Pada tanggal 11 November 2015 saya belanja HP Infinix x551 yang dijual oleh EXCLUSIVE GAINS INC di Online Revolution Lazada.co.id . bayar dan terkonfirmasi dengan no pesanan #355613656.
Tanggal 11 November jam 18.23 saya dapat email dari lazada bahwa pesanan telah dikirim via JNE dengan no resi
0140501500228869 dengan estimasi pengiriman maksimal 19 November barang diterima.
Spoiler for email:
Tapi karena tidak bisa dicek/ ditracking, tanggal 13 november saya complain ke CS JNE via FB fanpage dan dapat jawaban untuk meminta copy resi asli pada seller(Lazada) agar bisa ditindak lanjuti. lalu saya hubungi CS lazada via livechat maupun email tapi cuma dapat jawaban yang kurang memuaskan yaitu di konfirmasikan ke pihak terkait dan mohon menunggu sampai batas waktu maksimal pengiriman.
Saya terus kejar jawaban resi asli via email dan livechat CS lazada dari tanggal 13,16,18,19 november tapi dapat sama yang tidak memuaskan silahkan menunggu dan dikonfirmasikan pihak terkait yang tidak dijelaskan siapa itu
Spoiler for komplain:
ini log komplain tgl 13 November Gan
Apries yudha fikry, Nov 13, 13:58:
Chat transcript:
Visitor: Bagaimana kelanjutan pesanan 355613656 yang tidak bisa di tracking di JNE yang saya sampaikan tadi?
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Hai, Selamat datang di layanan live chat Lazada.co.id. Dengan Bapak/Ibu siapa kami melakukan sesi chat ini?
Visitor: Apries yudha
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Baik Bapak Apries Yudha
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu.
Visitor: Saya tadi juga menunggu, kerena keperluan sebentar ke toilet live chat jd putus
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Terima kasih telah menunggu Bapak Apries
EY_SYAFRIA_ARIZAL: pesanan atas nama Olla dan Edo dengan pesanannya yaitu Infinix X551 Hot Note - 16 GB - Copper Brown
Visitor: Benar
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Mohon maaf kami lakukan pengecekan untuk nomor resi tidak dapat dilacak
EY_SYAFRIA_ARIZAL: kami akan menindaklanjuti terlelih dahulu ke bagian terkait kami
EY_SYAFRIA_ARIZAL: mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Mohon kesediaan Bapak menunggu informasi berikutnya di email Bapak dalam waktu maksimal 2X24 jam
Visitor: Status terkirim via pemberitahuan email sudah sy terima sejak tanggal 11 oktober loh
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Mohon maaf, untuk saat ini, di data kami status pesanan Bapak masih dalam pengiriman
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Mohon kesediaan Bapak menunggu pengecekan oleh bagian terkait kami
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Kami harapkan dalam 2 hari ke depan kami dapat memberikan informasi ke email Bapak
Visitor: Ok saya tunggu secepatnya setidaknya hari ini saya sudah bisa tracking pesanan saya di web JNE nya
Visitor: Terima kasih
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Baik. Sama-sama Bapak
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Ada lagi yang dapat kami bantu Bapak Apries?
Visitor: Itu dulu pak arizal tolong dibantu
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Baik Bapak, kami akan bantu tindaklanjuti ke bagian terkait
EY_SYAFRIA_ARIZAL: Jika tidak ada lagi yang dapat kami bantu, kami akan mengakhiri sesi chat ini. Selamat Beraktivitas
dijawab via email tgl 17 November sbb:
Nendi, Nov 17, 21:09:
Dear Bapak Apries Yudha Fikry,
Terima kasih telah menghubungi Lazada.co.id,
Sehubungan dengan pertanyaan Bapak Apries mengenai status pengiriman dengan nomor pesanan 355613656, kami informasikan bahwa pesanan Bapak saat ini masih dalam proses pengiriman menggunakan JNE per tanggal 11 November 2015 akan tetapi nomor resi sampai saat ini belum dapat dilacak. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Mohon menunggu proses pengirimannya. Semoga pesanan Bapak dapat terkirim secepatnya dan diterima dalam kondisi yang baik.
Apabila Bapak Apries Yudha Fikry memerlukan informasi lebih lanjut silahkan kunjungi alamat Layanan Konsumen kami di : www.lazada.co.id/contact/
Hormat Kami,
Nendi | Customer Service Associate | Lazada.co.id
Spoiler for komplain:
ini log komplain tanggal 18 november Gan
Apries yudha fikry, Nov 18, 14:59:
Chat transcript:
Visitor: Kemana pesanan 355613656
ey_selviana_dewi: Hai selamat siang, selamat datang di layanan chat Lazada.co.id dengan Bapak/Ibu siapa saya melakukan sesi chat ini ?
Visitor: Apries yudha
ey_selviana_dewi: Baik Bapak Apries
ey_selviana_dewi: Kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu.
Visitor: Barikan kesaya scan./fotokopi no resi yang asli .no resi yg diberikan kesaya dengan no 0140501500228869 sampai saat ini ga bisa dilacak
Visitor: Ini komplain ke 3 kali via live chat tidak ada solusi
ey_selviana_dewi: Terima kasih telah menunggu
Visitor: Hmn?
Visitor: Gmn?
ey_selviana_dewi: untuk nomor pesanan 355613656 atas nama Olla dan Edo
Visitor: Brnar
ey_selviana_dewi: status pesanan saat ini sudah dalam proses pengiriman dengan nomor resi 0140501500228869. Untuk estimasi waktu pengiriman wilayah Jawa Timur adalah 1-6 hari kerja sejak statusnya dalam proses pengiriman oleh pihak jasa kurir.
Visitor: Sudah lebih dari waktu pengiriman ini
ey_selviana_dewi: untuk no resi tersebut adalah no resi corporate integration yang menurut pihak JNE proses input ke dalam website membutuhkan waktu 3-5 hari kerja. kami harap sekiranya Bapak berkenan untuk menunggu proses tersebut.Tentunya kami berlarap proses yang berlangsung dapat berjalan dengan lancar. Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan berbelanja di Lazada.co.id
Visitor: Sudah lewat 5 hari ini
Visitor: Kalo memang sudah dikirim tolong beri saya scan /fotokopi no resi yang asli
ey_selviana_dewi: untuk perhitungannya yaitu berdasarkan hari kerja Bapak Apries dan produk maksimal diterima pada tanggal 19 November 2015
Visitor: Iya masak dr tgl 11 ga bisa di cek status pengiriman nya
Visitor: Sekarang tgl 18 berpa hari?
Visitor: Masak tagihan sudah masuk tapi barang di cek pun tidak bisa di tracking
ey_selviana_dewi: kami mohon maaf atas ketidaknyamanan Bapak namun untuk ketentuannyta produk dikirimkan berdasarkan estimasi yang sudah ditentukan dan perhitungannya dihari kerja yaitu hari senin-jumat
Visitor: Lazada bisakan memberi scan resi pada saya?
Visitor: Kalau no tersebut bener-bener asli
Visitor: Saya sudah konfirmasi ke JNE tapi mereka bilang tidak ada pesanan tersebut
Visitor: Dan mereka minta copy scan resi nya
ey_selviana_dewi: Baik Bapak Apries kami mohon maaf ketidaknyamanannya
ey_selviana_dewi: untuk perihal tersebut akan kami koordinasikan kepada Tim Terkait kami
ey_selviana_dewi: Bapak bisa melakukan pengecekan kembali secara berkala
Visitor: Siapa pihak terkaitnya?
ey_selviana_dewi: Jasa pengiriman kami tersebut
Visitor: Saya sudah cek tiap hari tiap jam hasilnya nihil
ey_selviana_dewi: mohon kesediaan Bapak untuk menunggu sesuai estimasi yang telah ditentukan terlebih dahulu
Visitor: Makanya.... Mohon lazada memberi scan/copy resi yg asli kalo benar-benar tidak salah
ey_selviana_dewi: Baik Bapak Apries terlebih dahulu kami akan menanyakan kepada Tim Terkait kami jika kami sudah mendapatkan jawaban maka akan kami informasikan via email
Visitor: Ini juga soal reputasi perusahaan sebesar lazada loh
ey_selviana_dewi: sekali lagi kami mohon maaf untuk perihal ini namun menurut pihak JNE proses input ke dalam website membutuhkan waktu 3-5 hari kerja.
Visitor: Baik.... Kalo sampai besok tgl 19 batas pengiriman maksimal saya belum dapat kejelasan dan solusi masalh ini bagaimana?
ey_selviana_dewi: untuk perihal tersebut Bapak dapat menghubungi kami kembali, namun kami berharap semoga produk tersebut bisa diterima sesuai estimasi yang sudah ditentukan dan diterima dalam keadaan baik
ey_selviana_dewi: Untuk mengetahui status pesanan terkini Bapak dapat mengunjungi tautan berikut: http://www.lazada.co.id/order-status/.
Visitor: Apa kompensasi nya?
ey_selviana_dewi: untuk perihal tersebut akan kami tindaklanjuti untuk proses selanjutnya yaitu dalam bentuk pengembalian dana
ey_selviana_dewi: namun kami berharap untuk hal tersebut tidak terjadi
Visitor: Kapan saya bisa dapat kejelasan no resi yg asli?
Visitor: Sudah 3 kali minta selalu dijawab koordinasi dengan pihak terkait
ey_selviana_dewi: jika kami sudah mendapatkan jawaban maka secepatnya akan kami informasikan via email
Visitor: Kapan batas waktu nya, sedangkan besok adalah batas waktu pengiriman?
ey_selviana_dewi: maksimal 1x24 jam
ey_selviana_dewi: mohon kesediaan Bapak menunggu
Visitor: Baik
ey_selviana_dewi: Ada lagi yang dapat kami bantu?
Visitor: Saya simpan percakapan ini
ey_selviana_dewi: Baik Bapak Apries
Visitor: Saya harap lazada memperbaiki sistem ny
ey_selviana_dewi: Kami mohon maaf atasketidaknyamanannya. Hal ini menjadi masukan buat kami untuk perbaikan kedepannya.
Visitor: Ini adalah kekecewaan besar saya pada lazada
ey_selviana_dewi: kami sangat mengerti bagaimana yang Bapak rasakan namun kami mohon kesediaan Bapak terlebih dahulu untuk menunggu produk tersebut sesuai estimasi
ey_selviana_dewi: Ada lagi yang dapat kami bantu?
Visitor: Percepatan penyelesaian masalah ini
Spoiler for komplain:
ini log tanggal 19 gan tambah kesel nih
Apries yudha fikry, Nov 19, 12:46:
Chat transcript:
Visitor: Saya dihubungi nomor 02180630200,tapi tidak terangkat karena dijalan ada apa ya? 355613656 no order saya
ey_edwin_aditya: Hai selamat datang di layanan chat lazada.co.id, dengan Bapak/Ibu siapa kami melakukan sesi chat ini?
Visitor: Apries yudha
ey_edwin_aditya: Baik Bapak Yudha
ey_edwin_aditya: Kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu.
ey_edwin_aditya: Bapak Yudha
ey_edwin_aditya: Terima kasih telah menunggu
ey_edwin_aditya: untuk pesanan dengan nomor 355613656 dengan produk Infinix X551 Hot Note - 16 GB - Copper Brown benar?
Visitor: Benat
ey_edwin_aditya: saat ini status pesanan sudah dalam proses pengiriman per tanggal 11 November 2015
ey_edwin_aditya: dengan jasa pengiriman JNE dengan nomor resi 0140501500228869
ey_edwin_aditya: dan estimasi pengiriman ke wilayah Jawa Timur adalah 4-9 hari kerja terhitung dari status pesanan masuk dalam proses pengiriman
ey_edwin_aditya: dan Bapak Yudhadapat melakukan penelusuran status pengiriman pada H+3 sampai dengan H+5 pada tautan www.jne.co.id
ey_edwin_aditya: tetapi kami berharap proses pengiriman bisa lebih cepat dari estimasi yang kami berikan
Visitor: La itulah yang saya complain dari kemarin2. Smapi saat ini tidak bisa di tracking
Visitor: Saya minta copy/scan resi asli kalo mang sudah terkirim biar saya komplain ke JNE nya
ey_edwin_aditya: baik Bapak Yudha untuk perihal tersebut akan kami bantu tindaklanjuti ke pihak terkait
Visitor: Saya dijanjikan hati ini dapat
ey_edwin_aditya: tetapi kami mohon kesediaan Bapak untuk bisa melakukan pengecekan secara berkala dan menunggu sampai estimasi berakhir
Visitor: Estimasi hari ini sampai
Visitor: Tgl 19
Visitor: S
ey_edwin_aditya: baik Bapak setelah kami lakukan pengecekan di sistem kami untuk estimasi kedatangan paling lambat tanggal 24 November 2015
Visitor: Intinya sampr sekarang saya belum bisa tracking itu gmn
Visitor: Sya minta udah berulang kali cyma janji tok
Visitor: Kasih saya copy resi yang dijanjikan saya hati ini
Visitor: Hari ini
ey_edwin_aditya: baik Bapak Yudha untuk perihal tersebut akan kami bantu tindaklanjuti ke pihak terkait
Visitor: Mana bantuannya? Dari rgl 13 saya tanyakan selalu jawabnya sama
ey_edwin_aditya: baik Bapak Yudha
ey_edwin_aditya: untuk hal tersebut sampai saat ini kami belum dapatkan informasi
ey_edwin_aditya: tetapi kami akan bantu tindaklanjuti kembali ke pihak terkait
Visitor: Tagihan kartu kredit nya sudah masuk tapi barang dicek aja tidak bisa di tracking
Visitor: Pihak terkait masih 1 perusahaan dengan anda2 ini kan
Visitor: Masa koordinasi sekantor saja tidak bisa
ey_edwin_aditya: baik Bapak Yudha tetapi untuk perihal tersebut kami memang belum dapatkan informasi
ey_edwin_aditya: apabila sudah ada informasi akan secepatnya dikonfirmasikan kepada Bapak
Visitor: Kok bisa? Kenapa alasannya?
Visitor: 7 hari loh itu waktu yang lama untuk sekedar koordinasi
Visitor: Permintaan saya 1 tok supaya bisa tracking masa gitu susah banget
ey_edwin_aditya: baik Bapak Yudha
ey_edwin_aditya: untuk perihal tersebut kami mohon kesediaannya untuk bisa dilakukan secara berkala
ey_edwin_aditya: dan kami mohon kesediaanya untuk bisa menunggu sampai batas akhir estimasi
Visitor: Tiap jam tiap hari ngecek juga nihil sampai saat ini
Visitor: Di email saya maksimal harusnya terima tanggal 19 pak bukan tanggal 24
Visitor: Yang email lazada sendiri kan kok jadi tidak konsisten begini
Visitor: Halo
Visitor: Kok jadi lama gini
ey_edwin_aditya: baik Bapak Yudha
ey_edwin_aditya: untuk perihal berdasarkan perhitungan di sistem kami
ey_edwin_aditya: untuk tanggal kedatangan paling lambat 24 November 2015
itu baru sebagian upload semua SS email dan log livechatnya
Tanggal 19 November jam 18.14 tiba-tiba saya dapat email dari lazada yang mengatakan bahwa pesanan saya telah dikirimkan melalui PANDU LOGISTICS dengan no resi 13211053560.saya cek di web PANDU LOGISTICS hasilnya data tidak ditemukan.Lalu saya konfirmasi kan ke CS LAZADA, mereka menjawab JNE kepenuhan pengiriman akhirnya dipindah ke PANDU LOGISTICS silahkan menunggu sampai estimasi maksimal pengiriman dan konfirmasi selanjutnya,selalu berbelit-belit kalo diminta scan resi asli.
Saya dari sini mulai curiga bahwa sejak 11 Nov memang barang belum dikirimkan dan Lazada menggunakan resi bodong.sampai tanggal 20 siang saya tidak bisa tracking resi di PANDU LOGISTICS.
Spoiler for email:
Tanggal 20 November jam 22.42 malam saya dapat email lagi yang menyatakan barang saya telah dikirimkan via jasa pengiriman RPX dengan no resi 781241750374.
Spoiler for email:
Wah kok bisa ya ngaku-ngaku dan ngakalin customer dari tanggal 11 kirim via JNEpindah PANDU LOGISTICS tgl 19 lalu pindah lagi ke RPX tanggal 20 November. Seakan-akan ketiga jasa pengiriman tersebut yang salah.
Saat ini no resi terakhir dari RPX baru bisa ditracking tanggal 21 november dan baru manifested jam 14.40. Sampai detik ini saya masih menunggu kedatangan pesanan saya yang harusnya datang maksimal tanggal 19 November 2015, munurut cs lazada bisa molor maksimal tanggal 30 november 2015.
Wow kiriman dari jakarta ke jawa timur baru bisa diterima maksimal 19 hari.Sebagai pelanggan LAZADA.co.id sejak tahun 2014 jelas hal ini merupakan kekecewaan terbesar saya. betapa perusahaan sebesar itu bisa kacau dan kalah pelayanan serta pengiriman dengan toko online kecil yang posting di facebook.mana yang katanya belanja itu ga ribet?
Tanggal 25 November jam 10.35 ane di telpon kurir yang ternyata sudah di depan rumah ane. Ane tanya dari RPX kah? dia jawab dari PANDU LOGISTIC. Lalu ane tandatangan, terima barang dan cek
Spoiler for pandu logistic:
Alhamdulillah walaupun setelah 14 hari ane nunggu, komplain, dan kesel hati akhirnya barang nyampe dengan selamat dan normal
Spoiler for selamet:
Terima kasih kepada agan-agan sekalian yang sudah mau membaca sharing ane ketika belanja di lazada.
Dengan demikian ane nyatakan masalah ini sudah clear dan closed....Mimin dan Momod, dan agan-agan sekalian terimakasih perhatiannya. Semoga kedepan bisa menjadi koreksi pihak-pihak yang bersangkutan.