CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014791494/penderita-cidera-lutut-acl-pcl-dsb-masuk-sini

Penderita Cidera Lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk Sini

Tampilkan isi Thread
Halaman 101 dari 183
Quote:


Nanya gan, waktu agan selama d alternatif kaki udah bisa d tekuk.?
Quote:


Setelah bolak balik tukang urut akhirnya agan milih operasi gmn crita nya.? berapa lama bolak balik tukang urutnya.? Perkembangannya sblm d operasi.? Maap banyak nanya... hehhee
Quote:


Ceritanya mutusin operasi karena udah bolak balik ke tukang urut dan bolak balik kecengklak setelah kurang lebih 5 tahun dari sejak cedera nggak sembuh2, udah gitu sekalian pas meriksa dengkul ane yg cedera ada benjolan isinya cairan namanya bursitis, nggak ada hubungannya sih sama cedera acl dengkul ane, tapi ane putusin untuk sekalian aja di cek ke dokter yang bagus (Dr. Andre RSPI), karena ane udah begah juga gan sama dengkul ane...dan juga takut kalo nggak dioperasi nanti pas udah tua ane nya susah emoticon-Smilie

Dan yang utama adalah kebetulan dari kantor Alhamdulillah dapet asuransi agak bagus dan dicover full emoticon-Smilie

Sebelum operasi ya gitu2 aja gan dengkul ane, goyah nggak stabil, dipake buat lari2 kecil aja serem, takut kecengklak, terus sering banget kalo posisi dengkul nekuk terus mau bangun berdiri kecengklak gitu, tulang dengkul ane bergesekan gitu, rasanya sakit ngilu banget, 2 harian sembuh, nanti kecengklak lagi, ya gitu2 aja...

Tapi ane berani sih main futsal sebelum operasi, walaupun sering kecengklak dan mainnya ya cuma berani pelan2 aja, takut kecengklak soalnya...

Quote:



kaga obese ko gan kurang berat malah alias cungkring wkkwk
iy rencananya mao k dokter jadinya bisnya skrng klo d gerakin tertentu jadi bunyi, dan rasanya pegel terus skarang

Gan

Quote:

Sama gan proses buat nekuknya sekitar 4 mingguan pasca kecelakaan,cuma itu gan pengobatan alternatif menurut ane lebih ke pertolongan pertama gan,tapi kalo udah acl putus gak akan bisa nyambung gan itu gan
Diubah oleh alsautmilan
selamat pagi agan2...

mau cerita & siapa tau dsini ada yg bs bantu ksh solusi atau pernah punya pengalaman yg sama....

jd gini, bulan lalu (November) gw kena cidera lutut pas main bola, lutut (sebelah kiri) ketekuk/kecengklak ke bagian luar, jadi gambaran posisinya itu lutut gw dalam keadaan lurus, tp (mungkin) salah posisi/salah tumpuan. Pada saat itu gw langsung merasakan nyeri sekitar krg lebih 1 menit di bagian lutut, setelah 1 menit gw baru bs bgn dan berdiri. Sampe rumah gw gk ambil tindakan apa2 cm dibawa istirahat aja, karena gw pikir cideranya gak terlalu serius. Tapi gak setelah itu gw ngerasa kaki kiri gak bisa ditekuk, sholat aja cm bs duduk di kasur (gk bs rukuk & duduk tahiyat). Ini berlangsung selama seminggu.

Gw udh cb atasin dengan panggil tkg urut selama 2X dengan org yg berbeda.
orang pertama bilang, masalah otot ada yg kejepit
orang kedua bilang, masalah otot & ada posisi tulang yg agak geser sedikit (dia gk berani ambil tindakan)

Masuk minggu kedua, kaki udh bs jalan normal, sholat pun bgtu. Tapi pada saat rukuk kan megang dengkul, gw agak tekan kedalam, lutut msh kerasa sakitnya, makin ditekan kenceng makin sakit.

Minggu ke-3 gw cb olahraga renang, gw cb renang dengan posisi kaki yang aktif bt gerak, hasilnya lutut berasa sakit.

Minggu ke-4 gw cb main bola, tp cm jadi kiper gak byk gerak, lutut gk sakit tp trauma kena lutut lagi.

Cidera lutut ini udah masuk minggu ke 5, cuma kondisi lutut masih berasa sakit, berat bgt rasanya gak bs main bola lagi dan lari2an...bisa2 nanti badan jd overweight hehehe.

udh sgtu aja berbagi cerita horor nya emoticon-Embarrassment
_____________________________________________________________
Kali aja teman2 dsini bs bantu jawab atau share ttg masalah cidera ini...

1. Kira2 ini termasuk kategori cidera serius atau tidak?
2. Apakah perlu konsul ke dokter utk tindakan lebih lanjut?

Terima kasih sebelumnya atas respon dr teman2 dsini emoticon-Smilie
Quote:


1. serius gan. tanda2 ACL
2. kalo masi mau main futsal ya perlu ke dokter. kalo ikhlas lepas olahraga berat ga usah ke dokter.
Quote:


untuk selanjutnya tindakan yang harus dilakukan apa yah gan?
udh hopeless bgt nih klo beneran kena ACL emoticon-Cape d... (S)
Quote:


ya itu gan. kalo ikhlas ngelepas olahraga berat ya ga usah diapa2in.
tapi kalo ga ikhlas, alias mau olahraga futsal terus ya coba di cek ke dokter, apa yg salah, dan kalo misalnya bener putus ACL nya ya mau ga mau operasi. Operasi bisa pake BPJS walaupun proses nya super lama. kalo bayar sendiri bisa abis 80jt. syukur2 kantor/asuransi agan full cover.
kalo males bpjs dan ga dicover kantor/asuransi dan ga mau keluar duit segitu, ya saran ane sih ga usah ke dokter sekalian..
Quote:


Nanya gan, klo acl putus kaki bs d tekuk kagak sih.?masalahnya kaki ane berobat alternatif ud 2 bln lebih nih, napak sih bisa tp klo d tekuk sakit luar biasa gan. Kata yg urut otot ane masih kaku musti dlatih, tp ya gitu pas mw d tekuk sakit minta ampun. Jalan juga blm bs lepas tongkat. Nyoba sih lepas tp pas ngelangkah badan ane kayak oleng.. kira2 knp tuh..?
Quote:


ditekuk bisa. sewaktu kejadian awal putus, ga bisa tekuk karena ada cairan (bengkak) jadi susah nekuknya. setelah cairan itu hilang, lutut bisa ditekuk seperti semula.
kalo skrg tekuk masi ga bisa, ya berarti masih banyak cairan. coba aja di kompres sama makan obat anti inflamasi (minta ke dokter ya).
jangan diurut. malah tambah parah.
oleng? ya itu karena otot2 kaki masih membiasakan tanpa kehadiran ACL. nanti setelah biasa akan balik seperti semula koq jalan, lari. dll
nah bedanya tanpa ACL ini jangan coba2 melakukan gerakan tiba2 seperti tiba2 lari/berdiri/lompat/belok arah/ngerem dll. dijamin geser tuh lutut. tapi kalo buat jalan dan jogging mah bisa koq.
Quote:

rencana sore ini pulang ktr gw sempetin dlu deh cek di RS terdekat (Awal Bros Kalimalang)
udh buka website nya juga, dsana ada spesialis bedah orthopedi, yg available Dr Taufik Sp.OT.
Ternyata ada temen gw jg yg udh pernah di tangani sama dokter ini, tp dia "cuma" kena cidera hamstring trs disuruh fisio dan sekarang udh sembuh.
gak kyk biasanya cidera kali ini bikin badan jd lemes, apalagi baca2 page belakang yg pernah putus ototnya, ngilu bacanya emoticon-Takut (S)
________________

oiya gan kira2 klo nanti dicek sama dokter dan gak ketauan cideranya otot atau tulang kira2 langsung di rontgen gak yah?
Quote:


di cedera lutut, rontgen gak laku gan. nanti jg paling disuruh MRI (2-2.5jt an)
Quote:


kemarin gw di ambil tindakan rontgen terlebih dahulu gan...

jd awalnya konsul, kemudian ditanyain awal mula penyebab lutut gw bs cidera dan sudah berapa lama ngerasa sakitnya.
Setelah itu gw disuruh baringan dan dicek lutut pake tangan si dokter (digerak2in & diputar2) dan gw gak ngerasa sakit, hasilnya (pada saait itu) si dokter bilang lutut kiri gw agak geser/goyang.

Kemudian segera disuruh rontgen.

Selama stgh jam nunggu, hasil rontgen keluar dan Dr Taufik menjelaskan klo lutut gw gk kenapa2, gak ada geser, retak, patah, dsb.

Kemudian gw tanya ke Dr Taufik, "kira2 ada tanda2 kena ACL gak dok?"
"nah kita liat perkembangan selama 3 minggu" jawab si dokter.

Klo misal belum ada perubahan, dia langsung menyarankan tindakan MRI emoticon-Berduka (S)

Selama 3 minggu ini gw dilarang olahraga berat, dan dikasih obat kapsul penghilang rasa nyeri.

_____________________________

gw berharap sih mudah2an sebelum 3 minggu lutut gw udh gak nyeri lagi
klo masih sakit dan cek MRI, gw udh berfikir pasti kena ACL emoticon-Cape d... (S)

Quote:


Ooo gitu... ane sih blm cek k dokter gan, ya gitu ortu kaga cayaan klo ane bilang keluhan ane.. klo obat nya ga bs beli d apotik gan..? iya neh dengkul ane masih bengkak,, Btw itu kompres air anget kan..?
Quote:


rontgen hanya melihat tulang. ga bisa melihat jaringan lunak seperti ligamen. kalo dokter nya jago, biasa cukup di test pake tangan udah ketauan apa yang salah. pelengkap diagnosanya ya si MRI itu. karena MRI bisa melihat tulang dan ligamen.

Quote:


obat sih bisa dibeli di apotik. tapi kan agan ga tau obat yg mana. makanya sebaiknya ke dokter,
kompres air dingin gan buat ngurangin bengkak
Quote:


Baru baca2 dr awal...

2 bln stelah jatoh ane masih kaga bs ngejalanin yg ACL bed exercises gan, nekuk ga bs, angkat kaki jg ga bs... belom k dokter jg sih buat ngecek... kira2 itu kena ACL ga ya gan..? Atau kena k otot yg lain..?
Quote:


nah yg ini gan, tau gak kira2 bunyi krek itu bunyi tulang yg patah/retak/dislokasi atau bunyi otot/jaringan sobek/putus yg ada di lutut?

Dr Taufik kmrn sempet tanya, "kamu pas cidera itu ada bunyi krek gak"
gw bilang, kyknya sih gak ada dok, cm kaki gk bs di tekuk sekitar 3 hari.
Quote:


mirip bunyi bunyiin jari itu lho. kretek gitu.
itu bunyi ligamen/meniscus yg putus.
Quote:


serem jg ya, berarti klo udh bunyi gtu udh pasti kena ACL atau cidera serius yah? emoticon-Takut (S)

oiya gan mau tanya, cidera ACL itu kalau tidak di operasi (didiamkan) apakah sakitnya bakalan hilang?
karena udh 1 minggu nih dr konsul ke dokter, dan udh minum obat juga, tp lutut masih ngerasa nyeri emoticon-Cape d... (S)

kalau memang sakitnya bs hilang, apakah hilang dengan sendirinya atau perlu fisio ke dokter?
Halaman 101 dari 183


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di