Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

infolabkesAvatar border
TS
infolabkes
Fakta Menarik Tentang Darah
Anda tidak harus menjadi phlebotomist, hematologist atau bekerja di unit transfusi darah dan medis untuk sekedar mengenali dan mengetahui fakta unik darah. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temui tentang darah. Mulai dari aneka macam tipe, jenis terbanyak, komposisi hingga kepribadian berdasarkan golongan darah.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan membahas tentang fakta menarik tentang darah tersebut. Simak ya..!

1. Komposisi Darah

Darah tersusun dari dua komponen utama yaitu plasma sebesar 55% dan sel-sel darah sebanyak 45%. Tahukah Anda, bahwa 90% kandungan plasma darah terdiri dari air dan 10% sisanya mengandung molekul protein, immunoglobulin, vitamin, hormon, kolesterol dan lain-lain. Tahukah Anda bahwa darah yang terdiri dari plasma dan sel-sel ini mengambil peran sebanyak 7% dari berat tubuh seseorang.

Sedangkan sel-sel darah terdiri dari tiga jenis sel yaitu sel darah merah, sel darah putih dan keping darah. Nah, masing-masing sel darah memiliki masa hidup lho.. Sel darah merah misalnya, memiliki masa hidup 120 hari dalam tubuh. Berbeda dengan masa hidup sel darah putih yang hanya mampu bertahan hidup paling lama 12-13 hari.

Keunikan lain dari sel darah putih adalah adanya perbedaan ada atau tidaknya granul. Maka, sel darah putih diklasifikasikan menjadi agranulosit dan granulosit. Setiap sel darah putih memiliki peran penting dalam immunitas atau kekebalan tubuh terhadap patogen asing. Ajaibnya, layaknya hantu yang dapat menembus dinding, begitu pula sel darah putih yang dapat menembus dinding pembuluh darah.

2. Tipe-Tipe Golongan Darah

Ada tiga sistem tipe pembagian golongan darah, sistem ABO (berasarkan antigen), berdasarkan Rh (Rhesus +/-) dan sistem MN (berdasarkan keberadaan antigen glikoprotein yang disebut glikoforin). Namun, masyarakat lebih familiar dengan sistem ABO dan Rh. Tidak seperti pada manusia, sejumlah hewan memiliki tipe golongan darah yang lebih banyak, contohnya anjing dengan 4 tipe, kucing 11 tipe dan sapi yang memiliki 800 tipe golongan darah.

Fakta menarik tentang golongan darah yang jarang diketahui adalah bahwa tidak ada golongan darah O. Sejatinya, sistem golongan darah ABO yang mengacu pada keberadaan antigen menunjukan bahwa golongan darah yang sering disebut O tidak memiliki antigen dengan demikian berarti 0 (nol) antigen. Hal tersebut menunjukan bahwa golongan darah O bukan memiliki antigen O seperti halnya pada golongan darah A yang memiliki antigen A, atau golongan darah B yang memiliki antigen B ataupun golongan darah AB yang memiliki antigen AB.

Untuk sistem golongan darah berdasarkan Rh, Anda akan menemukan bahwa mayoritas penduduk Indonesia sebagaimana Asia dan Afrika memiliki Rh (+). Bahkan bisa dikatakan, Rh (+) adalah rhesus dominan di Asia.



Golongan darah sistem AB0 memperlihatkan bahwa golongan darah 0 (nol) paling mendominasi di Asia (40%), kemudian diikuti oleh golongan darah A (27.5%), B (25.4%) dan yang paling resesif adalah golongan darah AB (7.1%). Keunikan dari tipe golongan darah ini membuat Jepang menjadi pelopor dalam mencetuskan ide kepribadian berdasarkan golongan darah.

3. Warna Darah

Tentu Anda sering menyebut darah biru sebagai kiasan untuk menunjukan bahwa seseorang itu berasal dari keturunan ningrat, kaum berada. Berbeda dengan kaum marginal yang memiliki darah merah atau mungkin hijau? Tapi apakah benar bahwa darah biru itu ada? Eits, jangan salah. Ternyata makhluk berdarah biru itu nyata!

Manusia memiliki darah berwarna merah karena diketahui mengandung besi. Lalu, makhluk apakah yang memiliki darah biru atau hijau? Anda pernah mengonsumsi kepiting atau membunuh lintah? Dua makhluk inilah yang memiliki warna darah unik tersebut. Kepiting (seperti jenis horseshoe atau kepiting tapal kuda) memiliki darah biru karena mengandung tembaga bukan besi, sedangkan lintah berdarah hijau karena darahnya mengandung chlorocruorin yaitu zat besi yang mengandung “respirator pigmen” berwarna hijau dan ditemukan dalam darah pada beberapa jenis cacing.

4. Pembuluh Darah Bukan Cerminan Warna Darah

Pernahkah Anda memperhatikan urat nadi atau vena? Apa warna urat nadi yang Anda lihat seperti berwarna hijau kebiruan? Warna pembuluh darah bukanlah cerminan warna darah. Urat nadi atau vena terlihat hijau kebiruan akibat jaringan disekitarnya.

Pembuluh darah arteri mengalirkan darah yang kaya akan oksigen dan akan nampak lebih terang, sedangkan vena membawah darah yang miskin oksigen atau kaya karbondioksida dan lebih gelap. Dan tahukah Anda, pembuluh darah dan bagian jantung manakah yang membawa darah kaya akan oksigen? Mengikuti adab ketimuran yang menganggap kanan lebih baik dari kiri membuat kebanyakan Kita beranggapan bahwa darah yang baik (kaya akan O2) ada di sebelah kanan tubuh. Namun faktanya, pembuluh darah dan jantung bagian kiri membawa darah kaya oksigen.


Sumber gambar: ilfscience.com

5. Gangguan Darah Teraneh di Dunia

Seorang remaja bernama Twinkle Dwivedi mengalami gangguan darah yang sangat membingungkan para dokter. Remaja India ini dapat dengan tiba-tiba mengeluarkan darah tanpa mengalami luka. Tercatat, sekitar 50 kali dalam sehari, darah Dwivedi akan mengalir keluar melalui mata, hidung, dan telinga. Semua terjadi tanpa adanya luka, memear ataupun goresan.

Hasil tes medis memperlihatkan bahwa Dwivedi mengalami ganguan pembekuan ringan. Namun hal tersebut masih menjadi tanda tanya besar mengingat darah yang keluar melalui celah tubuh tersebut tanpa adanya luka.

-LabSatu-
Diubah oleh heane 29-12-2015 00:20
0
3.8K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan