Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Edmun_shreekAvatar border
TS
Edmun_shreek
Transaksi di Lazada yang memusingkan kepala
Pada tanggal 13 november 2015 saya melakukan pemesanan produk mesin jahit singer tipe 4411 sebanyak tiga unit di online shop lazada. Dengan invoice sebagai berikut..







Saya melakukan transfer melalui ATM mandiri mandiri ke rekening CIMB NIAGA seperti yang di intruksikn lazada pada tanggal 13 november 2015 pukul 19.49 ke tiga nomor rekening bank CIMB NIAGA untuk tiga pesanan tersebut. Saya melakukan transfer secepatnya karena saya takut lazada membatalkan pesanan saya itu. Mesin jahit itu di diskon sangat murah. Kebetulan saya memang lagi membutuhkan mesin itu. Jadi berharap transaksi berjalan lancar.






Saya langsung melakukan konfirmasi pembayaran ke Lazada melalui email lazada.support pada tanggal 14 november 2015 pukul 01.48 dini hari dengan menyertakan lampiran bukti pembayarannya yang seharusnya meskipun tanpa saya konfirmasi lazada bisa mengetahui pembayaran itu karena aku melakukan transfer konfirmasi berdasarkan kode pesanan. Karena dalam bertransaksi di lazada ada beberapa alternatif pembayaran seperti bayar di tempat, kartu kredit, transfer bank dll, yang sebenarnya saya merasa nyaman dengan pembayaran di tempat, namun untuk produk yang ini tak tersedia sistem COD. transfer konfirmasi cepat seharusnya tanpa konfirmasi ke email sudah bisa didetect system lazada. Tapi aneh sekali saat mereka masih minta bukti pembayaran. Untuk apa rekening virtual berdasarkan kode pesanan itu kalau masih minta bukti.







Anehnya pada pagi hari pukul 09.20 saya menerima email dari lazada yang meminta konfirmasi pembayaran terhadap produk yang saya pesan. Meski agak heran kenapa membutuhkan konfirmasi lagi. Untuk apa sistem pembayaran transfer ada 2 macam. Konfirmasi cepat dan biasa kalau saya pilih konfirmasi cepat masih harus kirim bukti transfer.






Saya langsung mengirimkan kembali email ke cs lazada dengan menyertakan bukti nota pembayarannya. Hingga akhirnya lazada mengkonfirmasi bahwa pembayaran yang saya lakukan memang bukan fiktif






Lazada membalas email yang menyatakan sedang memverifikasi pembayaran saya terhadap barang yang saya pesan tersebut. Dan meminta kesediaan saya untuk menunggu. Dan akhirnya lazada mengkonfirmasi bahwa pembayaran telah terverifikasi pada pukul 10.05 tanggal 14 november 2015.
Saya menjadi senang karena akhirnya transaksi saya bisa di proses lazada. Jadi sekarang saya cukup duduk manis menunggu barang yang telah sah aku bayar tersebut di kirimkan.







Pada pukul 11.32 di hari yang sama lazada kembali mengirimkan email mengenai proses selanjutnya yang dimana saya disuruh menunggu untuk proses pengiriman barang yang saya pesan.





Namun untuk salah satu pesanan dengan nomor pesanan 368322556 yang seharusnya saya melakukan transfer sebesar 432.988 rupiah saya keliru mengetikkan angka sehingga saya mentransfer hanya sebesar nominal 423.988 rupiah hingga kurang 9000 rupiah. Lazada mengingatkan untuk segera mentransfer kekurangannya agar pesanan dapat di proses.


Secepatnya saya melakukan transfer kekurangan 9000 rupiah tersebut, namun pada waktu itu ATM saya tak bisa mentransfer sejumlah 9000 rupiah, saya melakukan transfer sebesar 50.000 rupiah. Hingga untuk pesanan 368322556 yang seharusnya saya melakukan transfer sebesar 432.988 rupiah menjadi 473.988 rupiah dengan kelebihan 41.000 rupiah



Namun ternyata pesanan saya sudah terbatalkan oleh sistem lazada, herannya cuma dalam kurun waktu beberapa menit saja.




Dan lazada mengintruksikan saya untuk mengisi form pengembalian dana pada alamat web tertera pada link di email.



Sayapun mengisi form sesuai data yang diminta dan lazada mengatakan bahwa proses pengembalian dana akan memakan waktu 3 hingga 7 hari kerja. Saya pun menunggu, sembari menanti 2 orderan saya yang katanya akan segera dikirimkan oleh merchant mereka. Namun nahasnya ternyata setelah beberapa hari menunggu saya pun mendapatkan email dari lazada yang menyatakan bahwa kedua pesanan saya telah dibatalkan dengan alasan barang tak tersedia. Yang jadi pertanyaan saya kok lazada memasang suatu produk pada web nya dengan harga diskon yang menggiurkan sedangkan barang tersebut tak tersedia sama sekali. Bagi saya ini cukup merepotkan karena saya harus bolak balik transfer ke atm, mengirimkan email konfirmasi Berkali-kali, menunggu verifikasi yang semuanya itu cukup menyita waktu hanya untuk sebuah pepesan kosong saja. Tanpa ada kompensasi selain permintaan maaf seolah konsumen hanya dipermainkan saja Dari tanggal 13 november hingga 20 november untuk mendapatkan harapan palsu. Ya saya akui lazada cukup berhasil memberikan harapan palsu mempermainkan konsumen seperti saya yang sudah bertransaksi dengan harapan bisa mendapatkan barang impian. Saya rasa promosi seperti ini harus dilarang jika sekadar iming iming saja. Kasian pembeli yang repot bolak balik untuk transfer. Dimana kemudahan berbelanja yang di gembar gembor itu. Ini sama saja namanya menipu. Barang tak ada uang dia ambil dan lama baru di kembalikan.



Say pun mengisi kembali form pengembalian dana pada lazada sesuai yang di instruksikan oleh lazada pada tanggal 19 dan 20 november 2015 yang hingga detik ini belum juga dikembalikan pada rekening saya. Dan terakhir tanggal 30 november 2015 pun jawaban lazada masih sama menyuruh saya menunggu dan menunggu. Padahal estimasi pengembalian dana yang katanya maksimal 7 hari kerja itu sudah lama nyaris 20 hari kerja. Dimana tanggung jawab lazada sebagai online shopping yang katanya belanja mudah nggak pakai ribet tersebut. Jangankan mendapatkan barang impian yg sudah dibayar, dibatalkan sepihak oleh lazada pun hingga sekarang uang saya tak di kembalikan sama sekali.



Saya mengira lazada adalah toko online terbesar terpercaya dan profesional, ternyata tak bisa membuktikan slogan itu. Niat ingin belanja gampang malah menjadi ribet do gantung seperti ini. Saya hanya berharap lazada bisa menghargai konsumen. Jangan hanya memberikan iming iming belanja murah yang ternyata hanya pepesan kosong belaka. Disini saya merasa dirugikan dengan dana saya yang terkesan ditunda tunda pengembalian oleh lazada. Terimakasih untuk saran dan masukan dari kaskuser semua. Semoga ini jadi bahan pertimbangan agar di kain hari tak ada lagi yang merasa di rugikan lazada.
Diubah oleh Edmun_shreek 01-12-2015 12:37
0
6.9K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan