- Beranda
- Komunitas
- Surat Pembaca
Lazada tolong baca, ini hampir mengarah ke penipuan loh...
TS
imjune
Lazada tolong baca, ini hampir mengarah ke penipuan loh...
Spoiler for Case closed:
Rasanya saya kaya dimaenin nih sama lazada. Awal bilang barang, abis, terus ada, terus uda dikirim, ngasi saya no resi, tapi ternyata belum dikirim. Yang bener mana nih??
Sebelum saya mengatakan bahwa saya merasa ditipu, berikut ringkasan singkat ceritanya. (Selama proses ini saya sudah berusaha menelpon cust service tapi tidak bisa dihubungi, dan diarahkan menuju live chat.)
Kronologi
1. Hari selasa, 7 Juli 2015saya melakukan pembelian di Lazada dengan order ID 393692812. Yang saya beli salah satunya adalah kacamata oakley batwolf seharga Rp. 1.463.000,00. beserta 3 item lain. Pada awalnya transaksi sempat gagal dan saat saya akan mencoba ulang muncul peringatan bahwa oakley batwolf out of stock. Saya mencoba bertanya cust service via facebook tapi tak ada jawaban. Kemudian masih di hari itu saya mencoba browsing lagi, dan item yang saya cari kembali tersedia. Beberapa kali saya cek statusnya masih sama Oakley batwolf barang tersedia. Akhirnya saya coba transaksi kembali dan berhasil, dengan email terkirim ke inbox.
2. Hari Kamis, 9 Juli 2015, cust service Lazada menjawab pertanyaan saya 2 hari sebelumnya bahwa Oakley Batwolf Stok habis. Tapi ini bukan pemberitahuan ya, ini adalah jawaban dari pertanyaan saya sebelum melakukan pembayaran. Kemudian saya tanya bagaimana kelanjutannya, karena proses sudah berjalan. Dan belum ada jawaban di hari itu.
3.Hari Jumat, 10 Juli 2015, cust service Lazada menjawab pertanyaan saya, bahwa barang ternyata ada tapi harus dikirim dari luar negeri dan akan memakan waktu 55 hari. Saya keberatan dan mengatakan akan membatalkan pembelian.
Cust service menjawab lagi, bahwa ternyata barang tidak jadi dari luar negeri dan sudah siap dikirim dengan no resi terlampir. Terlampir loh ya, yang artinya barang sudah diserahkan ke biro pengiriman dalam hal ini JNE. Saya oke2 aja lah ya, sampai akhirnya di malam harinya saya dapat email bahwa barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan. Olala...Dalam 24 jam ada beberapa konfirmasi yang ga sinkron dari Lazada.
- Barang habis
- Barang ada tapi dikirim dari luar negeri
- Barang ada dan ternyata bukan dari luar negeri
- Barang sudah dikirim via JNE dengan resi terlampir
- Barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan
Mana yang bener nih?
4. Hari Sabtu, 11 Juli 2015saya kembali bertanya ke cust service perihal barang yang ga jelas statusnya tadi. Saya tekankan kalo emang ga ada bilang aja ga ada biar saya batalkan dan saya bisa belanja yang lain. Di sini saya bertanya di 2 tempat, live chat dan facebook. Dan ternyata bener gan, 2 cust service ini jawabannya ga sinkron lagi.
- Di live chat bilang barang sedang persiapan untuk dikirim.
- DI facebook lebih konsisten dengan pendiriannya bahwa barang sudah dikirim dengan no resi yang sudah diberikan sehari sebelumnya.
Sampai detik ini saya masih berprasangka baik mempercayai yang sudah ada no resinya.
Tapi lagi2, malemnya saya dapet email lagi bahwa barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan. WTF...
5. Hari Minggu, 12 Juli 2015, saya langsung cek ke JNE gan. Dan jawaban dari JNE fantastis, "Nomor resinya kurang 1 angka pak." Langsung saya kirim pesan via facebook perihal no resi tapi belum ada jawaban.
Dan kembali malam harinya, saya mendapat email yang bisa ditebak isinya....Barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan.
6. Hari Senin 13 Juli 2015, saya langsung live chat dengan pihak Lazada. Jawabannya adalah barang sedang proses pengiriman dengan resi yang sama, yang tidak bisa saya trace. Status order saya di web lazada masih belum muncul no resi. Jadi saya asumsikan, resi yang diberikan ke saya "tidak resmi", karena setiap pengiriman yang sudah dilakukan, pasti langsung diupdate di detil order pembeli. Saya meminta pada cust service untuk mengupdate status ordernya jika memang benar telah dikirim.
Sejauh ini belum ada jawaban yang memuaskan. Hanya tunggu dan semoga barang cepat sampai.
Jadi ringkasan proses belanja 1 barang di Lazada :
1. Barang habis <<----- Di poin ini Oakley batwolf sudah tidak muncul di search result Lazada.
2. Barang ada tapi dikirim dari luar negeri
3. Barang ada dan ternyata bukan dari luar negeri
4. Barang sudah dikirim via JNE dengan resi terlampir
5. Barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan
6. Barang sedang persiapan akan dikirim
7. Barang sudah dikirim via JNE dengan resi terlampir
8. Barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan
9. No resi yang diberikan ke saya ternyata salah <<----- Poin ini yang bikin saya merasa belanja sama seller penipu
10. Barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan
Saya merasa dipermainkan nih. Dan untuk sekelas Lazada, seharusnya line telpon customer service siap melayani pertanyaan pelanggan. Ini malah dioper ke live chat. Tenang aja Lazada, saya kasi info nih, yang bayar pulsanya yang nelpon kok. Itu yang pegang chatnya suruh stand by aja di line telpon. Apa terlalu rame yang nelpon? Banyak yang order lewat telpon?
Sebenernya kalau emang barang belum dikirim sih bilang aja terus terang. Bahkan kalau barang emang ternyata abis bilang aja ga masalah, biar konsumen bisa segera ambil langkah refund atau mau belanja yang lain. Ga mungkin juga lah kita ngamuk kalau emang kondisinya kaya gitu. Yang bikin dongkol kan info simpang siurnya. Akhirnya saya mau cancel pun juga belum bisa karena pasti dibilang sudah dikirim. Coba Lazada kasih infonya satu aja,saya ga bakal bingung gini. Bilang aja barang dikirim 3 hari lagi, terus besoknya bilang 3 hari lagi, pasti uda saya cancel langsung.
Buat yang mau belanja di Lazada, coba search "LAZADA" di kaskus dan lihat sendiri hasilnya.
http://www.kaskus.co.id/search/forum...a&forumchoice=
Sebelum saya mengatakan bahwa saya merasa ditipu, berikut ringkasan singkat ceritanya. (Selama proses ini saya sudah berusaha menelpon cust service tapi tidak bisa dihubungi, dan diarahkan menuju live chat.)
Kronologi
1. Hari selasa, 7 Juli 2015saya melakukan pembelian di Lazada dengan order ID 393692812. Yang saya beli salah satunya adalah kacamata oakley batwolf seharga Rp. 1.463.000,00. beserta 3 item lain. Pada awalnya transaksi sempat gagal dan saat saya akan mencoba ulang muncul peringatan bahwa oakley batwolf out of stock. Saya mencoba bertanya cust service via facebook tapi tak ada jawaban. Kemudian masih di hari itu saya mencoba browsing lagi, dan item yang saya cari kembali tersedia. Beberapa kali saya cek statusnya masih sama Oakley batwolf barang tersedia. Akhirnya saya coba transaksi kembali dan berhasil, dengan email terkirim ke inbox.
Spoiler for email konfirmasi:
2. Hari Kamis, 9 Juli 2015, cust service Lazada menjawab pertanyaan saya 2 hari sebelumnya bahwa Oakley Batwolf Stok habis. Tapi ini bukan pemberitahuan ya, ini adalah jawaban dari pertanyaan saya sebelum melakukan pembayaran. Kemudian saya tanya bagaimana kelanjutannya, karena proses sudah berjalan. Dan belum ada jawaban di hari itu.
Spoiler for Kamis 9 Juli 2015:
3.Hari Jumat, 10 Juli 2015, cust service Lazada menjawab pertanyaan saya, bahwa barang ternyata ada tapi harus dikirim dari luar negeri dan akan memakan waktu 55 hari. Saya keberatan dan mengatakan akan membatalkan pembelian.
Cust service menjawab lagi, bahwa ternyata barang tidak jadi dari luar negeri dan sudah siap dikirim dengan no resi terlampir. Terlampir loh ya, yang artinya barang sudah diserahkan ke biro pengiriman dalam hal ini JNE. Saya oke2 aja lah ya, sampai akhirnya di malam harinya saya dapat email bahwa barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan. Olala...Dalam 24 jam ada beberapa konfirmasi yang ga sinkron dari Lazada.
- Barang habis
- Barang ada tapi dikirim dari luar negeri
- Barang ada dan ternyata bukan dari luar negeri
- Barang sudah dikirim via JNE dengan resi terlampir
- Barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan
Mana yang bener nih?
Spoiler for Jumat 10 juli 2015:
4. Hari Sabtu, 11 Juli 2015saya kembali bertanya ke cust service perihal barang yang ga jelas statusnya tadi. Saya tekankan kalo emang ga ada bilang aja ga ada biar saya batalkan dan saya bisa belanja yang lain. Di sini saya bertanya di 2 tempat, live chat dan facebook. Dan ternyata bener gan, 2 cust service ini jawabannya ga sinkron lagi.
- Di live chat bilang barang sedang persiapan untuk dikirim.
- DI facebook lebih konsisten dengan pendiriannya bahwa barang sudah dikirim dengan no resi yang sudah diberikan sehari sebelumnya.
Sampai detik ini saya masih berprasangka baik mempercayai yang sudah ada no resinya.
Tapi lagi2, malemnya saya dapet email lagi bahwa barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan. WTF...
Spoiler for Sabtu 11 Juli 2015:
5. Hari Minggu, 12 Juli 2015, saya langsung cek ke JNE gan. Dan jawaban dari JNE fantastis, "Nomor resinya kurang 1 angka pak." Langsung saya kirim pesan via facebook perihal no resi tapi belum ada jawaban.
Dan kembali malam harinya, saya mendapat email yang bisa ditebak isinya....Barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan.
Spoiler for Minggu 12 Juli 2015:
6. Hari Senin 13 Juli 2015, saya langsung live chat dengan pihak Lazada. Jawabannya adalah barang sedang proses pengiriman dengan resi yang sama, yang tidak bisa saya trace. Status order saya di web lazada masih belum muncul no resi. Jadi saya asumsikan, resi yang diberikan ke saya "tidak resmi", karena setiap pengiriman yang sudah dilakukan, pasti langsung diupdate di detil order pembeli. Saya meminta pada cust service untuk mengupdate status ordernya jika memang benar telah dikirim.
Sejauh ini belum ada jawaban yang memuaskan. Hanya tunggu dan semoga barang cepat sampai.
Jadi ringkasan proses belanja 1 barang di Lazada :
1. Barang habis <<----- Di poin ini Oakley batwolf sudah tidak muncul di search result Lazada.
2. Barang ada tapi dikirim dari luar negeri
3. Barang ada dan ternyata bukan dari luar negeri
4. Barang sudah dikirim via JNE dengan resi terlampir
5. Barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan
6. Barang sedang persiapan akan dikirim
7. Barang sudah dikirim via JNE dengan resi terlampir
8. Barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan
9. No resi yang diberikan ke saya ternyata salah <<----- Poin ini yang bikin saya merasa belanja sama seller penipu
10. Barang baru akan dikirim 3 hari kerja ke depan
Saya merasa dipermainkan nih. Dan untuk sekelas Lazada, seharusnya line telpon customer service siap melayani pertanyaan pelanggan. Ini malah dioper ke live chat. Tenang aja Lazada, saya kasi info nih, yang bayar pulsanya yang nelpon kok. Itu yang pegang chatnya suruh stand by aja di line telpon. Apa terlalu rame yang nelpon? Banyak yang order lewat telpon?
Sebenernya kalau emang barang belum dikirim sih bilang aja terus terang. Bahkan kalau barang emang ternyata abis bilang aja ga masalah, biar konsumen bisa segera ambil langkah refund atau mau belanja yang lain. Ga mungkin juga lah kita ngamuk kalau emang kondisinya kaya gitu. Yang bikin dongkol kan info simpang siurnya. Akhirnya saya mau cancel pun juga belum bisa karena pasti dibilang sudah dikirim. Coba Lazada kasih infonya satu aja,saya ga bakal bingung gini. Bilang aja barang dikirim 3 hari lagi, terus besoknya bilang 3 hari lagi, pasti uda saya cancel langsung.
Quote:
Dua kali saya belanja di Lazada dengan total belanja pertama 3 jutaan, dan kedua ini 1.5 jutaan.
Yang pertama saya cukup kecewa juga dengan skema diskon yang diangkat Lazada yang sepertinya menyesatkan. Saya belanja cukup banyak waktu itu. Barang seharga 600 ribuan diskon jadi 150 ribuan. Saya borong lah beberapa. Dan ternyata, ga mungkin banget kalo barang itu harganya 600 ribu. Estimasi saya, dengan kualitas barang yang saya terima, paling harganya 200 ribuan aja.
Yang kedua ini, kebetulan saya uda lama hunting kacamata oakley batwolf tapi ga dapet2. Stok lama tapi saya naksir banget sama modelnya. Sempet saya hampir beli dari ebay, sampai tiba2 saya nemu di Lazada. Dan inilah hasilnya.
Dan kayanya ini adalah pengalaman belanja saya terakhir di Lazada. Ga lagi2 deh. Seller FJB kaskus jauh jauh jauh lebih profesional dibanding Lazada. Baik dalam hal melayani pertanyaan konsumen, informasi stok barang, kondisi jelas barang yang bersangkutan, harga hingga pengiriman. Bahkan beberapa seller penipu di kaskus pun lebih konsisten dengan informasi yang mereka berikan dibandingkan Lazada. At least biarpun akhirnya barang ga dikirim mereka tetep ngotot bahwa barang sudah dikirim. Nah Lazada ga yakin barang uda dikirim apa belum. Bilangnya udah tapi belum, bilang udah lagi tapi belum.
Yang pertama saya cukup kecewa juga dengan skema diskon yang diangkat Lazada yang sepertinya menyesatkan. Saya belanja cukup banyak waktu itu. Barang seharga 600 ribuan diskon jadi 150 ribuan. Saya borong lah beberapa. Dan ternyata, ga mungkin banget kalo barang itu harganya 600 ribu. Estimasi saya, dengan kualitas barang yang saya terima, paling harganya 200 ribuan aja.
Yang kedua ini, kebetulan saya uda lama hunting kacamata oakley batwolf tapi ga dapet2. Stok lama tapi saya naksir banget sama modelnya. Sempet saya hampir beli dari ebay, sampai tiba2 saya nemu di Lazada. Dan inilah hasilnya.
Dan kayanya ini adalah pengalaman belanja saya terakhir di Lazada. Ga lagi2 deh. Seller FJB kaskus jauh jauh jauh lebih profesional dibanding Lazada. Baik dalam hal melayani pertanyaan konsumen, informasi stok barang, kondisi jelas barang yang bersangkutan, harga hingga pengiriman. Bahkan beberapa seller penipu di kaskus pun lebih konsisten dengan informasi yang mereka berikan dibandingkan Lazada. At least biarpun akhirnya barang ga dikirim mereka tetep ngotot bahwa barang sudah dikirim. Nah Lazada ga yakin barang uda dikirim apa belum. Bilangnya udah tapi belum, bilang udah lagi tapi belum.
Quote:
Oiya satu lagi, in case nanti barangnya beneran nyampe rumah, saya mau kasi info dulu bahwa proses pembukaan kardus nanti akan langsung saya rekam video, karena denger2 dalam bbrp minggu terakhir ini ada orang beli hape di Lazada tapi yang diterima beda.
Buat yang mau belanja di Lazada, coba search "LAZADA" di kaskus dan lihat sendiri hasilnya.
http://www.kaskus.co.id/search/forum...a&forumchoice=
Sampai tanggal 15 Juli 2015, CS Lazada masih tetep ngasi no resi yang tidak terlacak. Tapi tiba2 ada kiriman paket datang, dan barang sudah saya terima, yang ternyata menggunakan no resi yang berbeda dari yang diberikan Lazada.
Bahkan kalau dilihat di web Lazada, status order saya masih tetap menggantung. Permintaan saya untuk mengupdate no resi di order status seperti orderan saya yang lain juga tidak dilakukan oleh Lazada. Artinya pihak Lazada kehilangan kontrol terhadap status barang ybs. Untungnya saya belum berangkat mudik. Mungkin jika besok barang baru sampai akan lebih repot lagi untuk melacak keberadaan barang, karena tidak ada orang yang menerima di rumah. Datang ke JNE pun akan percuma karena saya tidak memegang no resi yang valid
Spoiler for Status terakhir order saya setelah terima barang. Masih sama sejak saya order.:
To mimin. Silakan diclose aja tritnya. Terima kasih.
Diubah oleh imjune 15-07-2015 05:44
0
20.9K
Kutip
69
Balasan
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan