Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

danypwAvatar border
TS
danypw
Mengapa Harus Memilih Berkunjung ke Pantai-pantai di Bantul?


Bantul merupakan kabupaten di Jogja yang terletak di bagian selatan kota gudeg. Umumnya orang mengenal Bantul hanya dari Pantai Parangtritis atau Gumuk Pasirnya saja. Padahal masih ada berbagai pantai menarik lainnya seperti Pantai Pandansari, Pantai Kuwaru, Pantai Baru dan Pantai Samas. Apa kelebihan berbagai pantai di kawasan Bantul tersebut? Berikut ulasan menariknya!

Tidak seperti pantai di Gunung Kidul, jalan untuk mengakses kawasan pantai di Bantul tergolong mudah diakses karena jalannya hanya datar saja, tidak baik berkelok-kelok seperti jalan di kawasan Gunung Kidul. Secara garis besar pantai di Bantul dibagi menjadi dua, yang berada di ujung Jalan Parangtritis dan yang berada di ujung Jalan Bantul. Pantai Parangtritis, Pantai Depok dan Gumuk Pasir merupakan salah paketan kawasan wisata andalan Bantul yang berada di Jalan Parangtritis.

Salah satu agenda wisata yang menarik di Pantai Parangtritis adalah Jogja Air Show. Sebuah aktivitas paralayang yang dilakukan dari atas bukit di kawasan Gunung Kidul bagian barat yang dikenal dengan nama Gantole. Kalau Anda ingin ke Pantai dalam rangka makan-makan saja, Anda dapat berburu aneka olahan seafood di Pantai Depok. Mau makan olahan laut apa tinggal pilih saja. Sepulang dari Pantai Depok Anda dapat menikmati eksotisnya Gumuk Pasir atau mencoba permainan unik bernama sand boarding.

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Goa Cemara atau yang lainnya, Anda dapat mengaksesnya dari jalan Bantul. Menariknya lagi, kini infrastruktur untuk menuju pantai sudah diperbaiki. Jadi Anda tinggal susuri saja jalan Bantul ke arah selatan. Di ujung jalan tersebut Anda sudah dapat melihat deretan pantai menarik. Untuk memasuki kawasan pantai maka arahkan kendaraan Anda ke barat hingga menemukan pintu masuk yang tersedia. Perbaikan dan pembangunan jalan baru menuju ke kawasan pantai tentu akan menambah kemudahan Anda saat berkunjung ke sini.

Seperti halnya kebiasaan beberapa pantai lain di Indonesia, setiap tanggal 1 Suro akan diadakan Labuhan yang dilakukan di Pantai Goa Cemara. Selain diadakan labuhan sesajian, Anda juga dapat menikmati berbagai oleh-oleh khas pantai seperti keripik jingking, ikan segar atau yang sudah diolah hingga bawang-bawangan dan ubi jalar hasil panenan warga. Menariknya lagi, pada beberapa lokasi di sekitar pantai Anda juga dapat menemukan kebun buah naga. Saat musim panen datang, Anda dapat membeli langsung buah naga dari para petani. Bagaimana travel lovers, tertarik berkunjung ke sini?

Sumber
0
3.7K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan