Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dsturridge15Avatar border
TS
dsturridge15
Menurut Ical, MKD Diganti Untuk Perbaikan, Kok Gebrak Meja?
Merdeka.com - Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali, Aburizal Bakrie (Ical) membeberkan alasan partainya merombak anggota Fraksi Golkar yang duduk di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Dia menyatakan kader yang diganti dinilai tidak memiliki kinerja yang optimal sehingga harus diganti dengan kader yang lebih maksimal.

Meski demikian, dia membantah pergantian tersebut sebagai langkah guna mengamankan kasus dugaan pelanggaran kode etik yang diduga dilakukan oleh Ketua DPR Setya Novanto karena mencatut nama Presiden Joko Widodo ihwal permintaan saham PT Freeport Indonesia.

"Untuk memperkuat kalau memang benar tidak boleh disalahkan, kalau salah tidak boleh dibenarkan. Kita cari yang optimal," kata Ical usai menghadiri acara diskusi di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (27/11).

Ical juga membantah anggota Fraksi Golkar yang kini ditunjuk menjadi anggota MKD merupakan kader yang memiliki kedekatan dengan Setya Novanto.

"Semuanya dekat," elaknya.

Lalu, apa instruksi Ical untuk anggota baru MKD dari Golkar?

"Lakukan berdasarkan kebenaran," ujarnya seraya berlalu.

Seperti diketahui, Fraksi Partai Golkar mengganti Hardisoesilo yang menjabat sebagai Wakil Ketua MKD dengan Kahar Muzakir. Sementara itu, anggota MKD Budi Supriyanto digantikan Adies Kadir. Terakhir, Dadang S Muchtar digantikan oleh Ridwan Bae.

(mdk/dan)

Quote:


Merdeka.com - Rapat Pleno Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR diskors. Sosok yang saat ini sedang disorot yaitu Wakil Ketua MKD dari Fraksi Golkar, Kahar Muzakir karena emosi sampai menggebrak meja saat rapat pleno, kemarin.

Saat baru keluar dari ruang rapat, 'sang penggebrak meja' itu dikawal oleh sekitar lima polisi. Saat ditanya mengenai peristiwa gebrak meja itu, dia enggan berkomentar. Bahkan, dia menyebut apabila memberikan keterangan dia bisa saja dipecat.

"Tidak ada keterangan, kalau saya beri keterangan nanti saya bisa dipecat," kata Kahar sembari dikawal polisi," Selasa (1/12).

Dikarenakan suasana yang berdesak-desakan itu, dia tak mau berkomentar lebih jauh apa yang dimaksud pemecatan itu. Dia hanya berdiam diri saat dicecar oleh pewarta.

Rapat sendiri akan kembali dimulai pada pukul 15.45 Wib.

Sebelumnya, Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Junimart Girsang mengakui bahwa sang penggebrak meja dalam rapat pleno kemarin merupakan Wakil Ketua MKD dari Golkar yang baru dilantik, Kahar Muzakir. Bahkan, dia menyatakan aksi gebrak meja merupakan sebuah hal yang tak memiliki etika.

"Yang gebrak meja Pak Kahar. Silakan kutip, dia gebrak sambil berdiri. Ini lembaga etika tapi tak punya etika sampai gebrak meja," kata Junimart di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/12).

Dikarenakan geram dengan sikap Kahar Muzakir itu dia berencana melaporkan yang bersangkutan ke MKD. "Saya bencana sedang pikirkan laporkan ke MKD, saya masih diskusi tidak boleh lah begtu ini harus lembaga etika," paparnya.

Quote:
0
3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan