KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
[ASK] Mau nanya tentang pertanahan gan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5657e0561cbfaa00268b4567/ask-mau-nanya-tentang-pertanahan-gan

[ASK] Mau nanya tentang pertanahan gan

Jadi gini gan, ane punya tanah di pinggir jalan besar, strategis deh pokoknya. Itu tanah warisan, udh dibalik nama ke nama ane dan adik ane. Luasnya kurang lebih 900 - 1000m2 (lupa lagi tepatnya brp)

Langsung ke inti permasalahannya aja ya gan..
itu tanah dulu sama nenek ane udh di kontrakin ke orng2 yg bikin kios sndiri diatas tanah itu. Dari tahun 1987 kalo gk salah mreka udh disitu sampe detik ini ketika thread ini dibuat. Ane ada rencana mau ngebangun usaha di tanah itu gan. Usahanya blm tau sih apa, baru rencana aja, tapi yg jadi masalahnya, kios2 itu gk mau diusir gan, emng sih mreka yg buat bangungan kios2 itunya, dan udh dari lama disana. Yang mau ane tanyakan, gimana cara ngusirnya ya gan? kalo diusir secara paksa, apa ada undang2nya ke anenya?

oh iya gan, PBB selama ini mreka yg urus, tiap kios PBBnya atas nama mereka sndiri -_- dan mereka gk punya IMB. Total sluruhnya ada 4 kios, 2 kios berakhir kontraknya di tahun 2018, 1 kios tahun 2016 dan 1nya lagi orangnya gk tau kemana (gk bayar uang kontrakan). Dan waktu dibilang mau diusir, mreka minta uang 'tali kasih' yang jumlahnya lumayan (250jt per kios)..

mohon pencerahannya agan2.. Thank in advance emoticon-Smilie
uppp emoticon-Sundul Gan (S)
itu mah parasit....250 juta per kios mending kasih 10 juta ke tni / polisi / satpol pp

tapi kok pbb uda pisah emoticon-Bingung
Quote:


iya gan, kalo dijumlahin uang sewa mereka dari awal aja gk akn sampe sgitu -_-

ane juga gk ngerti gan, mreka bikin pbb seenak udel mereka, mungkin uh merasa memiliki tanah itu kali
suram amat nih sufor.. om clone kemana ya... gw kangen emoticon-Frown
gmana prosesnya nh
1. PBB/ bukti setoran PBB itu bukan bukti daripada kepemilikan tanah gan. Bukti kepemilakan tanah itu ya seripikat hak atas tanah tersebut.
2. Kalo kontrak sewa udah jatuh tempo ya masa sewanya abis gan. Prinsipnya kalo sewa menyewa ya yang sewa dibebani kewajiban untuk mengembalikan benda yang disewa dalam keadaan semula pada saat disewakan. Ibarat kata, kalo dulu mereka sewanya tanah kosong, ya atas beban mereka harus balikin lagi kondisinya ke tanah kosong. Kecuali agan sebagai pemilik tanah ingin modifikasi (bangunan) atas tanah tersebut dibiarin aja begitu, baru agan wajib kasih kompensasi biaya atas perubahan tersebut.

Quote:


oke brarti abis masa sewanya skitar tahun 2018-an, dan andai kata si penyewa gk mau juga diusir apa yg hrs ane lakukan gan? nyewa tni/polisi apa akan menyelsaikan masalah atau malah nambah masalah baru? ane sih gk peduli sm bangunannya, toh bangunannya juga cuman terbuat dari kayu2 dan triplek doang, gk imbang dia minta 250 juta/kios (4 kios 1 M) cuman buat kayu2 sama triplek yg nantinya rencana akan di ratakan dan dibangun tempat baru..
Diubah oleh helmio
Quote:


kalau nyewa tni/polisi gitu gk akan timbul masalah baru apa gan? terutama masalah persantetan emoticon-Ngakak (S)
Quote:



Kalo nyewa Polisi/TNI sih mungkin bisa jadi masalah baru gan. Mungkin maksud agan minta bantuan dari aparat (wewenang kepolisian) untuk melakukan pengusiran terhadap penyewa yang sudah habis masa sewanya di atas lahan agan tersebut. Ane kurang tau deh istilah teknisnya apa itu "pengusiran" itu tepatnya emoticon-Ngakak
Quote:



Kalo nyewa Polisi/TNI sih mungkin bisa jadi masalah baru gan. Mungkin maksud agan minta bantuan dari aparat (wewenang kepolisian) untuk melakukan pengusiran terhadap penyewa yang sudah habis masa sewanya di atas lahan agan tersebut. Ane kurang tau deh istilah teknisnya apa itu "pengusiran" itu tepatnya emoticon-Ngakak

Usahakan jangan pakai unsur premanisme gan ngusirnya, usahakan sesuai jalur hukum aja alias main cantik
Diubah oleh sajinbogsa
Quote:


nah istilah 'main cantik' itu yg susahnya gan, kalo mreka ttp ngotot gimana gan? secara mereka orang asli sana smua, sdangkan ane cuman pendatang (sebenernya sih keturunan sana juga) dan pasti koneksi mereka lebih kuat lah.. bingung juga gan, mungkin agan punya solusi lain?
Quote:


Naikin harga sewa ke nilai yang ga wajar gan buat sewa setelah kontrak abis. Misalkan 1M gitu per kios. Siapa tau koneksinya mau bantu bayarin uang sewa mereka ke agan. emoticon-Ngakak
Quote:


enaaahhhh.. bener juga gan.. kalau mreka bener2 mau bayar sampe sgitu sih gapapa emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) BTW tenkyu ya gan.. yang ane masih pusying gimana kalau mereka tetep ngotot itu aja sih emoticon-Kiss (S)


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di