eastjerusalemAvatar border
TS
eastjerusalem
Reporter Palestina Diganggu Tentara Israel saat Siaran Langsung


TEPI BARAT – Sara al Adara, reporter cantik asal Palestina, diganggu tentara Israel saat melakukan siaran langsung untuk melaporkan kejadian di wilayah konflik Israel dan Palestina.

Tampak dalam rekaman, sebelum siaran dimulai, beberapa tentara Israel berusaha menutupi kamera. Kemudian tiga tentara lagi datang dan membuat mimik-mimik, lalu memeragakan gerakan lucu serta meledek sang reporter TV itu dari belakang sepanjang siaran langsung.

“Dia bohong, dia bohong,” ucap seorang tentara dalam video sambil menunjuk-nunjuk reporter tersebut, seperti diwartakan Russia Today, Selasa (15/12/2015).

Seolah tak terganggu, Sara tetap menyampaikan laporannya hingga selesai. Padahal, jelas sekali raut wajahnya menunjukkan kekesalan karena layar siarannya menjadi tidak bersih.

Siaran langsung itu direkam di Tepi Barat (West Bank), sebuah desa di Abud, dekat Ramallah. Daerah yang dikenal dengan nama Yudea dan Samaria ini merupakan salah satu wilayah sengketa, di mana Israel terus-menerus membangun permukiman dan mengecilkan teritori Palestina.

Tiga tentara yang berusaha mengganggu liputan Sara diketahui sebagai anggota Israel Defence Forces (IDF).

“Para tentara itu sudah kami laporkan dan mereka telah diinvestigasi oleh IDF serta diminta untuk tidak mengulangi perbuatannya,” demikian keterangan resmi yang disampaikan kantor berita penyiaran Israel, Nana 10, sebagaimana dilansir dari Mirror.

Terkait kejadian tak menyenangkan yang dilakukan anak buahnya, juru bicara IDF menyatakan bahwa anggota militer mereka sebenarnya sudah terlatih dengan baik dalam menyikapi media. IDF selama ini juga menekankan kepada anggotanya untuk bersikap sewajar mungkin ketika diliput media dan dilarang mengganggu siaran para wartawan.

“Dengan adanya kejadian ini, aturan berperilaku terhadap media telah ditinjau ulang. IDF (dipastikan) akan terus memungkinkan kebebasan pers di Tepi Barat,” ujarnya.





SUMBER
Diubah oleh eastjerusalem 15-12-2015 04:45
0
6.4K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan