www.emedicine.com


Oiya klo boleh tau, ada yg punya info soal klinik fisioterapi yang bisa paketan ga? misalnya dalam sebulan tuh brapa gtu, soalnya klo bayar per skali dateng mahal jatohnya.. ga mampu ane gan.. big thanks!

Thread ini sangat luar biasa yang bisa saling menyemangati dan berbagi info! Semoga semuanya sehat terus! emoticon-I Love Kaskus

pasca operasi h+9

siang gan, ane uda op rekon acl h+9 ni dan di h+4 uda nekuk 90 derajat dan h+7 da bs jalan normal kmn2 cuma pake brace aja (tanpa tongkat). stlh ane liat2 trnyata 1 minggu prtma tu gabole d tekuk. ane kaget kan nah uda dua hari ni jd lbh d istirahatin lg kakiny. ad saran ga gan untuk kedepany ane ngpain aja. kmrin ane smpet latian lutut kan d gerak2in biar ototny kuat lg, tp uda aga jarang smnejak ktny harus d istirahatin dlu
Halaman 102 dari 183


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di