Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

paperbirdAvatar border
TS
paperbird
BPJS: Kalo fasilitas rawat inap sesuai kelas ga tersedia
RS swasta berdalih kelas sesuai BPJS penuh dan naikin pasien ke kelas diatasnya kedengeran kaya praktek biasa di RS swasta. Tapi dimana pihak BPJS saat kejadian ky gini terjadi?

Ade ane peserta BPJS kelas I gan, Minggu (20/12) lalu disuruh operasi gara2 rawat jalan pake obat dah ga mempan. Sesuai dng rujukan FASKES I, ade ane dah berobat di RS ini sejak 3 bulan yang lalu dan harus kontrol tiap 2 minggu. Sejauh ini keluarga kami ga bayar apapun. Layanan BPJS berjalan dengan semestinya.

Nah, pas disuruh operasi itu ade n bapak ane langsung register ke RS yg sama lewat jalur BPJS ky biasa. RSnya bilang kalo kelas I penuh. Kami diberi 2 alternatif: ambil VIP atau nunggu! Berhubung ade ane dah lama kesakitan mpe ga bisa kerja, kami setuju aja pas disodorin kelas VIP. Dengan pikiran bahwa sesuai dgn Permenkes 71/2013 dan penyempurnaan terakhir pada Permenkes 28/2014 yg ada di website BPJS, kalo nanti ada kelas I yg kosong, dia bisa pindah kelas. Diestimasi bea operasi dll lebih dr 60jt n kami hrs byr DP min 17.5jt atau operasi ga akan dilakukan. emoticon-Bingung (S)

Besoknya ketemu sama petugas BPJS dia bilang kalo pd kasus kami, pindah kelas ga bisa dilakukan: "jika di RS tersebut fasilitas sesuai kelas tidak ada, maka pasien atau keluarga harus menghubungi BPJS dan pihak BPJS yang akan mencarikan RS yang memiliki fasilitas tersebut. Tetapi kalau anda sudah setuju dengan pihak RS, maka anda harus terus mengikuti skema yang sudah disepakati sampai selesai". lemes lah bapak ane gan. Kami ga pernah dapet info prosedur macem gini. Iya tau kalo "pindah atas kemauan sendiri" harus bayar selisihnya sendiri dr fasilitas standar. tapi apa yg dimaksud dgn "pindah kelas atas kemauan sendiri" itu ga terlalu jelas. Kami ga ingin ke VIP, tp terpaksa krn kelas I kosong dan kami ga diberikan alternatif lain. Pada waktu itu orang admin n petugas BPJS juga ga bilang apa2. Dan parahnya lagi kita ga bisa pindah kelas. emoticon-Cape d... (S)

Udah terlanjur sih gan, kami tau ga bakalan bisa diapa2in. ane nulis cuma buat berbagi info aja. semoga jgn sampe agan2 mengalami kejadian macem gini. Ade ane dah dioperasi (23/12) dengan semua fasilitas n layanan VIP, semoga dia bisa cepet pulih. Ane yakin BPJS niatnya baik. Tp kynya masih banyak celah yg bisa dimanfaatin para oportunis. emoticon-Berduka (S)

Ingat, kontak pihak BPJS dulu jika anda mendapati bahwa fasilitas sesuai kelas anda penuh! Apapun yang digunakan pihak RS untuk menggertak anda, jangan tanda tangan apapun dengan pihak RS sebelum pihak BPJS melakukan pekerjaannya! Dengan begitu, meski tetap harus pindah kelas, anda tidak akan mengganggung biaya apapun. Juga ingat bahwa BPJS dan RS adalah dua pihak yang berbeda. Hanya dengan mendaftar di RS lewat jalur BPJS bukan berarti anda akan mendapatkan layanan BPJS sepenuhnya. Kritislah dan tanyakan segala alternatif yang bisa ditempuh, karena sepertinya mereka tidak akan berinisiatif untuk memberikan informasi krusial seperti kasus tersebut diatas. Tentunya peringatan ane ini ga bisa diaplikasikan dlm keadaan darurat yah.
0
9.9K
21
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan