sastraghaibAvatar border
TS
sastraghaib
Mari Bersatu Membebaskan Garuda Indonesia.
Salam Sejahtera untuk kita semua.

Thread ini bertujuan untuk mengajak seluruh para Kaskusers se-Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia.

walau nantinya dalam tulisan masih banyak salah-salah, namun yang penting dahulu adalah melakukannya dalam kegiatan sehari-hari, aktifitas pekerjaan dan sebagainya adalah hal mendasar untuk membiasakan pikiran, agar selarasnya pikiran dengan bahasa kita sendiri.




Bahasa Indonesia adalah bahasa yang lebih tua dari umur bangsa itu sendiri.

kenapa ?

karna awal sejarahnya muncula bahasa Indonesia, di lahirkan oleh pemoeda-pemoeda bangsa itu sendiri, munculnya yaitu ketika para pemuda bersatu dalam Sumpah Pemoeda

salah satu point dari Sumpah Pemuda :

Berbahasa yang satu Bahasa Indonesia.

lanjut kepada pentingnya menggunakan bahasa yang satu adalah :

1. Bahasa menjadi dasar pembentuk pola pikir seorang anak. Melalui bahasa seorang anak belajar tentang atribut-atribut tertentu baik mengenai dirinya sendiri, diri orang lain dan situasi yang dialaminya.

2. Tanpa pikiran bahasa tidak akan ada. Menurut teori pertumbuhan kognitif, seorang anak mempelajari segala sesuatu mengenai dunia melalui tindakan-tindakan dari perilakunya dan kemudian baru bahasa.

3. Hubungan antara pikiran dan bahasa bukanlah merupakan suatu benda, melainkan merupakan suatu proses, satu gerak yang terus-menerus.
Pikiran berbahasa berkembang melalui beberapa tahap. Mulai anak-anak harus mengucapkan kata-kata, kemudian bergerak ke arah mengerti atau berpikir.


Bahasa mengkomunikasikan tiga hal, yakni buah pikiran, perasan dan sikap. Dalam proses menuangkan pikiran.

Manusia berusaha mengatur segala fakta dan hasil pemikiran dengan cara sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak dilibatkan dari awal, dengan harapan bahwa akan lebih mudah mengingat dan menarik kembali informasi dikemudian hari.




Membiasakan pikiran dengan berbahasa Indonesia, akan menyatukan seluruh pola pikir kita dan menembus ruang hampa yang harus berisi tentang kesatuan yang kokoh.


salah satu kenapa Indonesia tidak bangkit dan menjadi Bangsa yang berwibawa dikarenakan bangsa itu sendiri tidak berjalan dalam pikiran yang sama.

pikiran yang sama itu muncul apabila kita sebagai masyarakat, menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang istimewa, bahasa keseharian, bahasa yang diutamakan.

munculnya pelecehan terhadap bahasa Indonesia itu sendiri dikarenakan, tidak biasanya pikiran kita mendengar lawan bicara menggunakan bahasa Indonesia.


lalu bagaimana Garuda Indonesia akan terbang ke angkasa, sementara Garuda masih terikat rantai-rantai sumpah itu sendiri.

Bebaskan Garuda kita dari belenggu sumpah, bebaskan dan biarkan Garuda kita terbang dengan menggunakan Bahasa Indonesia..

" Sampai sekarang belum diketahui secara pasti mekanisme bagaimana seorang anak belajar bahasa sehingga bahasa dapat dikuasainya. Dengan mengacu pada teori Bruner, jelaslah guru dan orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan pembelajaran bahasa dan perkembangan kognitif anak. Keith (undate) menyatakan bahwa belajar bahasa merupakan proses rumit yang melibatkan berbagai faktor seperti faktor biologis, mental dan sosial.
Namun, pada saat yang bersamaan bahasa juga berperan sebagai piranti pembentuk proses mental dan berpikir anak. Berdasarkan pengamatan dan hasil penelitian yang dilakukan di luar negri, perkembangan pembelajaran bahasa usia dini dapat ditandai dengan perkembangan penguasaan kemampuan berbahasa baik unsur kemampuan bahasa seperti kosa kata dan tata bahasa maupun keterampilan berbahasa sesuai dengan perkembangan usia kalendernya.
Orang tua maupun guru dapat mengidentipikasi kelebihan serta kekurangan keterampilan bahasa sesuai dengan perkembangan usia kalendernya sebagai landasan untuk menciptakan konteks kondusif yang akan lebih mengoptimalkan pembelajaran bahasa anak-anak. Selain itu, orang tua atau guru dapat menggunakan informasi perkembangan bahasa anak sebagai dasar mengidentifikasi kelebihan serta kekurangan penguasaan ranah isi yang dikuasai anak-anak.
Hal lain yang harus menjadi kesadaran orang tua atau guru tentang perkembangan bahasa anak ialah bahwa bahasa anak adalah bahasa yang terus bergulir mengalami perkembangan menuju kemempuan berbahasa orang dewasa. Berawal dari periode diam (silent period), anak mulai menanamkan hipotesa tentang cara menggunakan bahasa berdasarkan input bahasa dari lingkungannya.
Perkembangan bahasa tersebut selalu meningkat sesuai dengan meningkatnya usia anak. Orang tua sebaiknya selalu memperhatikan perkembangan tersebut, sebab pada masa ini sangat menentukan proses belajar. Hal ini dapat dilakukan dengan memberi contoh yang baik, memberikan motivasi untuk belajar dan sebagainya. Orang tua sangat bertanggungjawab atas kesuksesan belajar anak dan seyogianya selalu berusaha meningkatkan potensi anak agar dapat berkembang secara maksimal. Pada gilirannya anak akan dapar berkembang dan tumbuh menjadi pribadi yang bahagia karena dengan mulai berkomunikasi dengan lingkungan, bersedia memberi dan menerima segala sesuatu yang terjadi di lingkungannya." kutipan web



mari warga Kaskusers,
Gunakanlah Bahasa Indonesia mulai dari sekarang.




jangan meremehkan sumpah.
sebab karna sumpah kita masih dirantai, dan belum bisa terbang.


hidupkan kesatuan dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari.
Diubah oleh sastraghaib 08-12-2015 08:02
0
2.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan