Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

raven2727Avatar border
TS
raven2727
5 Species Kopi yang unik
5 Species Kopi yang unik


5 Species Kopi yang unik



Salam hangat bagi semua agan dan aganwati kaskus sealam semesta emoticon-Shakehand2
Perkenalkan Nama saya Fadil pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia kopi dan pembahasan yang akan saya angkat kali ini adalah 5 Species Kopi yang unik. Karena saya juga masih belajar tentang kopi maka jika ada kesalahan atau pun informasi yang belum lengkap mohon di perbaiki. Berikut ini adalah 5 Species Kopi yang unik menurut saya.

1. Arabica (Coffea Arabica)

Spoiler for Picture:


Kita pasti sudah tidak asing dengan jenis kopi yang satu ini karena kopi jenis arabica ini merupakan jenis kopi yang paling populer di dunia selain karena memiliki daya komersial yang tinggi kopi Arabica ini juga memiliki rasa dan aroma yang lebih baik. Pada awalnya jenis kopi arabika ini di temukan Ethiopia yang merupakan Birth Place of Coffeedan di klasifikasikan oleh seorang ilmuan yang berasal dari Swedia yang bernama Carolus Linnaeus pada tahun 1753. Pada umumnya kopi arabika ini memiliki kada Caffeine yang lebih sedikit di bandingkan dengan kopi jenis lain. Kopi Arabica tumbuh pada ketinggian sekitar 800 - 1800 Meter dpl dan membutuhkan suhu sekita 16 - 20 Celcius tumbuh yang membuat kopi ini membutuhkan perawatan yang ekstra untuk membudidayakan nya.

2. Robusta (Coffea Canephora)
Spoiler for Picture:
Robusta juga merupakan salah satu jenis kopi dengan penghasilan terbanyak karena kopi yang pertama kali di temukan di dataran Kongo ini tumbuh pada ketinggian di bawah dari 800 M dpl. Jika kita bandingkan dengan kopi jenis arabica kopi jenis Robusta ini memiliki Caffeineyang lebih tinggi. Jenis kopi yang satu ini lebih banyak kita jumpai karena perawatannya cenderung lebih mudah dan menghasilkan lebih banyak biji kopi jika di bandingkan dengan jenis kopi yang lain.

3. Liberika
Spoiler for Picture:

Kopi jenis Liberika ini atau banyak orang yang bilang kopi "beraroma nangka" karena aromanya yang mirip bau nangka pada mulanya berasal dari Liberia di Benua Afrika dan kopi jenis Liberika ini bisa tumbuh sampai 9 meter sob ! emoticon-Wowdan pada sejarahnya Kopi Liberika di pada abad-19 di bawa oleh Belanda untuk di budidayakan di negeri kita yang tercinta ini tujuannya untuk mengganti kopi jenis Arabica yang selama ini di tanam dan rusak karena terkena hama. Banyak juga yang bilang kopi liberika ini mempunya kualitas yang sangat baik maka dari itu banyak Coffee Shop Specialty yang menjadikan kopi Liberika ini sebagai andalannya.

4. Excelsa (Coffea Dewevrei)
Spoiler for Picture:


Berbeda dengan jenis kopi lain nya yang tumbuh pada dataran tinggi kopi jenis Excelsa ini biasanya tumbuh pada ketinggian yang rendah dan tahan terhadap hama jika di bandingankan dengan tumbuhan sejenis. kopi jenis Excelsa ini lebih tahan terhadap hama bahkan beberapa sumber mengatakan kopi jenis ini bisa tumbuh di lahan gambut kemudian dan hanya membutuhkan waktu 3,5 tahun untuk dapat mulai di panen.

5. Kopi Kona
Spoiler for Picture:


Kona Kopi merupakan salah kopi yang menurut saya paling langka karena kona kopi ini Hanya tumbuh di dataran Hawaii dan Se-pengetahuan saya Kona kopi ini pada zaman dahulu merupakan minuman mewah kerajaan Hawaii. Kona kopi ini merupakan kopi yang di budidayakan secara turun menurut oleh penduduknya dan kopi Kona ini tumbuhnya di daerah Vuklanis yang membuat kopi ini tumbuh sangat baik yang bisa dikatakan salah satu Best of Coffeedan produksu kopi ini juga sangat sedikit karena hanya tumbuh di dataran Hawaii saja.

Bagaimana Agan kaskuser sekalian jika agan tertarik dengan pembahasan kopi bisa langsung coba intip blog ane yang membahas tentang dunia seputar kopi

Tambahan Dari para Kaskuser

Kopi Luwak (Civet Coffee)
Spoiler for Picture:


Kopi luwak merupakan kopi asli indonesia yang memiliki harga sangat mahal dikarenakan prosesnya yang melalui fermentasi oleh binatang yang di sebut Luwak.Sejarah kopi Luwak di mulai semenjak jaman penjajahan belanda kepada bangsa indonesia di ceritakan bahwa bangsa belanda membawa bibit kopi ke indonesia untuk di budidayakan. Sebelum kita merdeka bangsa kita di paksa untuk berkerja kepada belanda salah satunya adalah membudidayakan kopi karena pada saat itu kopi merupakan komuditas yang sangat penting dan karena tanah air kita yang sangat subur ini maka belanda memaksa bangsa kita untuk menanam kopi dan hasil nya di kirimkan negara mereka. Rakyat indonesia yang bekerja menanam kopi di larang keras untuk mengambil kopi yang mereka tanam sendiri oleh belanda dan jika ketahuan maka belanda akan menghukum mereka tapi pada suatu ketika bangsa indonesia melihat kotoran yang di buang oleh binatang luwak kotoran hasil luwak tersebut masih berbentuk seperti biji kacang dan mereka mengambil dan mencoba untuk merebus nya dengan air tanpa di sangka kotoran luwak tersebut sangat enak dan semenjak saat itulah perjalanan panjang kopi luwak di mulai.
Menurut wikipedia
Quote:

Secara sederhana kopi Luwak adalah kopi yang di proses oleh binatang Luwak di dalam perutnya dan mengalami fermentasi oleh enzim yang terdapat pada hewan Luwak.

Spoiler for Kunjungi blog saya:


Sekian yang dapat saya bagikan kepada agan kaskuser semua jika ada yang kurang berkenan dengan isi content pada postingan saya mohon di maafkan atau juga bisa di perbaiki nanti saya akan perbaiki atau dapat menghubungi saya di Fadil07102015@gmail.com.

Spoiler for Penutup:


Spoiler for Credits:
Diubah oleh raven2727 22-12-2015 09:41
0
6.6K
55
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan